Tips Memilih dan Membuka Rekening di Aplikasi Tabungan Online

Cara Memilih Aplikasi Tabungan Online – Investasi sedang jadi topik yang ramai diperbincangkan oleh para millenials dan Gen Z. ditambah lagi kondisi pandemi Covid-19 di mana banyak orang yang kehilangan sumber pemasukan akhirnya mendorong sebagian orang untuk menyisihkan sebagian harta sebagai antisipasi.

Investasi di pasar saham dan crypto currency sudah menjadi santapan yang cukup umum bagi sebagian generasi muda. Namun demikian, masih ada sebagian lainnya yang cukup asing dengan istilah saham, obligasi, pasar modal dan sebagainya.

Salah satu jenis investasi yang mudah dan tidak membutuhkan banyak analisa seperti saham adalah dengan menabung di bank. Tabungan merupakan simpanan dana milik pribadi atau badan usaha yang dititipkan pengelolaannya kepada bank. Simpanan tersebut dapat ditarik sewaktu-waktu baik sebagian maupun seluruhnya melalui metode yang tersedia di bank yang bersangkutan. Selain terkelolanya keuangan kita, menabung di bank juga menawarkan keuntungan melalui adanya bunga tabungan.

Bunga bank adalah sejumlah nominal tertentu dari perhitungan persentase terhadap jumlah tabungan nasabah per tahun yang dibayarkan bank kepada nasabah. Dengan kata lain, bunga adalah salah satu keuntungan yang didapatkan nasabah. Persentase bunga tabungan berbeda-beda antara bank yang satu dengan lainnya.

Untuk bisa membuka rekening tabungan, kita perlu mengetahui ketentuan persyaratan yang ditetapkan oleh bank. Biasanya setiap bank memiliki ketentuannya masing-masing. Setelah menentukan bank yang akan kita gunakan produk tabungannya dan memenuhi syarat pendaftaran, umumnya kita diharuskan untuk datang ke bank yang bersangkutan dan mengikuti prosedur pendaftaran dan pembukaan rekening di sana.

Persyaratan yang berlaku di banyak bank antara lain adalah kepemilikan identitas diri yang berlaku (KTP), dan mengisi formulir pengajuan pembukaan rekening yang tersedia di bank tersebut.

Seiring berjalan waktu zaman sudah semakin maju dan sekarang kita berada di era digital, di mana segala urusan bisa diselesaikan hanya dengan menggunakan gawai kita saja. Di saat yang bersamaan, semakin banyak pula aplikasi tabungan dan investasi online yang mengakomodir kebutuhan pemula yang masih belajar mengenai instrumen ekonomi tersebut.

Cara Memilih Aplikasi Tabungan Online

Ada banyak aplikasi tabungan online yang menawarkan sejumlah fitur perbankan agar mempermudah kita mengelola keuangan tanpa perlu repot-repot datang ke kantor cabang. Untuk itu, simak tips memilih aplikasi tabungan online di bawah ini:

1. Pilih Bank yang kredibel

Dengan banyaknya pilihan aplikasi tabungan dan investasi online mungkin membuat kalian bingung memilihnya. Ada baiknya buat daftar bank yang kemungkinan layanannya akan klian pakai dan lakukan survey mengenai rekam jejak bank-bank tersebut. Tidak ada salahnya memilih bank yang kredibilitasnya sudah dikenal seperti digibank by DBS.  Selain itu, bandingkan juga fasilitas yang ditawarkan tiap bank dan pastikan kalian memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

Salah satu aplikasi tabungan online yang bisa dipercaya adalah Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini membuat banyak fitur yang mempermudah keperluan perbankan, termasuk di antaranya adalah pembukaan rekening tabungan di digital banking yang sangat sederhana. Produk ini memiliki keunggulan tersendiri, yaitu:

  • Buka rekening tanpa harus pergi ke bank

Nggak perlu lagi buang- buang waktu dengan menunggu antrean panjang, sekarang semua bisa selesai cuma pakai jempol.

  • Cuma perlu e-KTP dan sidik jari

Nggak ada lagi berlembar lembar formulir yang harus diisi sebelum bisa mengajukan pembukaan rekening, cukup siapkan e-KTP dan scan sidik jari, semua beres.

  • Bebas biaya transfer di mana saja

Ribet transfer uang karena perhitungan biaya transfer antar bank? Itu nggak berlaku di Aplikasi digibank by DBS.

2. Pastikan spesifikasi handphone sesuai dengan aplikasi

Setiap aplikasi pasti membutuhkan spesifikasi handphone tertentu agar dapat berfungsi dengan baik. Jadi pastikan spesifikasi handphone kalian cocok dengan kebutuhan aplikasi yang kalian pilih nanti. Hal ini terlihat sepele namun sangat penting. Bayangkan jika kalian sedang melakukan transaksi online dan handphone tiba-tiba error atau nge-hang, wah bisa bisa urusannya jadi makin repot.

3. Jangan lupa log out

Jangan lupa juga untuk mengeluarkan akun tabungan pada aplikasi jika sudah selesai digunakan. Hal ini berguna untuk mencegah penyalahgunaan akun kalian untuk hal hal yang tidak diinginkan.

4. Jangan install aplikasi di handphone yang sudah diretas

Cek terlebih dahulu apakah akses ke dalam sistem handphone sudah sepenuhnya milik kalian. Hal ini biasa dikenal sebagai root untuk android dan jailbreak untuk iOS. Proses peretasan tersebut dapat meninggalkan celah keamanan di handphone kalian yang berisiko mudah dimanipulasi oleh pihak lain. Kalian nggak mau kan informasi pribadi, apalagi yang menyangkut keuangan kalian bocor ke pihak lain digunakan untuk yang tidak tidak.

Setelah mengenal investasi melalui tabungan di bank dan tip-tips memilih tabungan online yang aman dan sesuai kebutuhan, apa kalian masih ragu untuk terjun dan terlibat langsung dengan aktivitas investasi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *