9 Tips Bisnis Jualan Online Bagi Pemula (100 Orderan / Hari)

Jualan atau berdagang memang sangat menggiurkan. Apalagi di era digital, anda bisa menemukan apapun melalui internet. Dengan kata lain, anda bisa jualan apa saja secara online dan tentunya gratis tanpa bayar. Artikel tips jualan online ini akan dibahas secara lengkap sehingga cocok bagi pemula sekalipun.

Di era teknologi sekarang, sudah tidak jaman lagi jika hanya memiliki toko offline. Selain jangkauan pelanggan yang terbatas, tentu banyak biaya yang dikeluarkan. Sekarang saatnya anda untuk memulai jualan secara online tanpa harus memikirkan biaya sewa toko.

Pada kesempatan ini akan dibahas tips dan hal-hal yang perlu anda siapkan untuk jualan secara online. Pembahasan ini lebih ke arah kebiasaan (habit) yang harus dibangun, baik ketika baru memulai dan juga selama berjualan.

Pembahasan ini berdasarkan pengalaman sehingga sangat cocok bagi anda yang baru terjun dalam dunia bisnis online shop. Tenang saja, dalam 6 bulan anda bisa mendapatkan orderan yang sangat banyak bahkan lebih dari 100 orderan setiap hari.

Singkatnya, berikut adalah 9+ tips jualan online bagi pemula 2020:

  1. Niat dan Mindset yang Benar;
  2. Kenali dan pilih produk yang unik dan menghasilkan;
  3. Buka toko online di marketplace terpercaya (bukalapak, tokopedia);
  4. Promosikan jualan melalui media sosial;
  5. Membangun dan menjaga kepercayaan pelanggan;
  6. Berikan produk terbaik;
  7. Responsif;
  8. Kirim barang secepatnya;
  9. Perbanyak pilihan jasa pengiriman (kurir) barang;

Masing-masing poin di atas akan dibahas secara lengkap. Bahkan dilengkapi dengan info pengalaman berjualan online agar banyak yang beli.

Dengan memahami dan menjaga habit dalam prosesnya, anda bisa mendapatkan lebih dari 100 orderan produk setiap hari dalam waktu yang cepat. Pastikan anda menyimak setiap pembahasan dari masing-masing poin dibawah ini.

Tips Jualan Online Bagi Pemula 2020

1. Niat dan Mindset yang Benar

Semua aktivitas apapun, wajib untuk memiliki niat dan mindset yang benar. Termasuk dalam berjualan online, niat dan mindset menjadi penentu dalam kesuksesan berjualan.

Jika niat awal sudah salah, maka akan gagal. Termasuk memiliki mindset bahwa jualan online akan menghasilkan tanpa bekerja keras, maka kita juga akan gagal.

Membangun bisnis jualan online, tidak sama dengan pekerjaan kantoran. Setiap proses memulai dan menjalaninya akan menguras banyak hal, termasuk waktu, tenaga dan pikiran.

Tak heran jika 95% faktor keberhasilan suatu bisnis ditentukan oleh kualitas pribadi kita. Sejauh mana anda belajar dan berusaha, maka sebanding dengan hasil yang akan anda capai.

Pastikan anda memiliki niat dan mindset yang benar. Jangan sampai mengeluh, apalagi ketika produk yang anda jual belum laku.

Nikmati prosesnya dan jangan menyerah, anda akan mendapatkan apa yang anda kerjaan selama ini.

2. Kenali dan Pilih Produk

Memilih produk tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih barang yang anda sukai, unik dan tentu menghasilkan. Unik bukan berarti belum ada yang jual, namun ada inovasi baru yang tidak dimiliki oleh kompetitor anda.

Bagaimana jika barang yang ingin anda jual sudah banyak di pasaran? Sepertinya anda perlu menjawab pertanyaan ini untuk memastikan anda siap menjual produk yang sudah ada.

Apa inovasi pada produk yang anda jual sehingga terlihat berbeda dan belum diterapkan oleh penjual lain?

Pastinya anda perlu waktu dan survei untuk mengetahui hal ini. Tidak apa-apa, anda bisa berhenti sejenak untuk memikirkannya sebelum ke langkah selanjutnya. hehe

Perlu anda ketahui, anda tidak perlu terlalu lama memikirkannya. Cukup survei dan cari kekurangan dari kompetitor anda.

Produk unik bukan berarti harus berbeda dari yang lain. Unik disini adalah gaya berjualan anda dalam mendesain sebuah produk yang sama sehingga menjadi unik dan tentu tidak diterapkan oleh kompetitor anda.

“Sedikit lebih beda lebih baik, daripada sedikit lebih baik”

– Pandji Pragiwaksono

Berikut beberapa poin bagaimana membuat produk anda berbeda dan bernilai lebih dari penjual lain. Dalam kasus ini jika produk anda sudah ada yang menjualnya.

  1. Desain dan miliki kemasan yang berbeda;
  2. Harga bersaing dengan kualitas lebih baik;
  3. Pelayanan terbaik dan selalu responsif;
  4. Memiliki harga promo;
  5. Memiliki banyak pilihan jasa pengiriman;

Mungkin 5 poin diatas terlihat mudah dan hal biasa. Namun jika anda simak baik-baik, dari poin diatas adalah sebuah habit yang perlu dibangun dalam berjualan.

Maka dari itu, apapun barang yang anda jual. Minimal buat unik dari segi kebiasaan (habit) dalam melayani pelanggan.

Jika anda memiliki niat, mindset dan produk jualan. Maka anda sudah bisa untuk memulai untuk berjualan melalui internet.

3. Buka Toko Online di Markeplace Terpercaya

Jika anda baru terjun dalam dunia jualan online, silahkan buka toko di marketplace terpercaya seperti tokopedia dan bukalapak.

Loh, kenapa kok gak buat website online shop sendiri?

Membuat website untuk jualan boleh boleh saja, namun lebih pas ketika anda sudah memiliki brand produk anda.

Saran saya, buat toko di marketplace terpercaya karena sistem pembayarannya sangat aman. Terutama untuk harga produk yang tinggi.

Pengen punya toko di tokopedia? Ketahui cara buka toko di tokopedia terbaru 2020.

Apalagi sekarang cara buka toko di tokopedia dan bukalapak sangat mudah dan gratis. Jangan lupa juga, pastikan anda memilih nama toko yang unik sebagai brand produk anda.

4. Promosi Toko melalui Media Sosial

Jika anda sudah membuat toko di marketplace, silahkan share ke media sosial. Baik itu whatsapp, instagram, facebook dan twitter.

Anda juga bisa menjual secara cod, baik ke teman, tetangga dan orang lain. Terutama untuk produk makanan khas, sangat cocok jika anda juga menjual secara cod. Hal ini bisa anda lakukan diawal membangun branding produk anda.

Namun, jika anda menjual barang mahal seperti emas dan gadget, suruh mereka membeli melalui marketplace. Karena sistem pembayarannya yang sangat aman dan terpercaya.

5. Membangun dan Menjaga Kepercayaan

Hal yang sangat penting dalam dunia bisnis khususnya berdagang adalah kepercayaan (trust).

Kepercayaan pelanggan memiliki peranan penting bagi keberlangsungan jualan anda. Orang tidak akan membeli barang anda jika mereka tidak percaya bahwa produk anda yang terbaik.

Sering belanja di tokopedia? Jangan lewatkan 5 cara mendapatkan cashback tokopedia dengan mudah hingga 1 juta rupiah.

Membangun dan menjaga kepercayaan bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya yaitu menjaga kebiasaan (habit) sehingga pembeli senang dan selalu membeli produk di toko anda.

Dengan kebiasaan ini toko anda bisa dipercaya. Anda akan mendapatkan berbagai ulasan positif dari pembeli produk anda. Bahkan para pembeli secara suka rela akan mempromosikan lapak jualan anda ke orang lain.

tips jualan online agar dapat ulasan / review positif dari pembeli

Berikut tips kebiasaan (habit) yang harus dibangun dalam jualan online:

1. Berikan produk terbaik

Setiap ada orderan, selalu berikan produk terbaik, baik untuk pembeli baru maupun pelanggan tetap.

Maksudnya gimana? Pastikan barang yang anda kirim tidak memiliki cacat apapun. Termasuk membungkus paket secara rapih.

“Barang sudah sampe gan. Alhamdulillah barang bagus dan dibungkus secara rapih, semoga langganan ya”

Dengan begini, anda akan menerima feedback positif seperti diatas jika anda memberikan produk terbaik kepada pembeli.

2. Responsif

Responsif sangat menentukan jumlah orderan produk anda. Jika anda responsif, maka orang akan lebih memilih untuk membeli di toko anda daripada toko lain.

Hal ini yang sering diremehkan oleh para pelaku bisnis jualan online. Jika tidak responsif, maka orang akan beli di toko lain dan produk anda tidak akan laku.

Setiap ada pertanyaan dari orang, pastikan anda membalasnya. Walaupun hanya sekadar menanyakan barang ada atau tidak.

3. Kirim barang secepatnya

Jika anda ingin mendapatkan banyak orderan, silahkan kirim barang secepat mungkin.

Hampir semua pelanggan ingin produknya cepat sampai. Biasanya mereka mengirim pesan dan menanyakan apakah bisa dikirim hari ini atau tidak. Pastikan anda menjawab pesan tersebut dan juga mengirim barang secepatnya.

“Min, bisa dikirim sekarang gak?”

“Min, saya sudah order lagi ya. Mohon segera dikirim karena butuh secepatnya”

4. Banyak pilihan jasa pengiriman

Jika anda berada di jabodetabek, anda sangat beruntung. Anda bisa membuka lebih banyak pilihan jasa pengiriman barang di toko online Anda.

Berikut beberapa jasa pengiriman (kurir) barang:

  • Grab (instant & same day)
  • Go-send (instant dan same day)
  • Sicepat
  • Anteraja
  • JNE
  • Ninja
  • Tiki
  • Wahana

Dengan memiliki banyak pilihan kurir, anda bisa menjangkau beberapa calon pembeli yang hanya bisa di jangkau oleh jasa kurir tersebut.

“Min, kalau ke aceh bisa pake kurir ninja gak?”

“Min, bisa kirim pake grab gak ya? Karena butuh cepet hari ini”

Baca juga: Tips Jualan di Marketplace

Kesimpulan

Dalam membangun bisnis, khususnya berdagang online, ada harus membangun sebuah kepercayaan pelanggan.

Kenapa orang harus membeli produk di toko anda? Apa yang berbeda?

Pertanyaan ini perlu anda jawab. Jika anda ingin mendapatkan lebih dari 100 orderan setiap hari, maka pastikan anda memiliki kebiasaan (habit) yang bagus.

Demikian tips jualan online bagi pemula terlengkap dan terlaris 2020. Jika ada ide, saran atau komentar seputar topik online shop, jangan lupa sampaikan pada kolom komentar. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar