Tips Memulai Bisnis Kos Kosan Biar Laku Keras

Anda pemula dan ingin bisnis kos kosan? Bingung memulainya dan takut kos tersebut tidak laku? Jangan khawatir, berikut artikel tentang cara dan tips memulai bisnis kos kosan biar laku keras!

Di era sekarang, banyak peluang dan kesempatan bagi anak muda untuk berbisnis. Salah satu pilihan yang sangat menggiurkan adalah bisnis dibidang properti. Nah, bagi anda yang tertarik, bisnis kos kosan menjadi pilihan tepat sekaligus tantangan baru yang patut dicoba.

Namun, ada baiknya anda harus mempersiapkan secara matang sebelum memulainya. Karena jika tidak, anda akan kecewa bahkan rugi karena kos kosan tersebut sepi peminat.

Untungnya, asianami sudah menyiapkan beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat ingin usaha bisnis kos-kosan. Tips ini akan membantu anda dalam memulai bisnis kos yang bisa cepat laku!

Tips Memulai Bisnis Kos Kosan Biar Cepat Laku

Kenapa bisnis kos kosan peluangnya sangat tinggi? Hal ini dikarenakan banyak sekali orang yang merantau. Baik karena urusan pekerjaan, bisnis maupun kuliah. Sehingga dipastikan mereka butuh tempat tinggal selama diperantauan.

Bisnis Kos kosan menjadi pilihan tepat untuk peluang tersebut. Sehingga anda harus mengambil kesempatan ini. Namun, pastinya semuanya harus dipikirkan dan dipersiapkan secara matang.

Nah, yuk simak apa saja hal penting yang perlu anda ketahui dan persiapkan sebelum memulai usaha kos kosan untuk pemula!

1. Tentukan segmentasi penghuni kos kosan

Hal yang pertama anda lakukan adalah menentukan segmentasi pengguna kos. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap harga kosan dan fasilitas yang diberikan. Sehingga semuanya harus disesuaikan.

Misalkan, target penghuni kos untuk mahasiswa. Berarti fasilitas yang harus tersedia seperti meja belajar, wifi, atau parkiran. Jika target untuk karyawan, setidaknya ada fasilitas seperti dapur, ruang cuci serta parkiran.

Intinya fasilitas yang diberikan disesuaikan dengan target pasar. Jika anda menargetkan mahasiswa dan karyawan, tentu fasilitas yang diberikan harus yang menunjang dan sesuai kebutuhan masing-masing.

2. Pilih lokasi strategis

Jika sudah mengetahui target pengguna, selanjutnya pilih lokasi yang strategis sesuai karakter target pengguna.

Pemilihan lokasi sangat menentukan laku tidaknya sebuah bisnis properti, baik itu bisnis apartemen, rumah dan juga kos kosan. Sehingga bagi anda yang ingin buka kos kosan, anda wajib tahu lokasi yang dipilih.

Misalkan memilih lokasi di sunter, jakarta utara. Anda harus paham betul karakter lokasi tersebut dan disesuaikan dengan target penghuni kosan.

Daerah tersebut sangat strategis untuk beraktivitas sehari-hari. Baik ke lokasi tol, mall maupun pasar. Sehingga kost sunter sangat cocok untuk target karyawan atau kosan umum. Sebaliknya kost daerah tersebut tidak cocok untuk para mahasiswa.

Intinya, anda harus memahami segmentasi pengguna. Jika untuk karywan, setidaknya harus dekat dengan area kantor, pabrik dan sebagainya. Sebaliknya jika untuk mahasiswa, pastinya harus dekat dengan area kampus mereka.

Baca juga: Usaha Budidaya Ikan Hias

3. Menentukan harga yang kompetitif

Poin terakhir ini juga menentukan laku atau tidak sebuah kos kosan. Masalah harga bisa anda tentukan berdasarkan segmentasi pengguna, lokasi yang dipilih, fasilitas dan keamanan yang diberikan.

Jangan lupa juga, survei ke kosan di daerah tersebut lalu bandingkan. Anda bisa menaikkan harga jika fasilitas yang diberikan lebih lengkap dibandingkan kot lainnya.

Misalnya, jika anda buka kost murah di jakarta utara, pastikan jangan sampai harganya terlalu tinggi dibandingkan kos-kosan yang lain. Kecuali fasilitas yang anda berikan jauh berbeda dan super lengkap.

Ingat, pastikan harga yang diberikan sangat kompetitif. Makanya penting untuk anda ketahui diawal sebelum memulai buka usaha kos-kosan.

Demikian 3 tips memulai bisnis kos-kosan untuk pemula. Pastikan anda mencari referensi lain dan mempersiapkan secara matang sebelum memulai usaha kost yang murah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar