Baru Menikah? Catat, Berikut 6 Tips Beli Rumah Baru!

Anda pasangan muda? Pengen beli rumah baru? Jangan buru-buru, berikut tips beli rumah baru yang harga murah, aman dan sesuai dengan selera.

Membeli rumah sudah pasti menjadi prioritas setiap orang, terutama bagi mereka yang baru menikah. Namun, membeli rumah bukan perkara mudah, terutama bagi anda yang baru pertama kalinya.

Sebelumnya, anda perlu untuk berdiskusi dengan pasangan. Termasuk mengumpulkan informasi dan mencari berbagai tips membeli rumah supaya tidak terjadi masalah diakhir.

Ingat, sangat penting untuk membuat perencanaan, hitungan, serta mencari banyak informasi. Jika tidak, maka anda malah tidak nyaman dengan bangunan yang seharusnya menjadi rumah idaman.

Lantas, langkah apa yang tepat untuk membeli rumah? Cara yang paling umum adalah membeli di perumahan yang sudah dibangun oleh para developer perumahan.

Keuntungan Beli Rumah Baru di Developer

Membeli rumah baru di developer sangat tepat. Terutama bagi anda yang baru pertama kali dalam urusan tersebut.

Berikut beberapa keuntungan membeli rumah di developer:

Pertama, paling mudah dan cepat.

Anda bisa memiliki rumah dalam waktu dekat namun tetap aman. Anda tidak perlu memikirkan atau mencari tanah, serta tanpa harus membangun dari awal.

Rumah sudah dibangun oleh developer dan tentu banyak pilihan. Cukup dengan search di situs jual beli rumah, lalu tinggal hubungi developer yang membangun rumah tersebut.

Kedua, banyak pilihan desain dan style rumah.

Bahkan anda bisa menemukan perumahan yang memiliki kawasan yang tertata apik. Termasuk memiliki fasilitas pendukung yang memadai dan tentu sesuai selera keluarga anda.

Ketiga, dapat dibeli dengan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).

Hampir semua developer rumah menjalin kerjasama dengan bank dalam menyediakan fasilitas pinjaman untuk membeli rumah. Bagi anda yang sering melakukan pembelian secara kredit, tidak ada salahnya jika memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan rumah idaman.

Perlu anda ingat bahwa membeli rumah di pengembang bukan tanpa masalah. Namun, bukan berarti semua developer jelek. Karena faktanya lebih banyak developer yang bonafide.

Jika anda memang ingin memiliki rumah baru dengan desain yang sesuai. Pastikan anda mengetahui tips membeli rumah terlebih dahulu.

Bagaimanapun juga beli rumah itu melibatkan uang yang tentu tidak sedikit, sehingga penting untuk memiliki pertimbangan, persiapan yang matang dan keputusan yang harus dilakukan secara hati-hati.

Tips Beli Rumah Baru yang Tepat

Membeli rumah bukan perkara kecil dan mudah. Selain harga yang mahal, bangunan tersebut juga akan menjadi rumah bersama pasangan atau keluarga.

Berikut beberapa tips yang perlu anda ketahui sebelum beli rumah baru:

Pertama, persiapkan keuangan anda, apakah ingin beli rumah secara tunai atau pinjaman KPR ke bank.

Perlu anda ketahui bahwa kedua pilihan pembayaran ini akan menimbulkan pengeluaran tambahan. Bahkan sangat signifikan di setiap bulannya. Sehingga penting untuk dipikirkan kesiapan keunagan untuk membeli rumah.

Kondisi keuangan anda menentukan rumah yang akan dibeli. Jangan paksakan jika harga rumah terlalu jauh dibandingkan uang yang ada. Jika belum prioritas, disarankan untuk menabung terlebih dahulu sampai uang cukup untuk membeli rumah yang sesuai.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Kos Kosan

Kedua, apakah beli rumah baru atau rumah bekas.

Ingat, tidak ada yang ideal dari keduanya, baik rumah baru atau bekas mempunyai kelebihan masing-masing. Pertimbangkan mana yang lebih cocok dengan anda, jangan lupa diskusikan dengan pasangan dan keluarga anda.

Ketiga, lokasi yang dipilih.

Ingat, anda perlu mengetahui detail lokasi rumah yang akan dibeli. Pastikan rumah dekat dengan tempat bekerja, akses jalan raya, fasilitas sekolah, fasilitas umum dan kebutuhan primer anda.

Sudah banyak rumah dijual di jakarta, namun banyak orang yang menyesal. Hal ini dikarenakan mereka salah memilih lokasi yang strategis. Jadi jangan hanya mempertimbangkan harga rumah yang murah, namun lokasi juga menjadi prioritas utama.

Sebenarnya kunci membeli rumah itu adalah persiapan. Jika memang anda ingin membeli rumah, pastikan sudah jauh-jauh hari mulai menyisihkan tabungan untuk beli rumah.

Bahkan anda bisa memikirkan untuk bangun rumah secara bertahap. Anda bisa beli tanahnya dulu, baru setelah itu bangun rumahnya. Dengan cara ini, anda bisa mendesain rumah sesuai selera.

Tinggalkan komentar