5 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Sering ngalamin download aplikasi tertunda di play store? Sudah tahu penyebab google play store bermasalah atau eror? Yuk ketahui cara mengatasi play store yang tidak bisa download dan update aplikasi di hp android!

Google play store merupakan layanan distribusi digital untuk download dan install berbagai aplikasi di hp android. Bahkan juga tersedia berbagai game, film dan buku yang super lengkap di platform tersebut.

Keuntungan dari play store, pengguna android akan merasa aman karena sudah menginstall aplikasi dari platform resmi google. Dengan kemudahan ini, kita bisa sepuasnya download aplikasi, game, buku dan film secara gratis.

Hanya saja, banyak yang mengeluh google play store bermasalah atau eror di hp android. Hal ini dirasakan ketika download aplikasi, unduhan malah tertunda bahkan tidak bisa sama sekali.

Hal itu mudah diatasi jika anda mengetahui penyebabnya. Nah, disini asianami sudah menyiapkan cara mengatasi play store yang bermasalah atau eror tersebut!

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Disini akan diurutkan berdasarkan penyebab yang sering terjadi. Sehingga anda bisa mengetahui penyebabnya dan dapat mengatasi secara mudah dan cepat.

1. Koneksi Internet

Hal yang pertama harus anda cek adalah koneksi data seluler atau wifi. Bisa jadi tidak bisa download dan update aplikasi dikarenakan koneksi internet yang tidak stabil.

Silahkan tes koneksi internet dengan nonton video youtube. Jika lancar dan tidak ada masalah, silahkan coba download lagi aplikasi di play store.

2. Play Store tidak Bisa Download Karena Memori Penuh

cara mengatasi Play Store Tidak Bisa Download aplikasi karena memori penuh

Masalah ini mungkin tidak ketauan bagi kaum milenial. Namun bagi mereka yang tidak tahu, ini menjadi masalah besar.

Ruang penyimpanan yang penuh bukan hanya tidak bisa download aplikasi. Anda juga tidak bisa mengambil gambar via kamera dikarenakan memori internal hp sudah penuh.

Solusinya gimana? Hapus dulu aplikasi yang tidak terpakai, lalu download dan install kembali aplikasi yang gagal tadi.

Harusnya jika hendak download aplikasi di play store dan tidak ruang penyimpanan penuh. Bakal ada notifikasi yang muncul bahkan otomatis meminta anda untuk menghapus aplikasi lain.

Hanya saja beberapa merk ponsel tidak muncul notifikasi seperti tersebut. Sehingga anda harus mengecek secara manual sisa memori internal yang belum terpakai.

3. Restart HP

Coba anda restart hp jika google play store bermasalah atau eror. Hal ini terlihat simpel namun sangat ampuh.

Perlu anda ketahui bahwa terkadang penyebab program eror itu dikarenakan pengaturan ponsel itu sendiri. Bahkan beberapa aplikasi seperti whatsapp tidak muncul notifikasi dikarenakan eror pada ponsel tersebut.

Silahkan anda restart, lalu hidupkan kembali ponsel tersebut. Selanjutnya coba download dan install aplikasi di play store.

4. Hapus Cache & Data Play Store

Jika cara diatas belum mengatasi play store yang tidak bisa download aplikasi, anda harus melakukan clear (hapus) cache dan data play store.

Cara ini sering dilakukan jika aplikasi mengalami masalah atau eror. Tentu sangat ampuh dan efektif mengatasi hal tersebut.

Kenapa harus menghapus cache dan data play store?

Perlu anda ketahui bahwa cache akan menumpuk seiring lamanya pengguaan. Nah, jika ada masalah eror, maka cache juga akan menyimpan data error tersebut. Sehingga menimbulkan google play store bermasalah dan susah download maupun update aplikasi.

Maka dari itu, anda harus menghapus cache untuk menghilangkan data eror tersebut.

Berikut cara mengatasi play store yang bermasalah:

  • Masuk ke setting atau pengaturan umum di HP.
  • Silahkan pilih Aplikasi, lalu klik Google Play Store.
  • Setelah terbuka, klik Penyimpanan dan hapus Cache.
  • Selanjutnya klik hapus Data.
  • Selesai.
cara mengatasi Play Store Tidak Bisa Download aplikasi

Jika sudah, silahkan buka kembali google play store, lalu login dengan email anda. Dipastikan ampuh untuk mengatasi eror pada play store.

Baca Juga: Aplikasi WhatsApp Dihapus dari Android

5. Update Sistem

cara mengatasi aplikasi android eror dengan update sistem

Jika bukan hanya google play store yang bermasalah, tetapi aplikasi yang lain juga begitu. Anda bisa melakukan update sistem untuk memperbaiki eror aplikasi di hp android.

Dengan melakukan update sistem secara berkala, semua bug akan diperbaiki sehingga play store dan aplikasi lain berjalan lancar tanpa bermasalah lagi.

Begini caranya:

  • Buka Setting >> About Phone >> Update System; atau
  • Buka Pengaturan >> Perbaharui perangkat lunak >> Unduh pembaharuan secara manual. Jika muncul opsi pembaruan versi terbaru, silahkan download dengan jaringan wifi.

Demikian 5 cara untuk mengatasi play store yang eror. Secara umum, cara diatas sangat ampuh untuk mengatasi masalahyang sering terjadi. Jika masih belum

Tinggalkan komentar