5 Perbedaan Emas Antam dan UBS

Ingin investasi emas batangan? Bingung memilih emas antam atau UBS? Apa yang beda dari emas Antam dan UBS? Berikut artikel tentang perbedaan emas Antam dan UBS yang perlu anda ketahui!

Sampai saat ini, emas batangan merupakan salah satu #investasi yang baik dan menguntungkan untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan harga emas yang stabil bahkan cenderung naik setiap tahunnya.

Bagi anda yang ingin berinvestasi, ada dua produsen emas batangan yang merajai pasar yaitu emas Antam dan UBS. Dimana emas Antam menguasai sekitar 90% pangsa pasar, sedangkan emas UBS hanya sekitar 10%.

Jika anda masih awam namun tertarik untuk berinvestasi di emas batangan. Yuk cari tahu apa perbedaan dari emas Antam dan UBS sebelum anda membelinya!

Perbedaan Emas Antam dan UBS

Karat adalah ukuran tingkat keaslian emas atau jumlah kandungan kemurnian emas. Baik emas batangan Antam dan UBS, keduanya sama-sama memberikan jaminan keaslian produk dengan kemurnian 99,99% atau 24 karat.

Dengan kadar 24 karat, emas batangan dinyatakan sebagai emas murni. Jadi untuk emas dengan kadar 23 karat, memiliki tingkat kemurnian 23/24 X 100% atau sekitar 95,83%.

Misalkan anda memiliki emas 24 karat sebesar 10 gram, maka kandungan emas murninya sama dengan 24/24 X 10 gram atau sebesar 10 gram. Berbeda jika anda memiliki emas 23 karat sebesar 10 gram, maka kandungan emas murninya sama dengan 23/24 X 10 gram atau sebesar 9,58 gram.

Hitungan diatas menunjukkan bahwa kemurnian emas diukur berdasarkan jumlah persentasi emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Dengan kata lain, emas batangan memiliki tingkat kemurnian yang sangat tinggi.

Yuk ketahui apa saja perbedaan emas Antam dan UBS jika dilihat dari segi Brand / Produsen, Bentuk Sertifikat, Dimensi & Ukuran Produk, dan Harga!

1. Brand / Produsen

Sampai saat ini, ada 2 brand produsen emas batangan yang terkenal di pasaran Indonesia, yaitu Antam dan UBS.

Emas Antam Logam Mulia (LM) diproduksi oleh PT Aneka Tambang tbk atau PT Antam. Berdiri tahun 1968 dan menjadi produsen emas batangan sejak tahun 1937.

Sejak tahun 1937, PT Antam dibawah naungan BUMN dengan memiliki tambang dan pemurnian emas. Bahkan juga mengolah dan memurnikan perak hingga platina.

Sedangkan Emas UBS diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera atau PT UBS. Berdiri di tahun 1981 dengan nama CV Untung, namun tahun 1991 berubah menjadi PT Untung Bersama Sejahtera.

Sejak 39 tahun (2020), UBS dikenal sebagai produsen perhiasan emas. Namun seiring waktu, UBS juga mengeluarkan emas batangan untuk investasi.

2. Ukuran Produk

Emas Antam dan UBS memiliki ukuran berat yang sama. Hanya saja emas Antam memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan emas UBS.

Pecahan emas Antam tersedia mulai dari 0,5 gram hingga 1 kilogram. Sedangkan emas UBS hanya tersedia mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram.

Untuk emas Antam tersedia ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, dan 1.000 gram (1 kg). Namun untuk 2,5 gram hanya tersedia dalam sertifikat model lama.

Berikut emas Antam 1 gram tampak depan dan belakang (Cetakan Press):

perbedaan emas antam dan UBS

Sedangkan emas UBS tersedia ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Berikut bentuk emas UBS 1 gram tampak depan dan belakang:

Perbedaan Emas Antam dan UBS
Perbedaan emas Antam dan UBS

3. Sertifikat

Sejak 1 Januari 1999, sertifikasi dari PT Antam telah diakui oleh LBMA (London Bullion Market Association). Dengan terakreditasi LBMA, semua produk usaha PT Antam Logam Mulia mendapat jaminan kualitas berskala nasional maupun global.

Sedangkan emas UBS bersertifikat nasional yaitu keluaran dari PT UBS sendiri.

Bentuk Sertifikat Emas Antam

Emas Antam keluaran terbaru yaitu tahun 2018 hingga 2020 berbentuk cetakan press. Dimana emas terlaminasi dengan sertifikat berbentuk simcard atau biasa disebut Certicard.

PT Antam mengeluarkan aplikasi untuk mengecek keaslian emas yaitu aplikasi CertiEye. Aplikasi ini hanya bisa dipakai untuk emas Antam keluaran terbaru alias yang memiliki Certicard.

Berbeda dengan emas Antam keluaran tahun 2018, 2017, 2016 dan seterusnya, memiliki sertifikat terpisah yaitu berupa kartu di dalam plastik. Untuk emas Antam pecah 2,5 gram dan 4 gram tidak tersedia dalam keluaran terbaru.

Berikut contoh emas Antam 4 gram model lama (sertifikat terpisah):

Emas Antam 4 gram

Bentuk Sertifikat UBS

Untuk emas UBS pecahan 0,5 gram hingga 4 gram, emas terlaminasi dengan sertifikat berbentuk kertas tebal. Sedangkan untuk pecahan 5 gram hingga 100 gram, sertifikat berbentuk kertas berhologram dan terpisah dari emasnya.

Berikut contoh UBS 5 gram dengan sertifikat kertas berhologram:

Emas UBS 5 gram

Baca juga: Jenis Emas Untuk Investasi

4. Harga

Untuk harga, emas Antam relatif lebih tinggi dibandingkan emas UBS. Pada 3 Maret 2020, harga emas batangan Antam dijual Rp. 820.000 per gram, Sedangkan emas Rp. 800.000 per gram.

Perbedaan harga diatas dikarenakan emas Antam memiliki ukuran dimensi yang lebih kecil dibandingkan emas UBS dengan berat yang sama. Termasuk faktor perusahaan dan sertifikat yang diberikan, sehingga harga emas Antam relatif lebih tinggi.

Secara umum, harga emas batangan cenderung naik setiap tahunnya. Bahkan akan terlihat kenaikan harga pada 1 – 3 bulan setelah anda membelinya. Itulah alasan kenapa emas batangan sangat cocok untuk investasi jangka panjang.

5. Penyimpanan

Emas antam cetakan press memiliki pelindung berupa plastik bening. Sehingga anda harus berhati-hati ketika menyimpan atau memegangnya.

Disarankan untuk dibungkus dengan pelindung tambahan dengan plastik lain sehingga plastik bening yang melekat tidak terkelupas.

Bagaimana jika terkelupas? Tidak ada masalah karena hanya pelindung saja. Bahkan dari PT Antam sudah banyak yang begitu.

Solusinya Anda bisa menggunakan plastik E Toll atau plastik lain sebagai pelindung tambahan.

Sedangkan Emas UBS memiliki pelindung berupa kartu plastik tebal sehingga lebih tahan. Bahkan untuk emas 0,5 gram – 4 gram bisa anda disimpan dengan cara ditumpuk sehingga lebih efisien dalam penyimpanan.

Singkatnya, berikut adalah perbedaan emas Antam dan UBS:

  • Emas Antam diproduksi oleh PT Antam (BUMN), sedangkan UBS diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera (Swasta).
  • Antam memiliki sertifikasi dari LBMA (London Bullion Market Association), sedangkan UBS memiliki sertifikat nasional yaitu dari PT UBS sendiri.
  • Emas Antam bisa diperdagangkan di seluruh Indonesia dan Internasional, sedangkan emas UBS hanya bisa diperdagangkan di dalam negeri saja.
  • Emas Antam: sertifikat terpisah yaitu berupa kartu di dalam plastik (tahun 2018 kebelakang) dan berbentuk cetakan press dengan Certicard (2018 – 2020).
  • UBS: Emas terlaminasi dengan sertifikat berbentuk kertas tebal (0,5 gram – 4 gram) dan Emas terpisah dan sertifikat berbentuk kertas berhologram (5 gram – 100 gram).
  • Emas Antam lebih cocok untuk tidak ditumpuk, sedangkan UBS cocok untuk ditumpuk sehingga efisien dalam penyimpanan.
  • Harga emas Antam relatif lebih tinggi dibandingkan emas UBS.
  • Antam memiliki aplikasi CertiEye, sedangkan UBS tidak.

FAQ tentang Emas Antam dan UBS

1. Lebih menguntungkan mana investasi emas Antam atau UBS?

Sama-sama menguntungkan, karena semua harga stabil dan cenderung naik. Hanya saja pasar emas Antam lebih luas karena Antam menguasai 90% pangsa pasar.

2. Kenapa harga emas Antam dan UBS berbeda?

Salah satu penyebabnya adalah faktor biaya produksi.

Hal ini dikarenakan semakin kecil ukuran emas batangan, maka biaya produksi semakin besar. Termasuk proses pembuatan emas batangan kecil semakin sulit.

Emas antam memiliki ukuran dimensi yang lebih kecil dibandingkan emas UBS dengan berat yang sama.

Contoh: harga emas Antam 1 gram lebih mahal dibandingkan emas UBS 1 gram. Walaupun beratnya sama namun emas Antam memiliki dimensi yang lebih kecil.

Selain itu, sertifikat dan perusahaan yang memproduksi juga mempengaruhinya. Sehingga harga emas UBS relatif lebih murah.

Perlu anda ketahui bahwa semakin tinggi jumlah gram emas batangan, maka harga per gram nya semakin murah.

3. Apa saja keuntungan Investasi Emas?

Emas termasuk jenis investasi yang mempertahankan nilainya seiring waktu. Bahkan harga emas cenderung naik dan meningkat setiap tahunnya.

Keuntungan lainnya sudah dibahas dalam artikel berikut:

4. Dimana bisa membeli emas batangan?

Untuk membeli secara langsung, anda harus ke PT Antam atau ke toko perhiasan yang juga menjual emas batangan.

Sedangkan untuk online, anda bisa membeli di marketplace terpercaya seperti Bukalapak dan Tokopedia karena sistem pembayaran yang aman. Sebelum membeli emas, pastikan anda membaca deskripsi produk dan ulasan / review toko.

Bagi anda yang sudah yakin dan ingin berinvestasi di emas batangan. Gunakan cara investasi emas dengan teknik klasik dan tabungan emas.

Demikian perbedaan emas Antam dan UBS. Mulailah berinvestasi emas batangan dari sekarang untuk meraih untung di masa depan. Jika ada saran atau pertanyaan, silahkan kirim pesan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar