Perbedaan Aplikasi Berbasis Web dan Mobile

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat, setiap orang semakin familiar dengan smartphone dan internet, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Bahkan banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone dan internet, mengingat kedua hal ini membuat aktivitas menjadi lebih mudah. Ada beragam aplikasi berbasis web dan aplikasi mobile seperti Android dan iOS yang memudahkan pekerjaan.

Website dan aplikasi mobile adalah kemajuan teknologi yang hampir digunakan oleh setiap orang di dunia ini. Kedua teknologi tersebut memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Penggunaan aplikasi mobile dengan mobile website memiliki pendapat yang berbeda, ada yang lebih nyaman dengan mobile website karena tidak perlu mendownload aplikasi, namun ada pula yang nyaman dengan aplikasi mobile karena lebih cepat, lebih ringkas dan lebih mudah digunakan.

Perbedaan Aplikasi Berbasis Web dan Mobile

Perkembangan aplikasi berbasis web dengan aplikasi Android berjalan dengan cepat, setiap orang berlomba-lomba menciptakan inovasi yang canggih dan keren. Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan yang mencolok antara kedua teknologi tersebut. Adapun berikut ini merupakan 4 perbedaan aplikasi berbasis web dan mobile, di antaranya yaitu:

1. Fitur Aplikasi Berbasis Web dan Mobile

Perbedaan yang cukup mencolok antara aplikasi berbasis web dengan aplikasi mobile ada pada fitur yang disediakan. Biasanya aplikasi memiliki tampilan yang disesuaikan dengan layar smartphone, sedangkan mobile memiliki tampilan yang lebih mudah diakses melalui laptop atau komputer desktop. Meskipun begitu, ada pula aplikasi berbasis website yang bisa diakses di browser website dengan baik.

Aplikasi Android biasanya lebih cepat mengakses informasi, dibanding aplikasi website yang membutuhkan banyak waktu. Namun hal tersebut kembali lagi pada kenyamanan dan kemudahan user dalam menggunakannya.

2. Interaksi User

Perbedaan aplikasi berbasis website dan mobile selanjutnya ada pada interaksi user. Aplikasi mobile memang dibuat berbeda, dimana terdapat kemampuan layar sentuh untuk berinteraksi dengan pengguna smartphone yang berbasis Kompas maupun accelerometer. Misalnya pada aplikasi Android game mobil (car game), dimana game tersebut dapat dimainkan dengan memiringkan smartphone ke kiri maupun ke kanan.

Contoh aplikasi berbasis mobile lainnya yaitu aplikasi peta, dimana menunjuk arah selalu menghadap ke utara setiap kali penggunaan mengubah arah telepon genggamnya. Hal tersebut sebagai interaksi user dengan aplikasi yang didasari fitur Kompas.

3. Location dan Personalization

Dalam sebuah aplikasi mobile, location merupakan hal yang penting untuk memberitahu alert dimana lokasi pengguna tersebut. Informasi tersebut digunakan oleh developer aplikasi guna memberi personalisasi kepada user dalam menunjang bisnis.

Sedangkan pada aplikasi berbasis website, informasi penggunaan dan pengaksesan lokasi user tidaklah details karena dibatasi hanya pada pengkodean negara.

Baca juga: Aplikasi Kamera Webcam Terbaik

4. Push Notification

Jika Anda membutuhkan kan aplikasi yang dapat mengingatkan atau memberi pemberitahuan, Anda dapat menggunakan aplikasi android atau mobile. Aplikasi mobile sendiri menjadi aplikasi yang memberikan informasi mengenai hal yang Anda butuhkan, seperti kebutuhan kerja, belajar dan lainnya. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang selalu dekat dengan smartphone.

Namun berbeda dengan aplikasi website, di mana web sulit menentukan pemberitahuan kepada pengguna, karena waktu mengaksesnya hanya pada saat Anda membukanya. Namun ada pula aplikasi website yang memberi pemberitahuan melalui email.

Itulah 4 perbedaan aplikasi berbasis website dengan aplikasi Android yang bisa Anda ketahui. Kedua perkembangan teknologi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *