5 Nama dan Jenis Font Instagram Story

Pernah pakai font classic seperti mesin tik di IG stories? Sudah tahu apa saja jenis font yang ada di Insta story? Yuk simak artikel tentang nama dan jenis font instagram story yang bikin status IG menjadi lebih keren dan menarik!

Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer saat ini. Bahkan para penggunanya hampir dari semua kalangan, baik dari anak SD hingga orang dewasa. Dengan fitur IG yang sangat keren dan menarik, sudah 60 juta pengguna Indonesia yang menggunakan instagram.

Awalnya hanya sebuah platform yang mengizinkan pengguna untuk mengupload foto dan video saja. Namun seiring perkembangan, instagram sudah memiliki banyak fitur yang tentu memanjakan para penggunanya. Salah satunya adalah instagram story atau disebut juga insta story

Instagram story (insta story) merupakan wadah bagi pengguna IG untuk mengunggah sesuatu, baik berupa gambar maupun video. Bahkan pihak instagram menghadirkan berbagai mode IG story seperti Live, boomerang, super zoom dan sebagainya.

Hadirnya mode insta story ini tentu untuk mempercantik story pengguna. Dimana pengguna juga dapat membuat status IG disertai teks dengan font yang beragam. Tak heran jika pengguna sering meng-unggah konten yang menarik di instagram stories mereka.

Lalu, apa saja nama dan jenis font IG story tersebut? Asianami sudah menyiapkan penjelasannya berikut ini.

Manfaat Font Instagram Story

Perlu anda ketahui bahwa pemilihan font sangat penting dalam membuat sebuah postingan atau status instagram. Sehingga dengan font yang tepat, instagram stories Anda tetap mudah dibaca dengan gaya font yang cantik.

Tak hanya sekedar bagus saja, namun harus memperhatikan proporsi dan perpaduannya dengan warna dan gambar postingan IG story. Bahkan keselarasan antara warna, penempatan, bentuk dan ukuran font harus sesuai dan profesional.

Berikut beberapa manfaat font dalam sebuah desain postingan IG story:

  • Sebagai pelengkap gambar atau desain postingan yang telah dibuat sehingga tampilan semakin bagus.
  • Memperjelas penyampaikan pesan, tujuan atau maksud dari postingan gambar atau video, baik secara langsung maupun tersirat.
  • Sebagai ciri dan identitas bisnis, brand maupun slogan sebuah produk dan jasa. Terutama bagi anda yang jualan online di instagram.

Nama dan Jenis Font Instagram Story

Sejak Oktober 2019, ada 5 font yang bisa kita gunakan untuk instagram story. Jenis font ini sudah tersedia di mode IG story, jadi kita tinggal pilih font sesuai keinginan.

Ringkasnya, Berikut adalah nama dan jenis font instagram story (IG Stories):

  • Font Classic; memiliki gaya teks yang klasik dan profesional.
  • Font Modern; Cocok untuk tulisan catatan singkat.
  • Font Neon; Sering digunakan untuk teks nama atau keterangan.
  • Font Typewriter; Gaya teks mesin ketik atau mesin tik dengan desain elegan.
  • Font Strong; Hanya cocok untuk menulis keterangan singkat dan tidak lebih dari 2 kata.

Jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang font IG story, sudah tersedia pembahasannya dibawah ini. Bahkan masing-masing font dijelaskan secara rinci dan lengkap.

1. Font Classic

Nama dan Jenis Font Instagram Story

Font Classic ini menjadi font utama di IG Story. Memiliki gaya tulisan yang benar-benar klasik sehingga cocok untuk segala format postingan.

Walaupun terlihat simpel dan sederhana, namun jenis font inilah yang membuat postingan IG story terkesan klasik dan modern. Anda dapat memadukan font ini dengan gambar maupun video, Sehingga postingan instagram stories Anda lebih memberikan kesan klasik dan profesional.

Selain itu, tidak perlu khawatir jika anda membuat tulisan yang panjang. Karena font classic memiliki gaya tulisan yang tetap mudah untuk dibaca, termasuk jika diberi warna background sekalipun.

2. Font Modern

Nama dan Jenis Font Instagram Story

Font modern merupakan jenis font dengan gaya tulisan yang terkini alias modern. Bagi anda yang sering membuat IG story berupa gambar, font ini sangat cocok untuk menuliskan keterangan atau catatan singkat.

Dengan kata lain, font modern tidak cocok untuk tulisan atau teks yang sangat panjang. Memiliki bentuk huruf kapital, font ini hanya rekomended untuk menulis catatan singkat pada IG Stories.

Selain itu, font modern di IG story tidak dapat diberi warna background. Pengguna hanya dapat memilih warna font saja, sehingga anda harus menyesuaikan dengan warna background supaya tulisan tetap mudah dibaca.

Baca juga: Cara Download Foto Profil Instagram Orang Lain

3. Font Neon

Nama dan Jenis Font Instagram Story

Font neon merupakan jenis font instagram story yang spesial dan keren. Sesuai namanya, font ini memiliki bentuk gaya tulisan / teks yang bercahaya seperti lampu neon.

Bagi anda yang ingin membuat tulisan panjang, font neon tidak rekomended. Justru font ini sangat cocok untuk membuat tulisan singkat saja. Bahkan para selegram sering menggunakan font ini untuk membuat teks singkat seperti nama maupun keterangan.

4. Font Typewriter

Nama dan Jenis Font Instagram Story

Font typerwriter merupakan jenis font yang mirip tulisan mesin tik atau mesin ketik. Dengan gaya teks yang sederhana dan lebih klasik, font jenis ini tentu lebih elegan dan sangat rapih.

Selain itu, ukuran font juga dapat diatur, sehingga tulisan panjang sekalipun akan tetap mudah dibaca. Bahkan juga dapat dikombinasikan dan disesuaikan dengan warna background sehingga tulisan tetap mudah dibaca.

5. Font Strong

Nama dan Jenis Font IG Stories

Font strong merupakan jenis font IG story yang tegas dengan huruf tebal. Font ini hanya cocok digunakan untuk keterangan singkat.

Memiliki gaya font yang sangat menonjol, sehingga sangat terlihat perbedaannya. Bahkan font ini tidak cocok jika anda menulis keterangan yang lebih dari 2 kata. Namun, anda dapat memberikan warna background sebagai bentuk penegasan kata.

Baca juga: Cara Download Video di Instagram

Cara Mengganti Font Instagram Story

Sebenarnya cara mengganti jenis font di instagram sangat mudah dan simpel. Namun, asianami sudah menyediakan tutorial dan langkah-langkah secara detail sebagai berikut.

  • Buka aplikasi instagram di HP.
  • Pada halaman beranda atau home instagram, klik ikon kamera yang berada di pojok kiri atas. Cara cepatnya anda cukup swipe layar dari kiri ke kanan untuk mengakses kamera instagram story.
  • Jika ingin mencoba untuk membuat postingan berupa tulisan saja, klik Create atau Buat.
  • Untuk pada nama font di bagian atas untuk mengganti jenis font postingan IG Stories Anda.

Anda juga bisa memberikan warna background untuk jenis font typewriter dan strong. Caranya klik ikon kotak A di samping nama font untuk memberikan warna pada tulisan.

Tips membuat postingan instagram story yang bagus:

  • Gunakan perpaduan font agar lebih menarik.
  • Jika ingin membuat tulisan yang panjang, pakai font classic atau typewriter.
  • Gunakan warna background dan sesuaikan ukuran agar tetap mudah dibaca dan enak dilihat.
  • Jika postingan berupa gambar dan video, gunakan segala jenis font untuk menulis keterangan singkat.

Demikian nama dan jenis font instagram story atau IG Stories. Pastikan anda menggunakan kombinasi font dan warna yang sesuai. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar