9+ Keuntungan Investasi Emas sebagai Aset Kekayaan

Mengapa orang masih banyak yang berinvestasi emas? Apa saja keuntungan investasi emas? Yuk simak tentang keuntungan berinvestasi dan menabung emas yang dibahas secara lengkap dan menarik!

Emas adalah instrumen #investasi yang menawarkan banyak keuntungan. Selain mudah dicari, emas termasuk investasi yang memiliki resiko rendah.

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, emas menjadi pilihan tepat untuk berinvestasi, bahkan bagi pemula sekalipun. Banyak orang yang mengenal emas sebagai logam mulia yang harganya cenderung naik, terlebih untuk jangka panjang.

Namun, apakah keuntungan investasi emas hanya sebatas potential upside/gain saja? Lalu apa keuntungan lain dari menabung emas? Yuk disimak!

9 Keuntungan Investasi Emas

keuntungan investasi emas batangan

1. Aman

Jenis emas yang disarankan untuk investasi adalah emas batangan logam mulia.

Ada 2 produsen emas batangan yang menguasai pasar yaitu Antam dan UBS. Baik emas Antam dan emas UBS, keduanya memberikan jaminan keaslian produk dengan tingkat kemurnian 99,99% atau 24 karat.

Saat ini, Antam menguasai 90% pangsa pasar, sedangkan UBS menguasai sisanya yaitu 10%. Selebihnya dijelaskan dalam artikel berikut:

Kedua brand ini mengeluarkan produk emas batangan yang dilengkapi dengan sertifikat. Bahkan sertifikasi dari Antam diakui oleh LBMA sehingga bisa diperdagangkan secara nasional dan global.

Selain itu, jika anda berinvestasi emas batangan Antam. Anda bisa mengecek keaslian emas melalui aplikasi CertiEye. Sehingga anda bisa melihat perbedaan antara emas asli dan emas palsu.

2. Mudah dicairkan

Keuntungan investasi emas adalah mudah di jual kapan saja dan dimana saja. Dengan memiliki likuiditas yang tinggi, Anda bisa menjual emas untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat.

Investasi emas sangat berguna ketika anda memiliki kebutuhan yang mendesak. Anda dapat mencairkan emas dengan uang tunai secara mudah.

Berbeda dengan instrumen investasi lainnya seperti obligasi atau properti. Dimana anda membutuhkan pihak kedua untuk membeli investasi yang anda jual. Itupun perlu waktu, tidak secepat dan semudah investasi emas.

3. Tidak memerlukan modal besar

Banyak orang yang berpikir bahwa investasi emas membutuhkan modal dana yang besar. Padahal tidak, Anda bisa memulai dengan dana 400 ribu saja.

Emas batangan memiliki pecahan yang beragam, mulai dari 0,5 gram sampai 1 kilogram. Jika anda memiliki dana yang terbatas, anda bisa memulai investasi emas dari pecahan 0,5 gram.

Hal ini yang menjadi keuntungan spesial dari investasi emas. Dengan pilihan dan harga pecahan emas batangan yang beragam, investasi emas dapat dilakukan oleh semua kalangan.

4. Bisa transaksi online

Di era digital ini, investasi emas semakin mudah dan praktis. Pasalnya Anda bisa beli dan jual emas batangan secara online.

Anda bisa membeli emas batangan di marketplace terpercaya seperti bukalapak dan tokopedia. Selain sistem pembayaran yang aman, harga beli emas secara online tidak jauh berbeda dengan harga di toko emas dan PT Antam.

Sebaliknya, jika anda sedang ada kebutuhan mendesak. Tak perlu repot, cukup buat toko online di tokopedia atau bukalapak, lalu jual emas secara online.

5. Resiko rendah

Emas memiliki volatilitas harga yang statis dan stabil. Hal ini membuat risiko investasi emas jauh lebih rendah dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Dengan harga emas tidak akan mengalami penurunan yang drastis dan peningkatan tajam dalam waktu yang singkat. Namun, sifat inilah yang membuat harga emas sangat dinamis sehingga resikonya kecil.

6. Mudah disimpan

Keuntungan lain dari investasi emas adalah anda bisa melakukan berbagai cara teknik investasi. Anda bisa menerapkan 2 teknik investasi emas yang dibahas dalam artikel berikut:

Emas sangat mudah untuk disimpan dan dirawat. Bahkan anda tidak perlu penyimpanan khusus atau metode perawatan yang mahal.

Anda cukup beli plastik pelindung tambahan dan menyimpan emas di tempat yang aman.

7. Aset Kekayaan

Berbeda dengan uang, emas tidak mengenal dan tahan terhadap inflasi.

Mari kita bahas dengan sebuah studi kasus. Anda membeli emas seharga 5 juta. Dipastikan nilai tukarnya tidak akan jauh lebih rendah ketika Anda menjualnya 5-10 tahun kemudian.

Berbeda ketika anda mengubah uang 5 juta ke dalam bentuk barang seperti kendaraan. Setelah 5-10 tahun, nilai tukar barang tersebut akan jauh lebih rendah dibandingkan harga awal.

8. Harga emas cenderung meningkat

Dengan kenaikan harga emas yang lambat, prospeknya sangat menjanjikan terutama saat terjadi krisis ekonomi. Emas bisa menjadi aset kekayaan dalam keadaan darurat.

Pada tahun 1976, AS mengalami krisis ekonomi. Namun, harga emas malah mengalami peningkatan disaat itu.

Dengan kata lain, investasi emas tidak terlalu terpengaruh oleh kondisis ekonomi, baik makro maupun mikro.

9. Sebagai jaminan

Dengan nilainya yang stabil, cenderung naik dan diakui di berbagai negara. Emas batangan dapat dijadikan sebagai jaminan saat kondisi darurat.

Jika anda membutuhkan uang secara mendadak, namun tidak ingin menjual aset. Emas batangan bisa menjadi penyelamat. Anda bisa mengajukan pinjaman dengan menjadikan emas sebagai jaminan.

“Kerugian investasi emas adalah penyesalan. Saat harga emas lagi naik, menyesal dulu kenapa hanya beli 5 gram, bukan 10 gram atau lebih banyak.”

Mulailah belajar investasi emas dari sekarang. Jangan tunggu masa penyesalan itu datang.

Demikian 9 keuntungan investasi emas batangan. Semoga dapat bermanfaat.

2 pemikiran pada “9+ Keuntungan Investasi Emas sebagai Aset Kekayaan”

  1. bener banget, saya juga punya rencana untuk mulai investasi emas karena emas nilainya relatif stabil. jadi aman untuk investasi. kalau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk investasi emas apa aja tu? terimakasih

    Balas

Tinggalkan komentar