Kesehatan Mental Menjadi Kunci Kesuksesan Bisnis Anda

Anda seorang pengusaha? Sudah merasa sehat secara mental? Nah, ternyata kesehatan mental adalah kunci kesuksesan berbisnis loh! Yuk simak artikelnya sebagai berikut!

Perlu anda pahami bahwa memiliki kesehatan fisik saja tidaklah cukup. Penting juga untuk memiliki kesehatan mental yang baik. Jika tidak, maka akan menjadi bencana besar dalam segala aspek, termasuk di dunia bisnis.

Jika anda sehat secara mental, kemampuan atau potensi yang dimiliki akan bekerja dengan maksimal. Baik untuk menjalani hidup dan juga dalam membangun relasi atau hubungan positif dengan orang lain.

Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan memiliki gangguan mood, gangguan kemampuan berpikir dan kontrol emosional yang buruk. Nah, emosi yang tidak stabil ini tentu bisa mempengaruhi aktivitas dan relasi di dunia profesional.

Kesehatan Mental Adalah Kunci Kesuksesan Bisnis Anda

Kesehatan Mental Adalah Kunci Kesuksesan Bisnis Anda

Studi Kasus

Dilansir dari laman Entrepreneur.com, masalah tersebut disoroti oleh psikiater Michael Freeman asal Kentfield, Kalifornia, Amerika Serikat. Ia mengambil spesialisasi yang mendalami hubungan antara kesehatan mental dengan dunia bisnis dan kewirausahaan.

Hasil studi kasus menunjukkan bahwa 49% dari 242 pengusaha pernah mengalami satu kali atau lebih masalah kesehatan mental. Menurutnya, menjaga kesehatan mental merupakan cara penting untuk tetap sukses dalam memimpin bisnis serta mengembangkan sebuah usaha.

Ternyata pengusaha lebih riskan mengidap berbagai gangguan kesehatan mental. Dengan rincian resiko yaitu mengalami depresi (30%), gangguan bipolar (12%), penyalahgunaan obat-obatan (11%), dan juga kelainan hiperaktivitas karena kurangnya perhatian (ADHD) (29%).

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental tidak bisa diremehkan. Bahkan jika berlangsung dalam waktu yang konsisten dan signifikan, dikhawatirkan mental seseorang yang terganggu akan berubah karakternya secara perlahan menjadi negatif dan semakin parah.

Mau pebisnis atau bukan, jangan sampai hal ini dialami oleh kita semua. Menurut Michael Freeman, berikut cara untuk menjaga kesehatan mental yang baik.

Pertama, cara yang paling disarankan adalah berkonsultasi dengan pakar kesehatan mental.

Sudah banyak pakar yang khusus menangani pebisnis atau pengusaha dengan segala tantangan yang dihadapi. Apalagi di era digital saat ini, konsultasi kesehatan semakin mudah dan cepat.

Salah satu yang rekomended untuk berkonsultasi yaitu Halodoc. Sebuah startup layanan kesehatan online yang memungkinkan semua orang bertanya dan konsultasi secara langsung dengan dokter berlisensi di Indonesia.

Untuk masalah kesehatan mental, anda dapat berkonsultasi dengan psikiater melalui aplikasi Halodoc. Bahkan jika diperlukan pemeriksaan secara langsung, Anda bisa membuat perjanjian dengan dokter di rumah sakit terdekat.

Kedua, menganalisis kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang diri terkait kondisi mental dan emosional.

Cara ini bisa dilakukan sendiri oleh kita semua. Mulai sekarang pahami kondisi tersebut di dalam diri kita. Tidak hanya yang berhubungan dengan dunia bisnis saja, termasuk kondisi mental dan emosional kita secara umum.

Ketiga, melindungi dan mengoptimalkan kesehatan fisik.

Untuk menjaga kondisi mental, bukan berarti tidak perlu menjaga kesehatan secara fisik. Justru kondisi fisik, mental dan emosional sama-sama penting untuk diperhatikan.

Selain itu, sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga saja sudah dapat meningkatkan kebugaran mental melebihi pengobatan anti-depresi. Sehingga penting bagi kita untuk mendukung tubuh kita sendiri untuk sehat secara fisik dan mental.

Nah, mulai sekarang pastikan anda melakukan olahraga secara rutin. Supaya stamina dan energi tetap terjaga di tengah aktivitas bisnis yang sangat melelahkan.

Jangan lupa juga, pastikan Anda makan sehat secara teratur dan cukup tidur.

Depresi akibat jualan tidak laku? Jangan lagi deh. Baca Tips Jualan Online Bagi Pemula (100 Orderan/Hari).


Terakhir, pastikan berada di lingkungan (mitra) yang memungkinkan untuk selalu memberi sekaligus menerima pengaruh positif.

Hal ini berkaitan dengan sebuah studi yang dipimpin oleh Prof. Tristen Inagaki dan Prof. Naomi Eisenberger yang menunjukkan bahwa stres cenderung hilang ketika seseorang bersedia memberi dan menerima dukungan dari sekitar. Tidak hanya bagi para pebisnis saja, hal ini juga berlaku untuk semua orang.

Ingat, depresi bukan berarti Anda harus sendirian.

3 pemikiran pada “Kesehatan Mental Menjadi Kunci Kesuksesan Bisnis Anda”

  1. Menjaga kesehatan mental sama saja menjaga kesehatan fisik. Begitupun sebaliknya, ketika mental tidak stabil atau sedang ada gejolak, tak akan lama fisik akan jatuh sakit. So, mari berfikir positif, tenang dalam menghadapi sagala hal, jangan mudah panik, sering bersyukur serta perbanyak doa dan berserah diri.

    Balas
  2. aku tipikal orang yang mudah stress baik lingkungan kerja maupun kehidupan pribadi,

    ditengah pandemi ini, ak harus proaktf menjaga kesehatan mental

    thanks tulisannya sedikit membantu aku hehe

    Balas

Tinggalkan komentar