4 Jenis Unit Usaha Yang Tetap laris di Masa Pandemi

Tidak dapat dipungkiri bahwa semenjak penyebaran wabah COVID-19 ini menyebabkan banyak sekali UMKM dan berbagai macam bidang usaha mengalami kebangkrutan. Ini adalah masalah global yang terjadi terutama di Indonesia.

Akan tetapi di balik itu semua masih ada beberapa unit usaha berupa barang dan jasa seperti jasa trucking yang tetap bertahan walaupun dilanda oleh pandemic ini. Hal ini di sebabkan oleh beberapa unit usaha tersebut termasuk kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan oleh manusia sehari-harinya.

Lalu kira-kira unit usaha apa saja yang masih bertahan di masa pandemic ini?

Jenis Unit Usaha yang Tetap laris di Masa Pandemi

1. Makanan dan Minuman

Unit usaha makanan dan minuman di masa pandemic ini tetap bisa bertahan, karena sudah jelas 2 hal tersebut adalah kebutuhan pokok manusia dimana manusia tidak bisa hidup tanpa 2 hal tersebut. Akan tetapi perlu di seleksi juga jenis makanan dan minuman seperti apa yang masih laris.

Beberapa contoh makanan yang masih laris adalah makanan pokok, frozen food, juga lauk-pauk, sedangkan makanan lain yang sifatnya sekunder masih mengalami penurunan. Minuman memiliki tingkat stabil yang lebih luas di bandingkan makanan, sebagian bisnis minuman masih bisa tetap bertahan.

2. Alat Rumah Tangga

Berdasarkan survey dari salah satu marketplace di Indonesia penjualan alat rumah tangga meningkat sebanyak dua kali lipat, hal ini disebabkan oleh lebih banyak aktifitas yang dilakukan di rumah daripada di luar rumah.

Beberapa alat rumah tangga yang laris diantaranya adalah alat masak stainless steel aman, pengharum ruangan, bantal tidur dan lain sebagainya.

3. Produk Kesehatan

Saat ini produk kesehatan sudah seperti makanan dan minuman yang menempati kebutuhan utama orang-orang pada saat pandemic. Hampir di semua platform penjualan alat penunjang kesehatan seperti vitamin, masker, hand sanitizer, dispenser hand soap dan lain sebagainya mengalami peningkatan penjualan hampir 2,5 kali lipat daripada sebelumnya.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Modal Kecil Terbaru

4. Barang Elektronik

Fenomena work from home menjadi cara baru masyarakat dunia dalam beraktivitas melakukan pekerjaan mereka. Maka dari gawai penunjang aktivitas tersebut seperti handphone, laptop, mouse dan penyedia layanan Wi-fi mengalami peningkatan penjualan pada saat pandemic seperti sekarang ini.

Itu 4 jenis barang dan unit usaha yang tetap laris alias stabil bahkan mengalami peningkatan penjualan walaupun masih pandemi, maka dari itu menjual barang atau menyediakan jasa di 4 kategori tersebut bisa dikatakan terjamin setelah itu tinggal memperbaiki strategi pemasaran dan kualitas pelayanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *