4 Jenis Emas: Kenali Dulu Sebelum Investasi Emas

Emas adalah salah satu produk investasi yang populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Selain mudah didapatkan, harga emas terbilang stabil dan tahan terhadap inflasi. Namun, apa saja jenis emas yang ada di pasaran? Yuk simak!

Emas bisa dibilang sebagai logam mulia yang dikenal sebagai aset kekayaan, bahkan menjadi salah satu pilihan berinvestasi yang menguntungkan. Hal ini terlihat dari nilai emas yang cenderung meningkat dalam jangka panjang.

Meskipun investasi emas terbilang relatif lebih aman, namun harus diperhatikan kondisinya termasuk dalam memilih jenis emas yang dapat menguntungkan untuk investasi Anda.

Jenis Jenis Emas di Pasaran

1. Emas Perhiasan

Emas ini sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Baik bentuk kalung, cincin, gelang, anting dan sebagainya. Harga emas perhiasan ini ditentukan oleh berat dan kadar karatnya, termasuk biaya pengolahan emas menjadi perhiasan.

Nah, emas perhiasan ini tidak terlalu menguntungkan untuk investasi. Karena imbal hasilnya akan dipotong dengan biaya-biaya pembuatan. Bahkan saat dijual lagi biasanya harganya turun, salah satu penyebabnya yaitu biaya administrasi tadi.

2. Emas Batangan

Bagi anda yang sering melakukan investasi teknik klasik, pasti sudah mengenal dengan emas bentuk batangan (emas lantakan).

Di Indonesia, ada 2 brand / produsen emas batangan yang terkenal, yaitu emas Antam dan UBS. Dimana emas batangan Antam menguasai 90% pangsa pasar, sedangkan sisanya 10% dikuasai UBS.

Belum tahu perbedaannya? Baca Perbedaan Emas Antam dan UBS


Untungnya, emas ini memiliki sertifikat sebagai tanda keaslian emas. Pada emas batangan Antam, anda bisa melihat sertifikat emas berbentuk Certicard. Bahkan anda bisa mengecek keaslian emas melalui aplikasi CertiEye yang bisa anda download di play store atau App store.

Emas batangan pilihan bagus untuk anda yang ingin berinvestasi. Selain harganya stabil dan cenderung naik, emas ini lebih tahan terhadap inflasi.


3. Koin Emas

Di Indonesia, ada dua jenis koin emas yang paling terkenal, yaitu koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) yang biasa ditujukan bagi mereka yang ingin menunaikan ibadah haji dan koin Dinas Emas.

Koin emas ONH dipilih secara khusus sebagai alternatif bagi mereka yang ingin menabung sebagai persiapan untuk ibadah haji. Sedangkan Emas Dinar umumnya dianggap akan berguna dalam perjalan ibadah haji.

Dua jenis koin emas ini juga tahan terhadap inflasi, karena harga emas dipastikan ikut naik. Tak jarang banyak orang juga yang berinvestasi dengan cara menabung koin emas ini.

4. Emas Online

Di era digital, sudah tersedia pembelian emas lewat perantara online. Umumnya pembelian melalui media online atau pialang yang biasa dikenal dengan nama trading emas online. Biasanya emas jenis ini memanfaatkan margin, options, dan metode finansial lainnya.

Saat ini, pembelian emas antam lewat online sudah dilengkapi dengan sertifikasi langsung dari PT Aneka Tambang (PT Antam). Jadi sudah dinilai aman, bahkan jenis emas batangan yang disediakan terjamin keaslian dan kemurniannya.

Baca juga: Keuntungan Investasi Emas

Jika anda ingin memulai investasi emas, gunakanlah cara investasi teknik klasik atau tabungan emas. Setidaknya cara ini sangat cocok bagi pemula dan sangat aman karena emas dipegang secara fisik tanpa biaya perawatan dan administrasi lainnya.

Tinggalkan komentar