10 Jasa Pengiriman Barang Terbaik untuk Bisnis Online Anda

Beberapa tahun belakangan ini, belanja online di marketplace semakin ramai dikunjungi. Hal ini juga berdampak terhadap jasa pengiriman (kurir) barang / paket yang semakin bervariasi; mulai dari yang termurah, tercepat serta bisa mengirim antar pulau.

Saat ini sudah banyak perusahaan penyedia jasa pengiriman yang dapat di akses dengan mudah oleh masyarakat luas. Tingkat pelayanan dan tarif yang berbeda-beda, tentu akan menjadi pertimbangan khusus bagi para pengguna. Dimana setiap orang pasti mengharapkan pelayanan terbaik dengan tarif yang terjangkau dan ramah di kantong.

Selain itu, ketepatan waktu juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh kuat terhadap keberhasilan perusahaan pengiriman barang. Para konsumen selalu mengharapkan barang kiriman bisa sampai dengan tepat waktu dan sesuai dengan jadwal perkiraan. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi pelanggan, terutama mereka yang memiliki kepentingan bisnis terkait barang yang dikirimkan.

Maraknya marketplace belanja online membuat proses transaksi jual beli semakin ramai. Dengan kata lain, peluang bisnis pengiriman barang juga semakin tinggi.

Hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan yang melebarkan sayap dibidang jasa pengiriman barang. Bukan hanya perusahaan swasta saja, namun Pos Indonesia selaku milik negara juga berbenah dan menerapkan sejumlah kemudahan dalam layanan pengiriman barang.

Saat ini, banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang populer di Indonesia. Bagi anda yang terlibat dalam bisnis online (perusahaan marketplace, penjual dan pembeli), penting untuk memilih layanan yang tepat demi kesuksesan bisnis di masa datang.

Jasa Pengiriman Barang Terbaik

1. Gosend

gosend jasa pengiriman barang terbaik

Gojek merupakan perusahaan teknologi buatan anak bangsa yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Berdiri tahun 2010 di Jakarta, perusahaan milik Nadiem Makarim ini telah tersedia di 50 kota seluruh Indonesia.

Selain sebagai layanan angkutan orang, Gojek juga mengeluarkan layanan pengiriman barang yaitu Gosend (dulunya Instant Courier). Dimana anda bisa mengirim barang dalam waktu singkat dengan jarak tempuh maksimal 25 kilometer.

Bagi anda yang sering belanja online, anda bisa memakai layanan ini, baik gosend instant maupun gosend same day.

2. Grab Express

grab express jasa pengiriman barang terbaik

Grab merupakan perusahaan teknologi yang bermarkas di Singapura. Perusahaan ini melayani aplikasi penyedia transportasi dan sudah tersedia di 6 negara Asia Tenggara yaitu Malaysia, Vietnam, Indonesia, Singapura, Filipina dan Thailand.

Awalnya grab hanya melayani transportasi angkutan saja. Namun kini sudah mempunyai layanan lain seperti pengantaran makanan bahkan pengiriman barang layaknya gojek.

Bagi para pelaku bisnis, anda dapat menggunakan layanan grab instant dan grab same day sebagai partner bisnis anda.

3. POS Indonesia

Pos Indonesia merupakan jasa pengiriman yang tertua dan terlaris di Indonesia. Berdiri 20 Agustus 1746 dan memiliki kantor pertama di Batavia Jakarta.

Sebelum maraknya jasa ekspedisi, Pos Indonesia sudah menjadi andalan sekaligus langganan masyarakat untuk mengirim surat. Bahkan juga melayani pengiriman dokumen dan uang di seluruh Indonesia.

Bagaimana sekarang? Pos Indonesia juga berbenah dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Kini juga hadir layanan pengiriman paket yang tentunya juga bersaing dengan ekspedisi lainnya.

4. JNE Express

JNE Express kurir paket

JNE merupakan jaringan kurir internasional yang terlaris dan tertua di Indoneia. Berdiri 26 November 1990 dengan nama perusahaan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE).

Awalnya perusahaan ini hanya melayani impor kiriman barang serta pengantaran dari luar negeri ke Indonesia. Namun melihat perkembangan jasa ekspedisi, akhirnya JNE memperluas jaringan domestik.

Mau jualan di Tokopedia? Baca Cara Buka Toko di Tokopedia


JNE dan Tiki berkembang dan menjadi perusahaan dengan visi masing-masing. Bahkan sudah menjadi saingan selama bertahun-tahun. Tak heran jika JNE akhirnya menjadi perusahaan dengan managemen sendiri bahkan membuat logo sendiri agar beda dari Tiki.

5. TiKi

kurir titipan paket kilat

Tiki merupakan perusahaan yang awalnya berinduk dari JNE. Namun sekarang sudah menjadi perusahaan sendiri dibidang ekspedisi.

Walaupun begitu, Tiki menjadi perusahaan pengiriman barang swasta yang bersaing ketat dengan perusahaan lain. Bahkan Tiki mampu bertahan dan masih menjadi langganan masyarakat untuk mengirim barang dengan harga yang murah.

6. Wahana

wahana logistik

Wahana merupakan perusahaan pengiriman dokumen dan barang. Berdiri sejak Juni 1998 dengan nama perusahaan PT. Wahana Prestasi Logistik.

Diawal peluncurannya, Wahana Courier hanya memiliki karyawan 5 orang dan melayani jasa pengiriman barang dokumen di lingkup kota Jakarta saja.

Namun sejak 2020, Wahana mulai berkembang dengan melayani pengiriman paket atau barang dengan tujuan kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Sering Belanja di Tokopedia? Baca Cara Mendapatkan Cashback di Tokopedia


Pada Juli 2005, terjadi peningkatan dalam pelayanan yaitu pengiriman ekspor lewat udara dan membuka cabang di Singapura. Sampai sekarang, Wahana Logistik sudah memiliki 44 kantor cabang utama di Indonesia, Singapura dan Malaysia.

7. J&T

Jnt kurir express

J&T merupakan perusahaan pengiriman barang untuk mendukung bisnis online. Berdiri tahun 2015, jasa pengiriman ini tentu dapat bersaing dengan memberikan layanan terbaik dengan ongkos kirim lebih hemat. Bahkan tersedia layanan jasa jemput paket gratis sehingga pengiriman lebih cepat.

Dengan beberapa inovasi tersebut, layanan yang diberikan J&T cukup memuaskan untuk mengirim paket ke seluruh Indonesia. Menariknya, pihak J&T tidak menetapkan tarif atau berat minimal untuk layanan jemput barang.

8. SiCepat

sicepat ekspress

SiCepat merupakan perusahaan ekspedisi yang meliputi transportasi udara dan darat. Berdiri tahun 2004, SiCepat termasuk salah satu saingan dari J&T dan JNE.

Dengan slogan “Your Delivery is Our Priority“, SiCepat hadir sebagai partner terpercaya khususnya bagi bisnis online dan marketplace di seluruh Indonesia.

Selain itu, SiCepat juga memberikan layanan jemput barang layaknya J&T. Karena agen Sicepat sudah tersedia di berbagai titik, terutama di wilayah jabodetabek.

9. Ninja Express

ninja kurir

Ninja Express merupakan layanan logistik asal singapura. Perusahaan ekspedisi ini memiliki pasar di berbagai negara termasuk Asia, Afrika, Amerika, Turki dan Timur Tengah.

Sampai saat ini, Ninja Express sudah memiliki 3.000 klien dan mampu mengirim 15.000 paket setiap harinya. Hal ini tentu sesuai dengan slogan perusahaan “Layanan Pengiriman Paket yang Mutakhir”.

Perlu anda ketahui bahwa Ninja Express juga melayani jemput barang kerumah secara gratis. Jadi sangat cocok bagi anda yang jualan online di marketplace.

10. Anteraja

Anteraja merupakan perusahaan penyedia jasa pengiriman barang dengan basis teknologi. Walaupun terbilang masih baru, namun Anteraja tampil beda dibandingkan kurir lainnya.

Anteraja muncul sejak Desember 2019 dan diklaim sudah berjalan baik sekitar 6 bulan terakhir. Tak heran jika pilihan kurir Anteraja baru tersedia di platform tokopedia saja.

Pengen ganti nama toko? Baca Cara Mengganti Nama Toko di Tokopedia


Berbeda dengan ekspedisi lain yang harus datang ke counter, Anteraja cukup by pick up saja. Jadi mau kirim barang ataupun terima barang, sudah bisa secara online. Nanti barang akan di ambil dan diantar oleh Satria (panggilan kurir Anteraja).

Demikian 10 jasa pengiriman barang untuk bisnis online dengan review terbaik. Bagi anda yang jualan di marketplace, pilihan kurir sangat menentukan kesuksesan bisnis jualan anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar