Investasi Emas Antam: Pilih Teknik Klasik atau Tabungan Emas?

Investasi Emas Antam – Saat ini, investasi emas masih didambakan dan menggiurkan bagi setiap orang. Harga yang stabil bahkan cenderung naik setiap tahunnya, emas batangan menjadi salah satu investasi yang menguntungkan.

Perlu anda ketahui bahwa investasi merupakan proses dimana anda menyimpan atau membelanjakan uang dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Salah satu produk investasi yang sangat menjanjikan hingga sekarang adalah investasi emas.

Investasi emas disini bukan pada emas perhiasan, melainkan pada emas batangan logam mulia. Dimana salah satu produsen emas batangan yang terkenal adalah emas Antam.

Sekilas tentang Emas Antam

Emas batangan Antam Logam Mulia (LM) diproduksi oleh PT Aneka Tambang, tbk. Berdiri tahun 1968 dan sudah menjadi produsen emas batangan sejak 1937.

Sejak 1937, PT Antam dibawah naungan BUMN dengan memiliki tambang dan pemurnian emas. Termasuk mengolah dan memurnikan perak hingga platina.

Saat ini, emas Antam menguasai 90% pangsa pasar, sedangkan sisanya 10% dikuasai oleh emas UBS. Perbedaan lainnya sudah dijelaskan secara lengkap dalam artikel berikut:

Sebelum membahas cara investasi emas Antam. Yuk ketahui kenapa harus berinvestasi emas batangan Antam!

7 Alasan Berinvestasi Emas Antam

investasi emas antam

Banyak alasan kenapa anda harus berinvestasi emas batangan yang ke spesifik ke Antam. Selain menguasai pangsa pasar, terpercaya, banyak alasan lain sehingga membuat anda yakin untuk membeli dan berinvestasi emas Antam secara aman dan menguntungkan.

Mengapa berinvestasi emas Antam? Kenapa bukan emas UBS? Apa kelebihan dan keuntungan dari investasi emas Antam? Yuk ketahui!

1. Terpercaya

Seperti yang saya katakan diatas, emas Antam diproduksi oleh PT Antam. Dimana perusahaan ini dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara.

Selain itu, produk emas batangan Antam juga berkualitas ekspor. Bahkan perusahaan ini memiliki konsumen yang loyal di Eropa dan Asia.

2. Sertifikat Nasional dan Global

Semua produk usaha Antam telah mendapatkan jaminan kualitas dalam bentuk akreditasi dari lembaga sertifikasi berskala nasional maupun global.

Sejak 1 Januari 1999, Antam Logam Mulia mendapatkan akreditasi dari LBMA (London Bullion Market Association) yang termasuk dalam Good Delivery List.

3. Dapat Diperdagangkan secara Nasional dan Global

PT Antam termasuk perusahaan pemurnian dengan produk yang telah terakreditasi oleh LBMA dan memenuhi standar untuk diperdagangkan pada pasar OTC global yang akan muncul pada Good Delivery List. Bahkan Antam Logam Mulia adalah satu-satunya perusahaan dan pemurnian emas di Indonesia yang memiliki sertifikat LBMA.

Artinya apa? Anda bisa memperdagangkan emas Antam baik di seluruh Indonesia maupun internasional.

4. Tersedia Berbagai Ukuran

Pecahan emas batangan Antam tersedia berbagai ukuran. Anda bisa menemukan emas Antam berukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram dan 1 kilogram.

Dengan begitu, anda bisa berinvestasi emas batangan menyesuaikan dengan dana yang anda punya.

5. Memiliki Aplikasi CertiEye

Sejak 2018, PT Antam mengeluarkan emas batangan dengan cetakan press. Dimana kemasan ini lebih aman dan praktis.

Jika dulunya sertifikat terpisah hanya berupa kertas. Pada cetakan press ini, emas terlaminasi dengan kartu sertifikat yang biasa disebut Certicard.

Bukan hanya itu, PT Antam juga mengeluarkan aplikasi CertiEye. Aplikasi ini berfungsi untuk mengecek keaslian emas.

  1. Cukup download aplikasi CertiEye di play store atau App Store.
  2. Selanjutnya anda scan pada barcode emas cetakan press. Barcode ini berada dibagian bawah emas sisi belakang.
  3. Setelah di scan, akan muncul logo Antam dan spesifikasi keaslian emas.

6. Mudah Dicari

Emas batangan antam mudah ditemukan. Tak heran jika emas Antam menguasai 90% pangsa pasar.

Anda bisa membeli emas di PT Antam, Toko Perhiasan, dan bisa juga secara online di marketplace terpercaya seperti Bukalapak dan Tokopedia.

7. Mudah Dijual Kembali

Selain mudah dicari dan dibeli, emas Antam juga sangat mudah untuk dijual kembali.

Hal ini yang juga membuat setiap orang tergiur untuk berinvestasi emas. Karena emas Antam bisa dijual kapan saja dan dimana saja; baik ke pegadaian, reseller emas maupun secara online.

Baca juga: Keuntungan Investasi Emas

2 Cara Investasi Emas Antam Bagi Pemula

investasi emas antam

Berikut 2 pilihan teknik berinvestasi emas Antam bagi pemula namun sangat menguntungkan.

1. Investasi Emas Klasik

Cara pertama berinvestasi emas Antam adalah dengan teknik investasi emas klasik. Dimana anda membeli emas ketika harga murah, lalu menjualnya saat harga emas lagi naik.

Saat ini, harga emas stabil dan cenderung naik setiap tahunnya. Bahkan Anda akan melihat kenaikan harga emas pada 1 – 3 bulan setelah membelinya.

Dalam jangka 3 bulan Anda bisa mendapatkan untung diatas Rp 50.000. Itu hanya per gram, bagaimana jika anda memiliki banyak emas batangan? Dan menjualnya setelah 5 tahun sampai 10 tahun? Menarik bukan?

2. Menabung Emas

Cara kedua untuk berinvestasi emas Antam adalah dengan menjadikan emas sebagai tabungan.

Menabung emas disini adalah benar-benar anda menabung menggunakan emas bukan uang. Anda bisa menabung emas fisik di rumah. Tidak perlu banyak, cukup tiap bulan menabung emas 0,5 – 2 gram saja.

Tabungan emas ini bisa Anda gunakan sebagai alat untuk membeli berbagai kebutuhan. Misalnya untuk membeli motor, mobil, biaya haji dan umroh, menikah dan pendidikan anak.

Lah sama aja dengan menabung uang tunai donk? Tentu beda. Karena konsep menabung emas tidak akan mengenal yang namanya inflasi.

Tabungan emas akan tetap utuh bahkan nilainya cenderung meningkat meski ada inflasi pada produk di masa depan. Dimana kenaikan inflasi akan segera tertutupi dengan harga emas per gram.

Terus, kapan waktu yang tepat untuk membeli emas Antam? Kapan harga emas Antam menjadi murah?

Waktu yang tepat untuk membeli emas batangan Antam adalah sekarang. Karena grafik harga emas stabil dan cenderung naik.

Anda bisa membeli secara langsung di PT Antam atau di toko emas perhiasan. Namun cara ini tidak saya sarankan.

Anda bisa membeli emas di marketplace terpercaya seperti bukalapak dan tokopedia. Hal ini lebih mudah dan marketplace memiliki sistem pembayaran yang aman.

Bukan hanya itu, anda bisa menggunakan cashback ketika membeli emas di tokopedia. Bagaimana caranya? Sudah dijelaskan secara lengkap dalam artikel berikut:

Hal ini tentu sangat menguntungkan terutama harga emas diatas 800 per gram. Sehingga potensial cashback yang didapatkan sepadan dengan harga emas 0,5 gram.

Demikian alasan dan cara cerdas investasi emas batangan Antam. Jika ada yang ingin berdiskusi, silahkan kirim pesan melalui komentar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar