12+ Ide Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga

  • Whatsapp

Menjadi ibu rumah tangga yang membutuhkan pemasukan tambahan tentu tidak mudah. Selain mengurus rumah, juga harus memikirkan bagaimana membangun usaha sendiri. Tenang saja karena ada begitu banyak ide bisnis rumahan yang sukses dan bisa dilakoni modern ini. Dengan modal kecil, usaha bisa menghasilkan omset yang besar.

Semua kemudahan adalah berkat internet, di mana masyarakat mudah untuk berbelanja dan penjual pun cukup membuka toko online. Tinggal bagaimana menerapkan model usaha yang sedang dibutuhkan masyarakat banyak. Bagaimana caranya memanfaatkan usaha rumahan supaya beromset besar tergantung jenis ide usahanya.

Ide Bisnis Rumahan Bisa Mendatangkan Omset Besar

Ada berbagai model usaha yang sebenarnya bisa diterapkan di rumah, karena kebutuhan manusia semakin beragam maka kesempatan inilah yang tak boleh dilewatkan. Ibu rumah tangga yang masih memiliki banyak waktu luang pasti ingin memanfaatkan waktu ini agar bisa menghasilkan. Ada banyak ide bisnis rumahan baik itu online dan offline berikut ini bisa kamu praktekkan.

1. Produksi camilan atau snack

Makanan selalu menjadi ide yang tidak pernah merugikan, asal kamu tahu apa saja jenis makanan yang laris di pasaran. Camilan atau snack bisa jadi pilihannya, karena makanan ringan ini begitu banyak diminati semua kalangan.

Baik itu tua, muda hingga remaja membutuhkannya. Selain itu camilan termasuk bisnis rumahan yang menjanjikan karena bisa menghasilkan omset yang cukup tinggi. Kamu hanya perlu menciptakan kreasi snack sendiri seperti keripik, kerupuk atau camilan kering lainnya.

2. Budidaya tanaman

Punya sisa halaman yang cukup luas di rumah? Kamu bisa memanfaatkannya sebagai ruang usaha. Tanaman selalu digandrungi ada pasti ada jenis tanaman yang booming hampir setiap bulannya. Kesempatan ini bisa dipergunakan untuk mencari keuntungan.

Cukup menanam tanaman dalam pot saja, jika jenis tanamannya sedang naik daun kamu bisa menjualnya dengan harga di atas 50 ribu loh. Bayangkan saja jika sehari ada 10 tanaman yang laku, omsetnya cukup besar bukan.

Selain itu, budidaya tanaman sangat strategis dan memiliki peluang besar untuk dijadikan bisnis di desa tempat kamu tinggal. Bahkan usaha rumahan ini hanya memerlukan modal awal 50 ribu saja, tentu sudah cukup untuk membeli bibit tanaman.

3. Air minum isi ulang

Kebutuhan air selalu jadi yang terpenting dan manusia sangat membutuhkan air bersih untuk konsumsi sehari-hari. Air minum isi ulang bisa jadi ide bisnis rumahan yang pastinya menguntungkan. Kamu hanya perlu menyiapkan ruang untuk alat dan jasa antar air.

Sudah pasti usaha ini akan laris manis di pasaran. Apalagi jika kamu saat ini tinggal di pemukiman yang padat penduduk. Harga air isi ulang tergolong murah dan banyak dipilih sebagian besar masyarakat. Apalagi dengan adanya layanan antar, kamu bisa membebankan jasa antar kepada konsumen untuk mendapatkan untung lebih.

4. Kerajinan barang bekas

Membuat kerajinan selalu menjadi ide usaha rumahan kreatif. Apalagi jika material yang digunakan menggunakan barang bekas. Modal yang dimiliki adalah kreativitas untuk mengolah sampah menjadi barang yang bernilai berbentuk kerajinan.

Saat ini cukup banyak di Indonesia yang memanfaatkan ide bisnis rumahan ini dan akhirnya mendapatkan omset cukup besar. Salah satu contohnya adalah tas belanja dari bungkus plastik makanan. Ada juga yang membuat dompet dari kertas majalah bekas.

5. Frozen food

Makanan beku juga bisa jadi bisnis rumahan online yang menarik untuk diwujudkan. Mengapa? Karena biasanya harga frozen food rumahan lebih murah. Jika kamu pandai memasak, bisa juga memproduksi frozen food sendiri justru bisa mendatangkan untung lebih banyak.

Tapi jika kamu merasa belum mahir dalam menciptakan makanan, bisa juga menjadi reseller produk makanan beku. Modalnya adalah freezer dan juga pemasaran yang jitu. Kamu bisa mulai untuk memasarkannya ke tetangga sekitar dan lama-kelamaan merambah ke dunia online.

6. Dropshipper atau reseller

Zaman sudah berkembang dan semua usaha berbasis online. Sudah saatnya bagi kamu untuk mempelajari model bisnis toko online yang sering dibuka di marketplace. Jika kamu tidak memiliki produk, bisa memilih model bisnis dropship. Tugas kamu hanya mencari supplier terpercaya dan mencari konsumen.

Jika menjadi dropshipper kurang mendatangkan omset besar dalam waktu pendek, kamu bisa menjadi seorang reseller. Syaratnya modal harus lebih besar dan kamu harus mencari supplier yang terpercaya. Kamu bisa membuat toko online dan menjual barang-barang yang sudah dibeli dari supplier secara langsung.

7. Katering sehat atau rumahan

Ahli dalam memasak? Jika kamu adalah ibu rumah tangga yang memiliki talenta memasak sebaiknya kebangkan bakatmu. Cobalah untuk usaha online katering sehat atau katering makanan rumahan. Saat ini ada begitu banyak karyawan yang ingin memenuhi asupan nutrisi tubuh dengan tepat melalui masakan rumahan.

Kesempatan inilah yang bisa kamu manfaatkan. Hal yang perlu kamu belajar terlebih dahulu adalah mengenai kandungan nutrisi dalam setiap masakan. Dengan begitu kamu bisa berkreasi menciptakan menu makanan sehat yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan.

8. Jasa penerjemah

Bagi ibu rumah tangga milenial yang sangat suka bekerja dengan laptop, bisa memilih job sebagai penerjemah. Saat ini ada banyak platform pekerjaan yang menawarkan banyak lowongan menjadi penerjemah. Biasanya berbentuk proyek yang harus kamu selesaikan dalam tenggat waktu tertentu.

Asalkan kamu menguasai bahasa asing atau bahkan ada juga yang membutuhkan kemampuan bahasa daerah tertentu usaha ini sangat menyenangkan. Kamu bisa membuka jasa penerjemah dokumen dan raihlah untuk memiliki sertifikasi agar dipercaya oleh klien.

9. Penjahit

Ide bisnis rumahan selanjutnya yang cukup mendatangkan omset besar adalah menjadi seorang penjahit. Untuk mendapatkan keahlian menjahit kamu bisa mengikuti kursus dan mendapatkan sertifikasi. Kamu bisa mengambil banyak pekerjaan jahitan secara personal atau dari instansi.

Jika keterampilan menjahit yang kamu miliki cocok dengan banyak klien maka kesempatan ini harus terus kamu kembangkan. Hingga akhirnya usaha jahitan yang kamu miliki bisa berkembang dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

10. Usaha Laundry

Bisnis laundry kian meroket. Jasa pencucian pakaian ini pun merambah ke produk sepatu, boneka hingga pakaian yang dicuci dry clean. Kamu pun bisa melakukannya di rumah dan membuat usaha laundry sendiri. Mulailah dengan membeli mesin cuci dengan cara mencicil sehingga modal bisa lebih hemat.

Supaya usaha laundry makin laris, kamu juga bisa membuat layananan antar jemput laundry. Biaya laundry bisa dihitung berdasarkan kilo, jenis pakaian atau kain yang dicucikan. Karena banyak orang yang suka mencucikan selimut, sprei dan bed cover yang untungnya sangat tinggi.

11. Minuman Thai Tea

Jika kebetulan lokasi rumah strategis seperti di pinggir jalan raya, kamu bisa memilih ide bisnis rumahan ini. Berjualan minuman jauh lebih menguntungkan karena omset yang didapatkan bisa lebih besar jika kamu  berhasil menjualnya di daerah ramai.

Karena modal dari berjualan minuman thai tea adalah bubuk minuman, kemasan menarik dan pemasaran yang pintar. Apalagi jika lokasinya mudah ditemukan maka usaha ini bisa mendatangkan omset besar.

12. Menyewakan peralatan bayi

Kini tempat persewaan peralatan bayi seperti stroller, tempat duduk untuk makan bayi, steamer botol susu dan masih banyak lagi usaha rumahan yang lagi trend. Banyak sekali keluarga yang tak ingin membeli peralatan untuk bayi karena biasanya hanya digunakan dalam waktu singkat.

Kesempatan inilah yang harus kamu manfaatkan untuk mendapatkan omset besar. Kamu hanya perlu modal untuk membeli peralatan bayi tersebut dan menyewakannya harian, mingguan maupun bulanan.

Semua ide bisnis rumahan ini dijamin bisa mendatangkan omset yang besar asalkan kamu tekun untuk menjalankannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *