Rekomendasi Game Edukasi Untuk Anak Anak Lengkap di PC

game untuk anak anak

Sebuah game untuk anak anak bukan hanya untuk hiburan semata, namun perlu ada edukasi dalam setiap game yang dimainkan. Nah, berikut kami berikan beberapa rekomendasi game edukasi anak lengkap di pc beserta manfaatnya.

Sebagai orang tua, penting untuk memilih game yang memberikan nilai positif bagi anak kita. Selain sebagai hiburan, game menjadi penentu dalam banyak hal bagi anak di masa usia mereka.

Makanya, penting bagi orang tua untuk memilih game edukasi yang mampu memberikan stimulasi perkembangan positif pada anak. Baik perkembangan fisik, motorik, kemampuan berifikir, psikososial dan keberanian dan kecerdasan lainnya.

Arti Game Edukasi Anak Lengkap

Game edukasi terdiri dari dua kata, yaitu game dan edukasi.

Game merupakan suatu permainan untuk hiburan dengan aturan yang berbeda-beda sesuai jenis game tersebut. Contoh game diantaranya; game puzzle, simulasi, olahraga, permainan kata, aksi petulangan, dan sebagainya.

Sedangkan edukasi merupakan sebuah kata lain dari pendidikan, dimana jika digabungkan, game edukasi merupakan game yang tidak hanya hiburan saja, namun terdapat nilai pendidikan dari setiap permainan bagi anak sesuai usia mereka.

Dengan kata lain, game edukasi adalah sebuah permainan yang fungsinya untuk meningkatkan daya pikir, konsentrasi dan pemecahan suatu masalah.

Bukan hanya itu, melalui game edukasi, anak anak akan melakukan fantasi sesuai game yang mereka mainkan. Sehingga setiap daya pikir yang mereka dapatkan dari sebuah game, akan merangsang perkembangan sosial, emosi, dan juga perkembangan fisik.

Manfaat Game Edukasi Untuk Anak

Sekali lagi, game bukan hanya sebatas hiburan saja, namun game juga mampu memberikan sisi positif terhadap aktivitas dan perkembangan otak. Nah, berikut beberapa manfaat dari game edukasi untuk anak anak.

1. Melatih Konsentrasi Anak

Game edukasi anak dibuat khusus untuk menggali kemampuan pada anak. Salah satu manfaatnya yaitu untuk melatih konsentrasi anak.

Misalnya game Puzzle, sebuah permainan yang memiliki misi untuk menyatukan berbagai potongan-potongan gambar sehingga menjadi bentuk gambar yang utuh.

Dari permainan Puzzle, seorang anak akan dituntut untuk fokus pada bentuk dan gambar dilayar. Permainan ini tidak membuat anak melakukan aktivitas fisik secara berlebihan, melainkan fokus untuk konsentrasi dalam menyatukan setiap pecahan gambar menjadi gambar yang utuh.

2. Melatih Kemampuan Motorik

Game edukasi juga mampu merangsang kemampuan motorik (kasar dan halus) pada si anak.

Kemampuan motorik kasar akan didapat dari aktivitas menggerakkan, melempar dan aktivitas fisik lainnya. Sedangkan kemampuan motorik halus lebih fokus pada aktivitas fisik ringan seperti meraba dan memegang menggunakan lima jari tangannya.

3. Melatih Wawasan dan Bahasa

Salah satu hal paling umum diketahui dari manfaat game edukasi adalah untuk melatih kemampuan bahasa dan wawasan.

Sekarang sudah banyak game pc online untuk anak untuk melatih bahasa asing seperti bahasa inggris. Misalkan menebak bahasa inggris dari sebuah benda, buah-buahan, angka dan sebagainya.

4. Mengenal Warna dan Bentuk

Bagi anak usia dibawah 10 tahun, sudah tersedia permainan yang mampu mengenalkan berbagai macam warna dan bentuk.

Misalkan game edukasi yang menebak bentuk kontak, bulat, segitiga dan bentuk lainnya. Termasuk juga menebak warna gambar mulai dari warna merah, kuning, hijau, ungu, biru dan sebagainya.

5. Mengenal Buah dan Sayur

Banyak juga game edukasi yang fungsinya untuk mengenalkan buah dan sayur. Permainan ini pasti disukai oleh anak anak perempuan. Apalagi jika mereka suka bermain jual jualan.

Selain itu, sudah tersedia game seputar sayur dan buah yang dilengkapi dengan pengenalan bahasa inggris. Sehingga dari satu game edukasi saja, anak akan banyak mendapatkan berbagai pengetahuan.

6. Mengenal Huruf dan Angka

Nah, manfaat terakhir dari game edukasi adalah untuk mengenalkan huruf dan angka.

Hampir kebanyakan game edukasi merupakan game yang melibatkan huruf dan angka. Tentu sangat bagus bagi anak yang ingin belajar membaca, menghitung dan sebagainya. Bahkan sudah dikombinasikan dengan pengenalan bahasa asing sehingga sangat cocok untuk melatih kemampuan dasar pada anak kecil.

Baca juga: 5 Daftar Situs Download Game PC Terbaik

Game Edukasi Untuk Anak Anak Lengkap di PC

Nah, bagi anda yang sedang mencari game anak di pc, sudah hadir sebuah platform yang menyediakan berbagai permainan edukatif khusus untuk anak anak.

Plays.org merupakan situs yang dirancang untuk bermain game secara online dan dikhususkan untuk anak anak. Berbagai jenis game edukasi tersedia dan super lengkap. Mulai dari game puzzle, kuis, matematika, strategi, game ulang tahun anak anak, olahraga, dan hampir semua jenis game yang tentunya memiliki manfaat positif bagi anak umur 3 tahun hingga dewasa.

1. Blocky Puzzle

game edukasi untuk anak anak

Game puzzle memang paling cocok untuk dimainkan anak kecil yang fungsinya untuk mengasah kemampuan berfikir.

Cara bermain game blocky puzzle sangat mudah. Dimana kita menyusun potongan kotak menjadi satu kesatuan pada kontak yang sudah disediakan.

2. Game 2048

game untuk anak anak

Salah satu game yang saya sukai dan cocok untuk anak anak adalah game 2048.

Cara bermain game 2048 adalah dengan menyatukan kotak yang bernomor kelipatan dari angka 2, 4, 8, 16 dan seterusnya sehingga menjadi angka 2048.

Game ini fokus pada kemampuan matematika sehingga perlu konsentrasi dan fokus menghitung kelipatan dari angka tersebut agar bisa disatukan. Selain itu, perlu strategi yang benar agar bisa berhasil mencapai angka 2048.

3. Play Batman Lego

game lego

Salah satu game yang saya sukai yaitu play batman, dimana misinya yaitu untuk mengumpulkan pecahan balok Lego dan harus menjauhi dari berbagai rintangan dan serangan dari musuh.

Game ini termasuk game edukatif karena memiliki misi untuk mengumpulkan lego namun harus melewati berbagai rintangan yang ada. Tentu sangat cocok untuk melatih anak untuk fokus konsentrasi dan melakukan strategi permainan agar berhasil mengumpulkan lego sebanyak mungkin.

Sebenarnya masih banyak game lain yang bisa dimainkan. Bahkan bisa dibilang situs plays.org menyediakan ribuan game yang super lengkap untuk anak kecil hingga anak dewasa.

Untuk list gamenya, kita bisa kunjungi melalui plays.org/games/, setelah itu kita bisa memilih game mana yang ingin kita mainkan.

Selain lengkap, kita bisa memainkan semua jenis game secara gratis melalui browser laptop. Jadi tidak perlu repot untuk mengunduh game terlebih dahulu.

Jika bingung cara bermainnya, sudah tersedia tutorial dari setiap game. Selain itu, situs ini sangat ringan diakses untuk bermain game di pc dan tentunya sangat user friendly bagi pengguna baru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *