8 Film Korea Terbaik Rating Bagus

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya sepanjang pandemic covid19 permintaan akan drama dan film Korea terus meningkat. Terlebih saat ini akses legal terhadap film dari negeri ginseng tersebut dapat dengan mudah ditemukan di platform streaming online seperti Netflix dan Viu.

Korea Selatan dikenal tidak hanya mampu membuat jalinan cerita yang menyayat hati tetapi juga mampu membuat film dengan cerita dari berbagai macam genre. Berikut ini beberapa film drama Korea dari berbagai genre yang menurut broflix adalah film korea terbaik.

Kumpulan Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

1. Parasite (2019)

film korea terbaik parasite

Siapa yang tidak tahu film ini? Parasite atau Gisaengchung adalah film non bahasa Inggris pertama yang menjadi pemenang Best Picture Oscar selama 92 tahun acara penghargaan terkemuka tersebut digelar.

Film bergenre thriller dan dark comedy ini berkisah tentang keluarga Kim yang berjuang melawan kemiskinan dengan cara yang tidak wajar. Alur cerita film ini dibuat sedemikian rupa sehingga penonton diajak berpikir sekaligus mengikuti perpindahan genre dengan mulus.

Selain dipuji oleh penonton dan kritikus, film ini juga sukses secara komersial. Menurut publikasi di laman Wikipedia.org, Parasite menuai pendapatan sebesar 258 juta USD padahal bujet produksi film tersebut hanya 19 juta USD.

2. Memories of Murder (2003)

memories of murder

Memories of Murder adalah karya kolaborasi pertama Bong Joon-ho dan Song Kang Ho sebelum pada akhirnya keduanya sering membuat proyek kolaborasi bersama termasuk Parasite. Kali ini Song berperan sebagai Park Doo-man, detektif dari pelosok daerah yang bertugas menyelidiki kasus pemerkosaan dan pembunuhan berantai di daerahnya pada tahun 1986.

Hingga tulisan ini ditulis, Memories of Murder telah direview oleh 137 ribu suara dan memperoleh rating 8,1 di situs iMDB. Sementara itu di situs Rotten Tomatoes film ini mendapatkan rating 94% dari lebih dari 11 ribu penonton dan 65 tomatoer.

3. A Taxi Driver (2017)

a taxi driver

Song Kang-ho membuktikan kalau dirinya adalah aktor yang mampu memerankan karakter di berbagai genre film.  Jika dua film sebelumnya dia memainkan sosok bapak dan detektif dalam film bergenre thriller dan aksi, kini dia berperan sebagai single parent yang harus memenuhi kebutuhan hidupnya dan anaknya.

Pada awal cerita dikisahkan bahwa karakter pak Kim (Song) memang hanya fokus pada mencari uang. Namun lama kelamaan hati nuraninya terketuk ketika dia terpaksa harus mengantar Jürgen Hinzpeter, seorang wartawan asal Jerman yang berusaha meliput konflik di Gwangju.

Meskipun berdasarkan kisah nyata dari seorang wartawan Jerman, film ini banyak dibumbui fiksi mengingat pada kejadian aslinya sang sopir taksi tidak diketahui nama aslinya dan tidak bercerita banyak mengenai kehidupannya. Walaupun begitu alur cerita dalam film bergenre historical action ini terbilang mulus dan minim plot hole.

4. 1987: When the Day Comes (2017)

when the day comes film korea terbaik

Sama seperti halnya the Taxi Driver, film 1987: When the Day Comes adalah film bergenre historical action.  Film ini juga di adaptasi dari kisah nyata dan memiliki  beberapa keterkaitan dengan setting waktu fil the Taxi Driver.

Hanya saja film ini memandang  konflik yang berlangsung dari sudut pandang pelaku konflik itu sendiri. Jaksa Choi yang diperankan oleh Ha Jung-woo mengawali cerita di film ini dengan  menolak permohonan kremasi salah satu aktivis mahasiswa yang meninggal. Keputusan Jaksa Choi ini lantas membuat informasi mengenai kematian aktivis tersebut tercium dan mulai diselidiki oleh media.

Film ini sedikit banyak mencerminkan kondisi yang sama yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998. Dengan jalinan cerita yang rapi penonton dari Indonesia seolah sedikit banyak di ajak untuk menelusuri konflik pada waktu itu.

Pastikan Anda menonton film ini dalam keadaan fit dan sadar. Karena akan banyak tanggal dan clue yang harus Anda perhatikan di sepanjang film.

5. Miracle in Cell No. 7 (2013)

miracle in cell no. 7

Jika Anda mencari film Korea yang mampu mengaduk aduk suasana hati Anda, maka Miracle in Cell no.7 adalah jawabannya. Cerita film ini berkutat pada hubungan ayah dan anak yang harus terpisah karena sang ayah harus mendekam di penjara dan bahkan dihukum mati.

Film ini memadukan unsur komedi dan drama sehingga Anda akan tertawa dan menangis di saat yang hampir bersamaan. Selain mendapatkan respons positif baik dari kritikus maupun penonton, film ini juga telah diadaptasi ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Baca juga: 7 Situs Download Subtitle Indonesia FILM Terlengkap

6. The World of Us (2016)

the world of us

Berbeda dari film film sebelumnya yang merupakan film yang rilis di bioskop, the World of Us (2016) tidak dirilis di bioskop melainkan di berbagai festival film di seluruh dunia. Saat ini Anda bisa menyaksikan film ini di platform streaming Asian Crush.

the World of Us merupakan film  yang membahas mengenai permasalahan anak-anak seperti bullying di sekolah, masalah belajar dan hubungan anak tersebut dengan orang tuanya dari sudut pandang anak-anak. Oleh karena itu, 90% pemain film ini adalah anak-anak berusia 11 sampai 12 tahun.

Salah satu keunggulan film ini adalah aktor dan aktrisnya. Walaupun masih berusia muda, aktor dan aktris cilik dalam film ini bermain dengan sangat apik dan natural. Di dukung dengan plot dan sinematografi yang rapi, film ini akan membuat Anda mengingat permasalahan Anda di masa kecil dahulu.

Baca juga: 5 Film Fantasi Terbaik Rating Bagus

7. Train to Busan (2016)

train to busan film korea terbaik

Bagi penikmat film, judul Train to Busan mungkin sudah tidak asing di telinga ya mengingat beberapa tahun lalu film ini juga sempat booming di tanah air. Film Train to Busan adalah film zombie pertama yang berasal dari Korea Selatan. Film yang dibintangi oleh Gong Yoo tersebut sukses menjadi perhatian dunia karena mampu memadukan unsur aksi dan drama keluarga dengan baik.

Film ini berkisah tentang Seok-woo (Gong Yoo) yang mengantarkan Su-an (Kim Su-an) anaknya untuk merayakan ulang tahunnya bersama sang ibu di Busan dengan menggunakan kereta. Tak dinyana beberapa pengunjung kereta tersebut sudah terinfeksi sebuah virus mematikan yang mampu mengubah mereka menjadi zombie.

Train to Busan sukses baik secara komersial maupun kritik. Maka tak heran jika film ini dibuat sekuelnya yang berjudul “Peninsula” pada tahun 2020 lalu.

Itu dia tujuh film dari Korea Selatan yang menurut admin merupakan film terbaik sepanjang masa. Selain tujuh film di atas, Anda juga bisa menyaksikan film film rekomendasi lain seperti The Tale of Two Sister (Horror), Whispering Corridor (Horror), Miss Granny (Komedi, Keluarga) dan lain lain. Selamat Menyaksikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *