Cara Download Video LINE ke Galeri HP

Mas, gimana sih cara download video line? Soalnya saya sering liat video lucu di timeline tapi bingung cara save video line itu ke galeri hp! Jangan khawatir, artikel ini akan membantu Anda dengan mudah dan gratis.

LINE merupakan aplikasi asal jepang yang penggunanya kebanyakan anak muda. Kita bisa mengirim pesan teks, gambar, video bahkan stiker line lucu ke teman maupun ke group yang kita miliki.

Selain itu, LINE juga memiliki fitur timeline dimana kita bisa posting status (story LINE) layaknya facebook. Kita bisa posting story berupa teks, gambar maupun video secara gratis dan mudah.

Sayangnya, LINE tidak menyediakan fitur download pada platformnya. Sehingga bagi kalian yang ingin nonton video line secara offline, perlu cara lain untuk menyimpan video LINE ke galeri hp.

Cara Download Video LINE Tanpa Aplikasi

Cara pertama ini bisa kalian lakukan tanpa aplikasi alias mudah dan cepat. Kita hanya perlu bantuan browser di hp maupun di pc.

Cara menyimpan video line ke galeri hp:

  • Buka aplikasi LINE di HP.
  • Masuk ke bagian tap timeline, lalu cari video lucu yang ingin di save.
  • Selanjutnya klik ikon share / bagikan, lalu klik Salin Tautan.
  • Buka browser di hp atau pc, lalu paste link yang sudah di copy ke address bar browser tersebut.
  • Silahkan putar video. Selama video diputar, kalian klik icon tiga titik di pojok kanan bawah video, lalu klik tombol Download.
  • Maka proses unduhan berjalan dan otomatis video akan tersimpan ke galeri hp kalian.
download video line

Bagaimana? Mudah dan cepat bukan?

Ada beberapa kondisi dimana tombol download tidak muncul sehingga mengharuskan kalian untuk login LINE di browser terlebih dahulu. Tenang saja, aman kok untuk login.

Semua video line dapat diunduh ke galeri, termasuk video dari teman, OA LINE atau akun publik.

Baca juga: Cara Menghapus Kontak Teman di LINE

Aplikasi LINE Downloader

Ada kondisi dimana LINE membatasi untuk mengunduh video dari akun tersebut, sehingga sering kali gagal ketika mengunduh video line dengan cara diatas. Namun, kalian tidak perlu khawatir, karena ada cara kedua untuk mendapatkan video tersebut, hanya saja harus menggunakan aplikasi tambahan.

Aplikasi video line downloader yang akan kita gunakan adalah X-plore File Manager. Aplikasi ini bisa Anda unduh gratis di google play store dan app store.

Cara kerja dari aplikasi ini yaitu dengan memanfaatkan cache dari aplikasi line sehingga ketika kita selesai menonton video, secara otomatis akan tersimpan cache di aplikasi tersebut.

Dengan kata lain, kalian perlu menonton video tersebut sampai selesai terlebih dahulu supaya cache video muncul di aplikasi dan bisa diunduh dengan mudah.

Cara save video from line offline / online:

  • Download aplikasi X-plore File Manager terlebih dahulu.
  • Jika sudah diinstal, lalu buka aplikasi line.
  • Cari dan putar video line sampai selesai.
  • Buka aplikasi X-plore File Manager, kemudian buka Memori perangkat (internal storage).
  • Selanjutnya pilih Android, lalu klik Data.
  • Geser ke bagian bawah, lalu buka folder jp.naver.line.android. Pada folder tersebut, klik Cache.
  • Selanjutnya pada folder cache, cari dan klik folder mm.
  • Pada folder mm ini, kita akan melihat semua cache LINE yang berupa teks, gambar, audio, maupun video.
save video line

Sayangnya tidak muncul thumbnail video line sehingga perlu mengecek satu persatu video yang ingin disimpan. Klik satu persatu, lalu buka sebagai Video.

Jika sudah ketemu, silahkan rename supaya mudah diingat dan beri ekstensi .mp4 di akhir nama file. Caranya tekan lama file video tersebut, lalu pilih ganti nama. Maka nanti thumbnail video akan muncul.

Perlu diingat bahwa cache tersebut tidak akan bertahan lama alias bakal terhapus. Sehingga perlu untuk memindahkan file video ke galeri atau folder lain.

Jika bingung, anda bisa share ke whatsapp supaya lebih mudah mencarinya ketika ingin nonton lagi. Cara share, cukup dengan tekan lama video tersebut, lalu pilih bagikan.

Semoga membantu dan gunakan cara ini dengan bijak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *