4 Cara Menonaktifkan Instagram Sementara / Permanen

Pengen berhenti main instagram untuk sementara waktu? Atau malah mau menghapus akun instagram secara permanen? Udah tahu caranya gimana? Berikut artikel tentang cara menonaktifkan instagram sementara dan secara permanen, dijamin ampuh dan berhasil.

Instagram merupakan salah satu #media sosial yang terpopuler sekaligus unik. Pasalnya banyak fitur instagram yang menarik sehingga sulit ditinggalkan oleh penggunanya.

Namun, bukan berarti tidak ada orang yang bosan dan ingin menghapus akun instagram yang mereka miliki. Alasannya beragam, bisa jadi karena bosan, jenuh atau ingin lebih fokus ke suatu hal atau pekerjaan.

Sebenarnya cara menghapus instagram (ig) permanen itu mudah. Bahkan pengguna juga bisa menghapus akun ig secara sementara, sehingga bisa diaktifkan kembali di kemudian hari.

Lalu, gimana cara menghapus akun IG? Simak pembahasannya secara lengkap dan detail sebagai berikut.

Manfaat Menonaktifkan Instagram

Oya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui secara detail apa saja keuntungan jika Anda menonaktifkan akun instagram.

1. Bisa Lebih Fokus

Pasti semua orang tahu kalau aktivitas di media sosial memakan banyak waktu. Terutama di instagram, berbagai postingan foto dan video yang tentu sangat menarik untuk dilihat. Dipastikan lupa waktu, terutama jika banyak akun-akun gosip yang menarik untuk diikuti.

Jika sudah begitu, kita akan terbiasa dan kecanduan untuk selalu membuka instagram. Bahkan dari segi trafik waktu akan naik setiap harinya.

Apa akibatnya? Anda akan lebih cenderung untuk menunda-nunda pekerjaan karena terlalu asyik bermain instagram.

Nah, ada untungnya jika anda ingin menghapus instagram sementara. Anda mungkin bisa lebih fokus menjalani kegiatan dan lebih produktif di dunia nyata.

2. Lebih sehat secara emosional

Mungkin banyak orang merasa bahwa aktivitas di media sosial sangat menyenangkan. Namun tidak jarang yang depresi akibat komentar netizen yang sering kali toxic.

Yang awalnya menyenangkan, jadinya mempengaruhi emosinal pribadi kita. Tak jarang jika kita terlibat dalam pusaran negatif dan akhirnya jadi stres.

Dengan menonaktifkan akun media sosial, anda bisa istirahat sejenak dari media sosial. Setidaknya tidak ada beban pikiran dari hal yang tidak penting, terutama karena media sosial seperti instagram.

3. Bisa lebih bersyukur?

Mungkin terbilang subjektif, karena setiap orang akan merasakan dampak yang berbeda-beda.

Namun, kita tahu bahwa banyak pengguna yang berusia dibawah umur. Bisa jadi ini membawa masalah besar bagi mereka.

Instagram adalah satu-satu nya media sosial yang lebih banyak menampilkan hal-hal yang menjadi kebanggaan. Mulai dari prestasi, barang, bentuk fisik bahkan hubungan pribadi. Hal ini yang menjadi sumber munculnya rasa iri, dan malah bertolak belakang dari inspirasi.

Dengan kata lain, jika kita hanya fokus pada postingan tersebut dan tidak menyikapi secara dewasa. Maka kemungkinan besar kira akan merasa iri. Karena kita lebih fokus pada apa yang mereka miliki, dan menyesali kenapa kita tidak bisa memiliki hal yang sama.

Disitulah kita akan merasa kurang bersyukur bahkan tidak akan pernah bersyukur jika selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jadi, langkah untuk menonaktifkan instagram sangat tepat. Anda tidak melihat lagi “pameran” itu sehingga tidak iri dan bisa lebih bersyukur dengan apa yang kita punya.

Cara Menonaktifkan Instagram Sementara

Sebenarnya anda tidak harus melakukan ini. Jika alasannya tidak ingin aktif di instagram, cukup hapus saja aplikasi instagram dari hp. Baru install lagi ketika ingin main instagram tanpa harus menghapus akun.

Namun, instagram memberikan bantuan atau layanan untuk menonaktifkan akun sementara. Hal ini tidak lain bertujuan membantu pengguna untuk rehat sejenak.

Untungnya, dengan cara ini anda tidak akan kehilangan akun instagram. Nantinya anda bisa mengaktifkan kembali tanpa harus kehilangan data postingan foto, video, followers, like dan komentar di instagram.

Cara menonaktifkan instagram sementara di hp:

cara menonaktifkan instagram sementara
  • Selanjutnya isi password akun, lalu klik tombol yang bertuliskan Akun Dinonaktifkan Sementara / Temporarily disable my account.
  • Setelah itu, muncul pop up konfirmasi, klik Ya / Yes.
  • Selanjutnya akun Anda akan keluar / log out dengan sendirinya. Hal ini menandakan proses penghapusan sementara sudah berhasil.

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dinonaktifkan Sementara

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan akun instagram yang telah dinonaktifkan sementara?

Anda tidak perlu khawatir, akun instagram yang dinonaktifkan sementara dapat diaktifkan kembali. Namun bisa Anda lakukan kurang lebih satu minggu sejak menonaktifkan akun instagram.

Cara mengaktifkan akun instagram:

  • Buka instagram.com di browser hp / pc.
  • Login menggunakan usernam dan password akun yang dinonaktifkan.
  • Jika berhasil, maka akun anda dapat terbuka kembali. Jika tidak, maka akan muncul notifikasi bahwa akun anda belum selesai dinonaktifkan atau belum ada satu minggu sejak anda menonaktifkan akun tersebut.
cara mengembalikan akun instagram yang dihapus

Jadi, anda harus sabar dan tunggu minimal satu minggu. Namun bisa juga sebelum satu minggu untuk membuka akun anda.

Penting: Sejak dinonaktifkan, maka akun tidak bisa dilihat dan juga tidak akan muncul alias hilang di hasil pencarian.

Baca juga: Cara Download Video di Instagram

Cara Menghapus Instagram Permanen

Anda bisa menghapus akun instagram secara permanen. Cara ini hanya disarankan bagi Anda yang sudah yakin ingin berhenti selamanya dan menghapus semua aktivitas di instagram.

Setelah menghapus akun instagram sendiri, semua data postingan foto, video maupun story instagram akan hilang selamanya. Jadi anda harus mempertimbangkan secara matang.

Cara menghapus akun ig permanen di hp / pc:

cara menonaktifkan instagram permanen
  • Selanjutnya, anda harus menjawab pertanyaan kenapa ingin menghapus akun instagram secara permanen.
  • Selesai memilih alasan, akan muncul kolom untuk memasukkan password akun. Jika sudah, langsung klik tombol merah yang bertuliskan Hapus akun saya secara permanen / Permanently delete my account.
cara menonaktifkan instagram permanen
  • Jika muncul konfirmasi, silahkan klik OK.
  • Selesai.

Sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu sebelum menghapus akun ig secara permanen. Disarankan sekali jika anda malah memilih cara pertama, yaitu menonaktifkan akun instagram sementara waktu.

Jadi, setidaknya jika kemudian hari masih butuh dan ingin kembali bermain instagram. Tidak perlu repot dan memulai dari awal, cukup aktifkan akun yang pernah dibuat. Asalkan masih ingat dan menyimpan username dan password instagram.

Baca juga: Cara Melihat Akun Instagram di Private

Cara Menghapus Akun Instagram Orang Lain

Loh, kirain cuma bisa menghapus akun instagram milik sendiri. Ternyata kita bisa juga menonaktifkan akun instagram milik orang lain.

Yah, cara ini berlaku hanya untuk menghapus akun orang lain yang sudah meninggal.

Emangnya ada cara untuk menghapus instagram tanpa username dan password? Ada, bahkan kita tidak perlu login ke akun milik orang tersebut untuk menghapus akun tersebut.

Begini caranya:

  • Cari akun instagram orang lain tersebut.
  • Jika sudah, silahkan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya klik laporkan atau report.
  • Terakhir, klik Ini spam / It’s spam.
cara menghapus akun ig orang lain
  • Selesai.

Semakin banyak orang yang melaporkan, semakin tinggi peluang akun tersebut dihapus. Jadi disarankan meminta bantuan teman atau followers lain untuk melakukan report akun orang tersebut.

Tinggalkan komentar