3 Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp

Sering tergganggu dengan notif WA? Pengen mematikan notifikasi tersebut? Berikut artikel tentang cara menghilangkan notifikasi whatsapp yang mengganggu.

WhatsApp merupakan aplikasi messenger yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan user interface yang sederhana, whatsapp dapat mengirim pesan teks, gambar maupun video.

Setiap pesan whatsapp yang masuk, secara default muncul notifikasi berupa pop up yang menampilkan isi pesan di layar perangkat. Mungkin kalau hanya sedikit saja tidak jadi masalah, namun jika sering mendapatkan notifikasi whatsapp terutama yang tidak penting malah sangat mengganggu dan bikin kurang nyaman.

Terlebih jika anda sedang menonton youtube atau bermain game, notifikasi whatsapp pasti sangat mengganggu. Sehingga perlu untuk mematikan atau menghilangkan notifikasi WA tersebut.

Untungnya asianami sudah menyiapkan caranya pada artikel ini. Anda bisa mematikan notifikasi whatsapp dengan beberapa cara yang mudah dan simpel.

Fungsi Notifikasi WhatsApp

Whatsapp sudah sangat populer dan pasti semua orang sudah beralih menggunakan aplikasi ini untuk mengirim pesan. Selain mudah dan simpel, whatsapp memiliki fitur yang sangat cocok bagi masyarakat.

Bicara notifikasi whatsapp, tentu ada tujuan dan fungsinya. Tidak mungkin whatsapp menyediakan fitur tanpa ada maksud didalamnya, khususnya notifikasi tersebut.

Berikut beberapa tujuan dari notifikasi aplikasi whatsapp:

  • Notifikasi untuk mengingatkan pengguna bahwa ada pesan penting yang harus dibaca. Bagi pengguna whatsapp web juga akan muncul notifikasi bahwa anda sedang menggunakannya, sehingga pemberitahuan ini mengingatkan pengguna untuk log out setelah selesai mengakses whatsapp web.
  • Selain itu, pemberitahuan ini juga sebagai “notif” jika ada pesan atau panggilan whatsapp yang belum anda lihat. Sehingga sangat berguna bagi anda yang sangat sibuk dan jarang online.
  • Notifikasi juga bagian dari keamanan, khususnya pada whatsapp web. Notifikasi akan muncul di akun whatsapp ketika whatsapp web sedang aktif, sehingga pemberitahuan ini untuk memastikan bahwa orang yang login tersebut adalah benar-benar anda.

Itulah sedikit kegunaan dari notifikasi whatsapp, sekarang yuk simak cara menyembunyikan notifikasi dari aplikasi tersebut.

Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Terbaru

Menghilangkan disini bukan berarti secara permanen. Kita hanya mematikan pengaturan notifikasi sehingga pemberitahuan dari whatsapp tidak muncul dan tidak mengganggu pengguna.

1. Ruang Obrolan

Cara pertama ini berguna bagi anda yang ingin dari satu kontak atau lebih. Hal ini sangat cocok bagi anda yang tidak ingin terganggu dari notifikasi group whatsapp yang tidak terlalu penting. Dengan kata lain, anda harus melakukan satu persatu untuk mematikan notifikasi baik dari satu kontak atau group yang ingin dinonaktifkan pemberitahuannya.

Cara menghilangkan notifikasi whatsapp dengan cepat:

  • Buka aplikasi whatsapp di smartphone.
  • Silahkan cari kontak atau group yang ingin anda hilangkan notifikasinya.
  • Buka ruang obrolan chat dari kontak / group tersebut.
  • Selanjutnya klik ikon tiga titik di pojok kanan atas ruang obrolan, lalu pilih Bisukan Notifikasi.
cara menghilangkan notifikasi whatsapp
  • Selesai.

Maka setiap ada pesan dari kontak atau group tersebut, anda tidak akan menerima pemberitahuan atau notifikasi lagi.

Perlu diketahui lagi bahwa hanya pemberitahuan dari kontak yang dipilih saja yang tidak muncul. Namun, notifikasi dari kontak atau group lain tetap akan menampilkan pemberitahuan di layar perangkat.

2. Pengaturan WhatsApp

Cara selanjutnya yaitu dengan mematikan notifikasi melalui pengaturan di aplikasi whatsapp. Cara ini untuk mematikan semua pemberitahuan dari kontak maupun group tanpa terkecuali. Sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan diri dan tidak ingin diganggu.

Cara menyembunyikan notifikasi WA lewat pengaturan whatsapp.

  • Buka lagi aplikasi whatsapp di ponsel.
  • Silahkan masuk ke pengaturan untuk mematikan notifikasi. Caranya klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Setelan.
  • Untuk pengaturan pesan, group dan nada dering panggilan, pilih menu Notifikasi.
cara menghilangkan notifikasi whatsapp
  • Selanjutnya matikan notifikasi percakapan. Termasuk di bagian Pesan & Group, matikan notifikasi pop up agar pemberitahuan tidak muncul di layar atau status bar perangkat.
cara menghilangkan notifikasi whatsapp
  • Selesai.

Cara kedua ini tentu akan mematikan semua notifikasi baik pesan dari kontak dan juga dari group yang anda miliki. Sehingga anda tidak akan menerima pemberitahuan whatsapp dari siapapun.

3. Pengaturan System

Cara ketiga ini hampir mirip dengan cara kedua. Kita akan mematikan perizinan notifikasi whatsapp yang ada di pengaturan aplikasi ponsel. Tentu cara ini lebih mudah dan cepat untuk mematikan notifikasi aplikasi yang terinstall di perangkat android anda.

Bahkan cara ketiga ini bisa juga untuk mematikan notifikasi dari whatsapp web yang sedang aktif. Berikut caranya:

  • Buka setting system di perangkat ponsel.
  • Setelah itu cari dan pilih pengaturan aplikasi.
  • Anda akan melihat semua aplikasi yang terinstall di perangkat android anda. Silahkan cari aplikasi whatsapp (biasanya berada di paling bawah).
  • Pada pengaturan aplikasi, klik bagian Pemberitahuan.
  • Silahkan matikan perizinan notifikasi whatsapp.
cara menyembunyikan pemberitahuan WA
  • Selesai. Maka anda tidak akan menerima pemberitahuan apapun dari aplikasi whatsapp. Sehingga tidak mengganggu anda.

Baca juga: Cara Download Status WhatsApp Orang Lain

Cara diatas saya menggunakan ponsel Samsung A3 2016, jadi disesuaikan saja dengan merk hp masing-masing.

Demikian 3 cara menyembunyikan notifikasi whatsapp dengan cepat. Anda bisa memilih cara yang mana saja dan disesuaikan dengan kebutuhan anda. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar