2 Cara Menghapus Cache di Laptop (Windows 7, 8, 10)

Cara menghapus cache di laptop bisa dilakukan tanpa aplikasi. Hal ini penting supaya kinerja laptop tidak lambat, lemot maupun hang.

Cache adalah sekumpulan data yang tidak permanen. Fungsinya tidak lain supaya data dapat diakses kembali ketika windows membutuhkan. Dengan kata lain, manfaat cache adalah meningkatkan kecepatan kinerja atau berjalannya suatu aplikasi di windows, karena proses permintaan data tidak terlalu lama.

Namun, seiring waktu akan terjadi penumpukan cache. Hal ini yang membuat kinerja windows laptop atau komputer menjadi lemot. Dengan begitu, penting untuk dihapus supaya kecepatan windows laptop semakin ringan alias tidak berat lagi.

Untungnya, ada beberapa cara untuk menghapus cache di laptop, baik di windows 7, 8 ataupun 10. Dengan cara ini, anda bisa melakukan pembersihan cache secara berkala. Sehingga nantinya laptop atau pc memiliki kinerja yang tetap stabil dengan ruang harddisk yang tidak lagi dipenuhi cache yang menumpuk.

Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 7, 8 dan 10

Sekali lagi, saya katakan cara membersihkan cache di laptop dapat dilakukan di semua windows, baik windows 7, 8 dan 10.

1. Fitur Run

Fitur Run berfungsi untuk mencari atau membuka suatu sistem yang berada pada windows. Baik itu berupa program, aplikasi, file, folder dan sebagainya dengan sangat cepat. Dengan kata lain, Perintah run berfungsi sebagai jalan pintas untuk mencari suatu sistem di windows laptop.

Nah, untuk membersihkan cache di laptop, kita harus mengakses folder Temp lewat Fitur Run. Dimana folder ini berisi file sementara atau cache aplikasi windows laptop. Artinya folder Temp juga berisi file cookies dan history dari browser chrome, mozilla firefox dan lainnya.

Cara membersihkan cache di laptop windows 7, 8 dan 10.

Tahap 1:

  • Buka perintah Run di laptop atau komputer.
  • Caranya, tekan tombol Windows + R secara bersamaan atau gunakan fitur Search dan ketik Run.
  • Setelah kebuka, ketik Temp lalu tekan OK.
perintah run temp
  • Maka akan muncul jendela folder yang berisi berbagai file dan folder sampah di windows laptop. Untuk menghapus file sampah tersebut, tekan Ctrl + A (Select All), lalu tekan Shift + Delete.
Cara hapus sampah pc

Tahap 2:

  • Buka kembali perintah Run, lalu ketik %temp% lalu klik OK.
perintah run
  • Maka akan muncul folder sampah baik cache browser dan aplikasi lain.
  • Silahkan tekan Ctrl+ A (Select All), lalu hapus cache di laptop dengan tekan Shift + Delete.
Cara Menghapus Cache di Laptop
  • Setelah itu, restart laptop untuk melihat perubahannya.
  • Selesai.

Baca juga: Aplikasi Kamera Laptop

2. Windows Disk Cleanup

Perlu Anda ketahui bahwa sistem operasi windows pada laptop memiliki fitur bawaan untuk menghapus cache. Nama fiturnya adalah Disk Cleanup yang berfungsi untuk membersihkan file sampah di pc atau komputer.

Nah, Disk Cleanup juga berguna untuk membersihkan file di recycle bin, sampah internet (browser), dan data-data tersimpan sementara.

Cara hapus cache di laptop lewat Disk Cleanup:

  • Masuk ke properties partisi harddisk laptop. Caranya klik kanan pada partisi yang ingin dibersihkan, lalu pilih Properties.
  • Maka akan muncul jendela properties dari partisi tersebut. Silahkan klik tombol Disk Clean-up.
Cara Menghapus Cache di Laptop
  • Biasanya akan muncul proses scanning, silahkan ditunggu saja sekitar 1 menit atau kurang.
  • Silahkan centang opsi pembersihan yang anda inginkan. Anda bisa cukup centang pada folder Downloaded Program Files dan Temporary Internet Files.
Cara Menghapus Cache di Laptop
  • Selanjutnya klik OK, lalu tunggu sampai proses pembersihan selesai.

Baca juga: Situs Download Subtitle Indonesia

Anda bisa membersihkan cache di masing-masing partisi harddisk laptop. Cara ini tidak beda jauh, bahkan rekomended untuk membersihkan semua sampah di Drive C:, Drive D:, dan Drive E:.

Penting: File cache akan terus muncul ketika kita menggunakan laptop, terutama saat terhubung dengan internet. Sehingga disarankan untuk membersihkan cache laptop secara berkala supaya kinerja laptop tetap ringan alias tidak lemot.

Demikian 2 cara hapus cache di laptop tanpa aplikasi apapun. Anda bisa menggunakan salah satu cara diatas ataupun keduanya. Semoga bermafaat.

Tinggalkan komentar