Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Hapus Kontak

Punya nomor baru? Pengen mengganti nomor lama WA dengan nomor baru tersebut? Jangan khawatir, kami sudah menyiapkan cara mengganti nomor whatsapp (WA) tanpa hapus akun dan dijamin tidak akan keluar group.

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instant yang sangat populer karena fitur-fiturnya. Bahkan WA sudah menjadi aplikasi wajib dan hampir semua orang menggunakannya.

Pasalnya pengguna whatsapp dapat mengirim pesan berupa teks, gambar maupun video secara gratis. Tak heran jika aplikasi ini menggantikan fitur SMS di ponsel yang memerlukan biaya pulsa.

Bukan hanya itu, pengguna juga dapat mengganti nomor lama mereka dengan nomor baru di whatsapp. Bahkan sejak tahun 2018, whatsapp telah mengembangkan fitur ini dimana kita bisa memberikan informasi kepada seluruh kontak bahwa kita sudah ganti nomor baru di whatsapp. Sehingga semua orang tahu tanpa kita perlu menginformasikan satu per satu.

Hanya saja masih banyak orang yang bingung dan khawatir terkait fitur ini. Apalagi pengguna takut pergantian nomor WA dapat menghapus akun, kontak whatsapp serta keluar dari semua group WA.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Hapus Akun

Anda tidak perlu khawatir, karena cara mengganti nomor whatsapp (WA) ini tidak akan menghapus akun, kontak WA dan keluar dari group whatsapp. Jadi dijamin aman untuk anda lakukan.

Hal Penting sebelum mengganti nomor WA:

  • Sebelum anda melakukan pergantian nomor whatsapp, disarankan untuk melakukan backup data chat WA terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari chat hilang, walaupun kemungkinan chat terhapus sangat kecil.
  • Proses pergantian nomor ini akan memindahkan info akun, group dan setelan WA ke nomor baru.
  • Pastikan nomor baru anda dapat menerima SMS atau panggilan. Jadi sebelum memulai cara ini, silahkan ganti nomor lama di HP dengan nomor yang baru.

Baca juga: Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp

Sudah yakin dan sudah siap? Yuk lanjut ke caranya dibawah ini.

Cara mengganti nomor whatsapp (WA) terbaru:

  • Buka aplikasi whatsapp di HP Android / iPhone Anda.
  • Masuk ke Pengaturan WA. Caranya klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Setelan.
  • Selanjutnya anda klik menu Akun (Menu ini mengatur privasi, keamanan serta ganti nomor WA), lalu pilih Ganti Nomor.
cara mengganti nomor whatsapp (WA)
  • Maka akan muncul pemberitahuan untuk memastikan bahwa anda yakin untuk mengganti nomor WA, lalu klik Lanjut.
  • Selanjutnya masukkan nomor lama di bagian atas dan nomor baru WA di bagian bawah, lalu klik Lanjut.
  • Setelah itu, anda dapat mengaktifkan fitur Beri tahu kontak agar teman anda mengetahui pergantian nomor baru anda. Jika sudah yakin, klik tombol Selesai.
cara mengganti nomor whatsapp (wa) tanpa hapus kontak

Baca juga: Login WhatsApp Web Tanpa Barcode

Bagaimana? Mudah bukan? Dengan beberapa langkah saja anda sudah berhasil mengganti nomor baru WA.

Perlu anda ketahui bahwa pergantian nomor WA tidak akan menghapus file seperti foto dan video. Termasuk chat yang sudah anda kirim atau diterima saat memakai nomor lama.

Agar lebih yakin, berikut beberapa pertanyaan seputar pergantian nomor di whatsapp. Yuk simak!

FAQ Ganti Nomor WhatsApp (WA)

1. Apakah kontak akan terhapus?

Semua daftar kontak anda tidak akan terpengaruh selama nomor tersimpan di HP. Dengan kata lain, pergantian nomor baru di WA tidak akan menghapus daftar kontak teman Anda. Berbeda lagi jika daftar kontak sebelumnya anda simpan di Simcard nomor lama, sehingga dipastikan hilang karena sudah diganti nomor baru. Kecuali anda menyalinnya ke akun google atau penyimpanan HP.

2. Apakah menyebabkan keluar dari Group WA?

Tentu saja tidak. Bahkan akan muncul notifikasi berupa teks di semua group bahwa anda telah merubah nomor WA.

3. Jika saya Admin Group, apa yang terjadi?

Tenang saja, Anda akan tetap menjadi Admin group walaupun sudah berganti nomor baru di WA.

4. Apakah teman atau daftar kontak tahu bahwa saya ganti nomor WA?

Seperti yang dijelaskan dalam tutorial diatas. Ada yang namanya fitur Beri tahu kontak. Jika anda mengaktifkannya saat pergantian nomor, dipastikan mereka tahu.

5. Apakah kontak yang diblokir di nomor lama tetap terblokir dengan nomor baru?

Tidak. Karena nomor lama yang memblokir kontak tersebut. Jika anda tidak ingin diganggu lagi, blokir ulang menggunakan nomor baru tersebut. Apalagi orang itu tidak tahu kalau anda sudah ganti nomor baru.

6. Apakah bisa kembali menggunakan nomor lama di WA?

Tentu Bisa. Asalkan nomor lama aktif dan anda bisa mengikuti tutorial cara ganti nomor wa seperti diatas.

7. Jika ada yang chat ke nomor lama WA, apakah otomatis masuk ke nomor baru?

Jelas TIDAK. Karena anda sudah ganti nomor baru. Makanya gunakan fitur beri tahu kontak agar mereka mengetahui bahwa anda sudah ganti nomor baru.

8. Apakah bisa ganti nomor whatsapp lewat whatsapp web?

Tidak bisa. Harus dilakukan melalui smartphone.

Kesimpulan

Jadi sebelum anda melakukan pergantian nomor, silahkan ketahui semua efek dari ganti nomor baru di WA. Termasuk melakukan backup terlebih dahulu demi menimalisir resiko yang terjadi.

Pergantian nomor baru di wa ini tidak akan berpengaruh terhadap semua data seperti file, gambar, foto maupun video. Karena itu ada sudah tersimpan di perangkat.

Demikian langkah-langkah cara mengganti nomor baru di whatsapp (WA). Pastikan anda mengaktifkan fitur Beri tahu kontak agar teman anda bisa menghubungi anda di nomor baru tersebut. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar