9 Cara Mengetahui WhatsApp Diblokir Orang

  • Whatsapp

Sudah lama ngirim chat wa ke teman tapi belum dibales? Bisa jadi nomor whatsapp kamu diblokir. Yuk simak cara mengetahui wa diblokir teman atau orang lain.

WhatsApp merupakan aplikasi yang simpel dengan fitur super lengkap. Kita bisa ngirim chat, nelpon, video call hingga update status whatsapp.

Umumnya, whatsapp hanya digunakan untuk berkomunikasi. Dengan kata lain, hanya fitur utama yang sering orang gunakan seperti mengirim pesan di chat pribadi maupun group, melakukan panggilan dan video call.

Layaknya media sosial, pengguna juga bisa melakukan pemblokiran nomor whatsapp orang lain. Fitur ini berguna ketika kita ngerasa terganggu dengan nomor tersebut.

Tak heran jika kita mengirim pesan ke orang lain yang sudah lama tapi tidak dibales dan masih centang satu. Sehingga kita berpikir, jangan-jangan nomor kita diblokir di wa (whatsapp).

Nah, supaya yakin bahwa wa diblokir teman atau orang lain, kamu perlu melihat tanda berikut ini.

Cara Mengetahui Nomor WhatsApp (WA) Kita Diblokir

Pasti orang yang memblokir nomor kamu berpikir, “apakah orang tahu jika diblokir di wa?”. Tentu tahu dengan melihat ciri ciri atau tanda nomor wa diblokir orang lain.

Asianami akan mengurutkan dari tanda yang kemungkinan kecil hingga terbesar kalau kamu diblokir di whatsapp.

1. Tanda Centang di Pesan Terkirim

Aplikasi untuk Mengetahui Whatsapp Di blok

Hal pertama yang biasanya membuat kita berpikir telah diblokir di wa adalah pesan yang kita kirim ternyata masih centang satu. Apalagi jika pesan tersebut sudah lama kamu kirim, tapi masih centang satu sampai saat ini.

  • Tanda centang satu (pesan terkirim)
  • Tanda centang dua (pesan tersampaikan)

Mungkin, kamu akan berpikir, jangan jangan dia kesal atau terganggu sehingga nomor wa kamu diblokir.

Jawabannya adalah bisa jadi. Tanda centang satu di wa juga menjadi tanda awal kalau nomor kamu diblokir. Tapi bisa juga teman atau orang lain tersebut tidak aktif di whatsapp dalam waktu yang lama sehingga pesan kamu tidak perlu dibaca.

Tanda centang satu di wa menjadi ciri awal bahwa kamu kemungkinan diblokir. Namun belum pasti, kamu harus liat tanda-tanda yang lainnya.

2. Cek Status Online Terakhir

cara mengetahui nomor wa kita diblokir

Whatsapp memiliki fitur online yang berguna untuk mengetahui apakah kontak tersebut sedang online atau tidak. Jika tidak sedang online, maka kamu bisa melihat kapan terakhir dia sedang online.

Secara umum, jika kontak tersebut masih bisa dihubungi, kamu tentu bisa melihat status online terakhir dari kontak tersebut.

Namun, kita ternyata kamu tidak bisa melihat fitur online ini di nomor wa itu, ada dua kemungkinan yang terjadi.

Pertama, dia menghilangkan status online di wa sehingga orang lain tidak bisa mengetahui dia online atau tidak. Bisa juga kemungkinan kedua, bahwa nomor whatsapp kamu sudah diblokir.

3. Foto Profil Menghilang

cara mengetahui kita di blok di whatsapp

Jika kontak tersebut sebelumnya menggunakan foto profil. Terus tiba-tiba pesan kamu centang satu, tidak bisa liat status online, serta foto profil dia menjadi hilang. Besar kemungkinan nomor wa kamu sudah diblokir.

Namun, tanda ini belum cukup 100% bahwa kamu telah diblokir. Bisa jadi dia tidak aktif whatsapp dalam waktu yang lama dan dia menghapus foto profilnya dengan alasan tertentu.

Karena foto profil whatsapp juga bisa diatur apakah bisa dilihat oleh semua orang (termasuk nomor yang tidak dia simpan) atau hanya bisa dilihat oleh daftar kontak dia.

Nah, ketika foto profil dia menghilang alias tidak ada, maka jadi tidak tidak memblokir nomor kamu. Kemungkinan yang terjadi adalah dia menghapus nomor whatsapp kamu dan mengubah foto profil hanya bisa dilihat oleh nomor whatsapp yang dia simpan.

4. Panggilan Tidak Diangkat

Tanda lain yang bisa jadi acuan adalah kontak tersebut tidak bisa ditelpon. Dimana ketika sedang ditelpon, status pemanggilan hanya “memanggil” bukan “berdering”.

Tapi, tanda ini hampir sama dengan centang satu. Kemungkinan kamu diblokir masih kecil.

Bisa saja dia tidak punya paket data. Sehingga ketika pesan yang dikirim hanya centang satu, maka panggilan atau video call juga tidak akan masuk karena dia sedang offline.

5. Tidak Bisa Ngirim Voice Note

Jika ada yang bilang “diblokir di wa, ternyata tidak bisa ngirim voice note“. Hal ini salah, karena ketika kontak kita diblokir, kita tetap masih bisa mengirim voice note atau pesan suara.

Mungkin tanda yang tepat adalah ketika mengirim voice note ternyata masih centang satu. Jadi sama saja kayak pesan biasa yang dikirim yang hanya centang satu.

Tapi sekali lagi, pesan (teks, voice note) yang centang satu belum tentu tanda bahwa wa diblokir. Kemungkinannya kecil banget.

6. Lama tidak melihat story wa kontak tersebut

Selain tanda diatas, kamu bisa melihat dari story whatsapp. Jika sebelumnya kontak tersebut sering update status wa, namun tiba-tiba kamu tidak pernah lagi melihat story wa orang tersebut, maka ada dua kemungkinan yang terjadi.

Pertama, dia menyembunyikan status wa dari kamu. Atau kemungkinan kedua, kamu telah diblokir olehnya.

7. Cara Mengetahui WA Diblokir dengan Undang ke Group

cara mengetahui wa diblokir

Cara mengetahui wa diblokir adalah dengan mengundang kontak tersebut ke suatu group whatsapp. Cara ini jelas untuk tahu apakah kamu diblokir atau tidak.

Cara mengundang kontak ke group whatsapp:

  • Pilih dan buka salah satu group di wa kamu (wajib kamu admin).
  • Selanjutnya klik Info Group, lalu klik tanda kontak dipojok kanan atas, lalu tambahkan nomor kontak tersebut.
  • Jika muncul tidak dapat menambahkan kontak, maka 100% nomor wa diblokir.

Jika kamu tidak memiliki group yang kamu jadi admin, tidak perlu pusing. Buat saja group baru dan invite nomor wa dia, jika tidak bisa di udang, udah pasti dia blokir kontak wa kamu.

8. Aplikasi untuk Mengetahui WA Diblokir

Cara mengetahui wa diblokir dengan aplikasi adalah menggunakan whatsapp business. Jika kamu punya dua nomor di android, kamu bisa buat akun whatsapp business di hp kamu.

Setelah selesai membuat akun whatsapp business, kamu kirim pesan ke dia misalkan bilang “Hai” atau lainnya yang tidak membuat curiga dan tahu kalo itu kamu. Pastikan juga kamu jangan menggunakan foto profil pada wa business.

Jika pesan ternyata centang dua alias masuk, sudah pasti nomor kamu diblokir sama doi.

Jika sudah tahu diblokir, kamu bisa langsung menyelesaikan masalah dengan nomor whatsapp business tersebut.

Tanyakan baik baik kenapa dia blokir nomor kamu. Namun, jika sudah tahu kesalahanmu, minta maaf kepada dia sehingga bisa baikan dan nomor kamu tidak diblokir lagi.

Baca juga: Cara Menghapus Teman di LINE

9. Baikan Lewat Media Sosial

Jika kamu sudah tahu kalau dia blokir nomormu dan kamu tidak memiliki nomor lain untuk menanyakan kenapa dia melakukannya. Kamu bisa kontak dia melalui media sosial lainnya, misalkan lewat dm whatsapp, twitter, facebook ataupun chat di line.

Ingat, orang lain pasti punya alasan kenapa dia melakukan begitu kepada kamu. Bisa jadi kamu spam chat, ganggu ataupun punya masalah dengannya.

Selesaikan baik-baik dan jangan bikin dia kecewa lagi. Apalagi sampai putus pertemanan. Sangat disayangkan bukan.

Semoga membantu dan bermanfaat ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *