3 Cara Mengetahui Perilaku Konsumen

Dalam dunia bisnis, konsumen atau customer merupakan salah satu bagian penting yang menentukan berkembangnya bisnis itu sendiri. Pentingnya konsumen bagi para pelaku bisnis tercermin dalam satu ungkapan terkenal yang berbunyi ‘pembeli adalah raja.’ Dari ungkapan ini, banyak pelaku bisnis mencoba untuk selalu memperlakukan konsumennya dengan pelayanan yang baik.

Dalam hal ini, penjual juga dituntut setidaknya untuk memahami bagaimana perilaku konsumen tersebut. Apabila penjual mampu dengan mudah memahami perilaku konsumen, maka akan sangat mungkin jika penjual mampu memikat para konsumennya dengan jumlah lebih banyak.

Nah, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen sekaligus cara mengetahui perilaku konsumen, simak yuk ulasannya berikut ini.

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen sebenarnya berhubungan dengan tingkah laku mereka sebelum memutuskan untuk membeli barang. Umumnya, perilaku tersebut dimulai dari konsumen melihat produk, bertanya kepada penjual, mengevaluasi, dan mempertimbangkan untuk membeli produk atau jasa tersebut.

Namun, tidak semua konsumen mempunyai perilaku yang sama. Ini dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut. Faktor ini pun juga harus diketahui betul oleh para pelaku bisnis, supaya mereka mampu menjalankan strategi bisnis yang tepat sasaran untuk para konsumennya. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah faktor psikologis, faktor persepsi, sikap, budaya, harga, produk (kualitas, desain, dan kegunaannya).

Cara untuk Mengetahui Perilaku Konsumen

Setelah mengetahui mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, berikutnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk para pelaku bisnis dalam mengetahui perilaku konsumennya. Penasaran dengan cara-cara tersebut? Langsung saja simak berikut.

1. Pendekatan Interpretatif

Pendekatan interpretatif ini adalah dengan mengobservasi secara mendalam perilaku konsumen. Beberapa langkah yang bisa ditempuh yaitu dengan melakukan wawancara secara langsung atau melalui FGD (Focus Group Discussion).

Langkah ini diharapkan mampu mengetahui bagaimana nilai sebuah produk atau jasa bagi para konsumennya. Nilai produk atau jasa ini berhubungan saat merek memutuskan untuk membelinya serta saat mereka menggunakannya.

2. Pendekatan Tradisional

Secara teoritis, pendekatan tradisional ini menggabungkan teori psikologi kognitif, behavioral (tingkah laku), sosial, dan teori sosiologi. Namun, secara sederhananya, cara mengetahui perilaku konsumen dengan pendekatan tradisional dilakukan dengan survei.

Survei tersebut diberikan kepada para konsumen mengenai cara mereka dalam memproses informasi produk atau jasa, membuat keputusan terhadap produk atau jasa, dan adanya pengaruh lingkungan dalam pengambilan keputusan oleh para konsumen.

3. Pendekatan Sains

Berbeda dengan kedua pendekatan sebelumnya, pada pendekatan sains ini lebih ditekankan pada teori ekonomi dan statistik. Cara yang satu ini lebih menekankan ke arah pendekatan dengan perhitungan matematika, namun didasarkan dengan teori kebutuhan Abraham Maslow.

Cara mengetahui perilaku konsumen dengan pendekatan sains ini berguna untuk mengetahui apakah kira-kira strategi marketing yang dilakukan sudah sesuai dengan pilihan para konsumen. Sebenarnya, dari ketiga pendekatan yang ada, semuanya sama-sama punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Beberapa pelaku bisnis maupun perusahaan ada yang hanya menerapkan satu pendekatan untuk mengetahui perilaku konsumennya. Tetapi, tidak jarang ada juga yang menggunakan lebih dari satu atau bahkan semua pendekatan yang ada. Hal ini tentu bergantung pada jenis produk maupun jasa yang mereka jual dan target market mereka juga.

Itulah sekilas penjelasan tentang cara mengetahui perilaku konsumen. Dengan mempelajari sekaligus mengetahui perilaku konsumen tentunya akan sangat berimbas besar bagi petumbuhan bisnis yang sedang dijalankan.

Apabila penjual telah mengetahui tentang perilaku konsumen ini, maka mereka pun akan lebih memahami kebutuhan dari para konsumen. Dengan begitu, ini akan membantu dalam meningkatkan profit. Untuk mengetahui lebih banyak tentang bisnis yuk belajar bareng https://tambahpinter.com/.

Tinggalkan komentar