3 Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus

cara mengembalikan kontak yang terhapus

Tiba-tiba kontak teman hilang alias terhapus? Jangan panik, begini cara mengembalikan kontak yang terhapus di hp lewat gmail, dijamin berhasil.

Nomor kontak menjadi hal penting pada smartphone kita. Kehilangan nomor seseorang yang penting atau yang kita kenal, tentu bikin kita kesulitan untuk menghubunginya, terutama di kondisi darurat.

Mungkin, jika kontak teman dekat atau keluarga, kita tidak ribet dan pusing. Tinggal minta ke orang lain yang juga memiliki nomornya.

Lain cerita, jika nomor yang terhapus tersebut adalah nomor orang penting dan hanya anda yang memiliki. Pasti Anda hanya bisa berharap orang tersebut yang terlebih dahulu menghubungi kita.

Untungnya, sudah ada cara untuk mengembalikan daftar kontak yang hilang atau terhapus bahkan bisa dilakukan di semua merk hp, termasuk hp samsung, xiaomi, vivo, maupun iphone.

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di HP

1. Melalui WhatsApp

Cara pertama yang termudah dan simpel, yaitu melalui aplikasi whatsapp.

Cara pertama ini bisa berguna jika nomor yang terhapus tersebut ternyata terhubung ke aplikasi whatsapp. Tentu masih ada peluang nomor whatsapp tersebut bisa disimpan kembali ke daftar kontak smartphone.

Silahkan buka whatsapp, lalu cari history percakapan whatsapp dengan kontak yang terhapus. Jika anda bingung nomornya yang mana, silahkan cari history chat yang tidak ada namanya.

Jika tidak ada history chat, anda bisa mencari nomor tersebut jika ada di dalam suatu group whatsapp.

2. Melalui Media Sosial

Selain whatsapp, Anda pastinya terhubung dengan orang lain melalui media sosial seperti instagram, twitter, telegram, LinkedIn, Line, dan lainnya.

Jika nomor yang hilang tersebut hanya Anda yang memilikinya, Anda tidak perlu pusing. Cukup minta kembali ke orang yang bersangkutan melalui media sosial.

Apalagi di era sekarang, hampir perkenalan pertama kali yaitu melalui media sosial dan biasanya tukeran nomor hp melalui chat di media sosial tersebut.

Jadi, Anda bisa cek history percakapan dengan yang bersangkutan di media sosial tersebut. Jika ada, tinggal di simpan kembali. Jika terhapus juga, tinggal chat lagi ke orang tersebut. Simpel dan mudah bukan?

Baca juga: Cara Menghapus dan Mengganti Foto Profil di Akun Google

3. Melalui Gmail

Terakhir, cara mengembalikan kontak yang terhapus di gmail merupakan paling ampuh untuk dicoba. Pasalnya, semua kontak yang terhapus ternyata masih lengkap dan tersimpan rapi di akun gmail yang kita miliki.

Hal ini berhubungan dengan penyelarasan atau sinkronisasi secara berkala. Dimana setiap data di hp kita akan di backup secara rutin ke akun gmail, termasuk ketika data ponsel tidak sengaja terhapus.

Cara Mengembalikan kontak yang hilang lama:

  • Buka akun gmail lewat laptop atau pc.
  • Setelah email terbuka, klik menu / ikon 9 titik di pojok kiri atas (google apps).
  • Untuk mengembalikan nomor hp yang terhapus lama, klik Contacts.
cara mengembalikan kontak yang terhapus
  • Maka, Anda akan melihat semua nomor yang pernah Anda simpan termasuk kontak yang tidak sengaja terhapus.
  • Setelah itu, Anda tinggal search nama kontak (jika hanya satu kontak yang diperlukan).
  • Atau bisa juga klik export kontak (untuk mengembalikan semua kontak di hp), lalu restore kembali ke daftar nomor di ponsel.

Bagaimana? Cara ketiga ini paling umum digunakan untuk mencari nomor hp yang hilang lama. Terutama jika tidak pernah kontak melalui media sosial.

Demikian 3 cara mengembalikan nomor hp yang terhapus. Anda bisa menggunakan salah satu cara diatas yang dijamin mudah dan berhasil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.