4 Cara Mengecek Nomor Rekening yang Lupa

Ketika diminta nomor rekening sendiri malah lupa? Kok bisa? Jangan khawatir, berikut cara mengecek nomor rekening yang lupa, baik bank BNI, BRI, BCA, Mandiri maupun CIMB Niaga.

Dijaman serba digital ini, pihak bank sudah memberikan berbagai pelayanan lengkap untuk para nasabahnya. Termasuk untuk urusan lupa nomor rekening sendiri, anda tidak perlu lagi mencari di buku tabungan yang entah disimpan dimana.

Apalagi sudah banyak kartu ATM yang dibuat tanpa buku tabungan seperti BNI Taplus muda dan sebagainya.

Lantas, bagaimana jika lupa nomor rekening? Yuk baca lebih lanjut!

Cara Mengecek Nomor Rekening yang Lupa

1. Lewat Internet / Mobile Banking

cek nomor rekening

Saya termasuk nasabah yang memiliki kartu ATM yang tidak memiliki buku tabungan. Namun untuk urusan nomor rekening yang lupa, biasanya saya cek melalui mobile banking di hp.

Cara cek nomor rekening (contoh BNI Mobile Banking)

  • Buka aplikasi bni mobile banking.
  • Masukkan userid dan mpin.
  • Pada halaman utama, anda akan melihat jelas nomor rekening.

Umumnya memang informasi nomor rekening terlihat jelas di halaman utama mobile banking.

Selain itu, anda juga bisa melihat informasi sisa saldo uang rekening kartu ATM tersebut. Anda juga bisa menikmati berbagai fitur dari aplikasi mobile banking seperti transfer, beli paket internet, top up saldo ovo atau gopay, maupun transaksi lainnya.

Baca juga: 10 Penyebab dan Cara Mengatasi BNI Mobile Banking Error

2. Cek Nomor Rekening di ATM

Jika anda tidak melakukan aktivasi mobile banking, anda bisa cek nomor rek di atm terdekat.

Secara umum, ATM biasanya hanya digunakan untuk setor tunai, ambil uang tunai, dan transfer ke rekening bank lain. Padahal, anda juga bisa melihat informasi saldo dan nomor rekening kartu ATM tersebut.

Cara pertama, anda bisa langsung mengecek melalui informasi nomo rekening pada layar monitor. Namun, anda harus mencatatnya takut lupa lagi di lain waktu sehingga tidak perlu bolak balik ke atm. Apalagi jika lokasi ATM di daerah pedesaan sangat jauh dari rumah.

Cara kedua untuk mengetahui nomor rekening anda, cukup dengan melakukan penarikan tunai melalui mesin ATM. Nantinya akan muncul informasi apakah perlu resi (bukti transaksi) atau tidak. Silahkan pilih iya.

Pada bukti transaksi ini, terdapat informasi sisa saldo, jumlah penarikan dan juga nomor rekening anda. Selain sebagai bukti transfer atau penarikan, kertas tersebut juga bisa disimpan untuk jaga-jaga takut lupa lagi nomor rekening yang anda miliki.

3. Lewat Call Center

Pihak Bank juga menyediakan kontak alias call center yang sangat berguna bagi para nasabah yang rumahnya jauh dari ATM atau tidak memiliki jaringan internet. Anda bisa menggunakan layanan call center bank ini untuk mengetahui informasi nomor rekening tersebut.

Jika anda pengguna bank BNI, anda bisa menghubungi layanan call center BNI di nomor 1500046. Ketika sudah terhubung, anda akan ditanya seputar data pribadi untuk mencegah terjadinya penipuan.

Baca juga: Cara Mengecek Saldo Rekening Ponsel Cimb Niaga

Berikut Daftar Nomor Call Center Bank di Indonesia

  • BNI Call: 1500046
  • Mandiri Call: 14000
  • Halo BCA: 1500888
  • Call BRI: 14017/1500017
  • Bank CIMB Niaga: 14041
  • BTN Contact Center: 1500 286
  • Bank OCBC NISP: 1500-999
  • CitiPhone: 69999
  • Maybank: 69811
  • Bank Permata: 1500111
  • Bank Mega: 60010 /1500010
  • Hello Danamon: 67777/1-500-090
  • SalaMuamalat: 1500016
  • BTPN Call: 1500300

Pastikan nomor anda memiliki sisa pulsa untuk sebelum melakukan panggilan ke nomor bank terkait.

4. Datang ke Cabang Bank Terdekat

Cara ini jarang dilakukan, karena umumnya kantor cabang Bank lebih jauh dibandingkan lokasi ATM itu sendiri. Jadi mending gunakan cara mengecek nomor rekening di atm saja.

Beda cerita jika anda berada atau di sekitar bank terkait, anda bisa langsung menanyakan informasi no rekening ke bagian custumer service (cs). Syaratnya cukup mudah, cukup bawa saja kartu ATM yang ingin anda ketahui nomor rekeningnya.

Jika sudah, saran saya simpan saja nomor rekening di catatan hp. Jika sebelumnya pernah mengirim informasi no rekening lewat pesan atau chat di whatsapp, anda bisa mengecek kembali tanpa harus menggunakan semua cara diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *