Tidak Bisa Cek Pulsa? Gunakan 5 Cara Ini (100% BERHASIL)

Mas, kenapa ya saya tidak bisa cek pulsa di kartu XL saya? Ada solusi gak? Pertanyaan itu masuk di inbox fanpage asianami.com dan akan dibahas solusinya pada artikel ini.

Bukan tanpa alasan kenapa kartu Anda tidak bisa mengecek pulsa. Kejadian eror ini disebabkan oleh banyak faktor. Sehingga untuk mendapatkan solusinya, Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya sehingga kartu seluler Anda tidak dapat mengecek sisa pulsa.

Beberapa penyebab tidak bisa cek pulsa, diantaranya:

  1. Masa kartu sudah habis.
  2. Kartu seluler Anda diblokir.
  3. Eror dari ponsel
  4. Adanya gangguan jaringan dari pihak provider kartu.

Nah, mungkin itu beberapa penyebab kenapa anda tidak bisa cek pulsa, baik itu kartu XL, Axis, Telkomsel, 3 Indosat / IM3 ataupun smartfren.

3 Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Semua Kartu

Cara berikut ini hanya berguna jika penyebabnya karena eror dari ponsel atau gangguan jaringan. Tidak berlaku jika kartu SIM Anda diblokir atau sudah habis masa tenggangnya.

1. Cek Sinyal

Hal yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek kualitas sinyal jaringan. Jika jaringan buruk bahkan tidak ada, dipastikan tidak bisa mengecek pulsa.

Silahkan cari tempat atau lokasi yang lebih strategis untuk mendapatkan kembali sinyal kartu SIM Anda. Setelah itu, coba lakukan untuk cek pulsa.

2. Mengubah Mode Jaringan

Anda menggunakan jaringan 4G? Jika ya, silahkan ubah ke mode jaringan ke 3G atau 2g. Terutama jika anda berada di tempat yang tidak mendukung jaringan 4G LTE.

Kita tahu bahwa jaringan 4G belum merata di semua daerah. Walaupun kartu yang anda gunakan sudah mendukung 4G, namun tidak berguna bahkan menyebabkan anda tidak bisa mengecek pulsa. Ubah mode jaringan ke yang lebih rendah 3G/2G, lalu coba kembali untuk cek pulsa.

3. Restart HP

Jika cara diatas belum ampuh, coba restart hp Anda. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab eror cek pulsa adalah sistem android hp yang juga eror. Sehingga menyebabkan gangguan pada jaringan kartu seluler.

Silahkan restart smartphone anda terlebih dahulu. Biasanya jaringan akan kembali normal dan anda bisa cek kembali sisa pulsa yang tersisa.

4. Cek Pulsa dengan cara lain

Cara selanjutnya ialah dengan menggunakan cara cek pulsa yang lain. Mungkin beberapa orang hanya tahu cek pulsa lewat dial call *123#, namun di era sekarang layanan cek pulsa sudah berkembang dengan mudah dan banyak cara.

Beberapa provider memberikan layanan dengan cara sms, aplikasi dan dial call yang lain. Dan Anda bisa mencoba cara lain tersebut untuk mengetahui sisa pulsa kartu yang Anda miliki.

Baca juga: Paket Internet Indosat Murah

5. Hubungi Provider Kartu

Jika anda belum bisa cek pulsa dengan semua cara diatas, silahkan hubungi pihak provider. Laporkan keluhan Anda kepada customer service. Hal ini untuk dicek apa penyebab kartu anda tidak bisa mengecek pulsa.

Anda bisa menghubungi via dial call, SMS, atau media sosial provider kartu. Baik lewat Facebook, twitter, maupun instagram. Silahkan gunakan cara ini jika empat cara sebelumnya tidak ampuh.

Demikian 5 cara untuk mengatasi kartu seluler yang tidak bisa mengecek pulsa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar