Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

kartu sim tidak ada layanan

Cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan di hp xiaomi, samsung, oppo, nokia maupun iphone. Berlaku untuk semua jenis kartu, baik kartu Telkomsel, 3, indosat im3, XL dan Axis.

Secara umum, ada tiga penyebab kenapa sim card tidak ada layanan alias tidak mendapatkan sinyal sama sekali. Bisa karena gangguan dari hp yang digunakan, gangguan sinyal provider maupun kerusakan dari kartu itu sendiri.

Jika hanya sebatas gangguan, kalian bisa menggunakan berbagai cara berikut agar bisa mendapatkan jaringan secara normal. Karena jika masalah ini dibiarin, tentu nomor tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan, SMS, maupun internetan.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Disini kami akan urutkan sesuai langkah termudah agar kartu sim bisa digunakan kembali.

1. Aktifkan Mode Pesawat

cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan di hp

Mengaktifkan mode pesawat sama seperti melakukan restart pada jaringan kartu yang digunakan. Karena mode pesawat berfungsi untuk menonaktifkan seluruh jaringan di hp, baik jaringan data maupun wifi.

Tentu cara ini sangat membantu untuk merestart jaringan agar bisa terhubung kembali dan jaringan lebih stabil.

Caranya tinggal aktifkan mode pesawat selama satu menit atau lebih, lalu matikan mode pesawat. Nanti kartu akan melakukan pencarian sinyal baru yang berada di lokasi tersebut.

2. Restart HP

Jika masih tidak ada layanan, bisa jadi ada kesalahan sistem pada hp yang digunakan. Sehingga sistem yang berhubungan dengan jaringan kartu menjadi terganggu.

Coba lakukan restart hp. Hal ini sangat membantu untuk mengatasi sistem yang error.

Jangan lupa juga untuk menghapus cache atau sampah di android. Bisa jadi hal tersebut juga mengganggu sistem untuk membaca jaringan pada kartu SIM yang digunakan.

3. Cek Pengaturan APN

cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan di hp

Setiap kartu di hp memiliki pengaturan apn yang berfungsi untuk terhubung ke jaringan.

Bisa jadi APN tidak sesuai atau bermasalah.

Untuk mengatasinya, silahkan pilih setting apn yang sesuai.

  • Masuk ke pengaturan, lalu pilih Koneksi.
  • Selanjutnya klik pada Jaringan Seluler, pilih Nama Poin Akses.
  • Nah, tinggal klik pada poin akses dan ubah sesuai kartu yang digunakan.

Umumnya, jarang sekali gangguan tidak ada layanan pada kartu disebabkan pengaturan APN yang salah. Apalagi jika sudah lama menggunakan kartu tersebut.

4. Pasang Kartu dengan Tepat

Jika anda sering mengalami gangguan sim card tidak ada layanan, bisa jadi karena penempatan kartu SIM yang kurang benar. Sehingga tidak bisa dibaca secara maksimal oleh sistem hp.

Silahkan buka tempat slot kartu SIM, lalu coba posisikan dengan tepat dan masukkan kembali. Cara ini juga sangat membantu untuk memperbaiki gangguan tersebut.

Pastikan juga kartu SIM dalam keadaan bersih. Terutama jika kartu anda sudah lama. Bisa jadi kuningan kartu sangat kotor dan terdapat goresan sehingga susah dideteksi oleh sistem hp.

Anda bisa membersihkan kartu tersebut dengan penghapus atau kain halus, lalu masukkan kembali.

5. Coba di HP lain

Jika masih belum bisa juga, gunakan cara ini agar bisa mengetahui penyebab pasti dari gangguan tersebut.

Ambil kartu SIM, lalu coba pasang di hp lain. Nanti akan ada dua kemungkinan.

Pertama, jika di hp lain kartu SIM terdeteksi, maka bisa dipastikan hp yang sebelumnya digunakan tersebut bermasalah. Bisa jadi konektor slot tempat kartu SIM rusak atau kotor, kalian bisa cek terlebih dahulu.

Kedua, jika di hp lain malah kartu SIM juga tidak terdeteksi. Artinya masih mengalami gangguan tidak ada layanan. Bisa ada dua kemungkinan, provider kartu tersebut lagi gangguan atau kartu anda memang sudah rusak atau bermasalah.

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa

6. Ganti Kartu SIM yang rusak

Umumnya, semakin berumur sebuah kartu sim, maka akan semakin sulit dibaca oleh sistem hp. Apalagi jika kartu anda sering dipindahkan ke hp lain. Sehingga kuningan pada kartu SIM tergores dan sudah sangat sulit untuk diperbaiki.

Maka dari itu, disarankan untuk mengunjungi Gerai Provider untuk mengganti kartu yang rusak dengan kartu yang baru. Tenang saja, biaya murah bahkan tidak dipungut biaya dan nomor tersebut tetap digunakan. Hanya mengganti sim card saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.