7 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil

Setiap kali akan memulai usaha/bisnis, seringkali modal menjadi kendala. Modal memang diperlukan, tetapi tidak selamanya modal harus berupa uang lho. Jadi, mari kita mengenal kata “modal” lebih jauh dan tips cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis kecil Anda.

Berbisnis tidak semudah membalik telapak tangan. Berbisnis, apalagi bisnis sendiri, pastinya memerlukan modal khusus. Tidak sekadar memperlancar usaha, modal juga dapat memengaruhi pengembangan usaha ke depannya.

Sebelum memulai bisnis, yang harus Anda ketahui adalah modal apa yang diperlukan untuk bisnis yang Anda inginkan. Modal berbisnis bisa terbagi menjadi: modal segar, modal keterampilan, dan modal jaringan media sosial (medsos)

Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil

1. Modal dana segar

Modal dana segar adalah modal berupa uang tunai (cash). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana segar ini. Tentunya, ada sisi positif dan negatifnya pula dari modal dana segar ini yang harus Anda ketahui.

2. Modal sendiri.

Modal sendiri berarti Anda harus menggunakan tabungan pribadi. Ini berarti Anda sendiri yang akan menikmati keuntungannya bila usaha itu berjalan lancar.

Sebaliknya, Anda juga harus bersiap menanggung risiko sendiri pula bila usaha itu ternyata gagal. Jadi sebaiknya, sisihkan pula dana cadangan dari tabungan itu untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu dengan bisnis Anda.

Selain itu, anda juga harus memiliki pengetahuan / literasi keuangan yang cukup. Apalagi menggunakan uang pribadi untuk modal awal usaha bisnis Anda.

3. Modal keluarga atau saudara

Kalau keluarga atau saudara Anda memiliki dana berlebih, Anda bisa mengajukan pinjaman dana kepada mereka. Keuntungannya adalah, Anda tidak akan dikenakan bunga pinjaman.

Hanya saja, mungkin jumlah dana pinjamannya akan terbatas. Yang harus Anda ingat adalah pengembalian pinjaman sebaiknya tepat waktu agar tidak terjadi pecahnya persaudaraan karena uang.

Selain itu, saat usaha berjalan; sebaiknya Anda pisahkan antara urusan bisnis dan persaudaraan. Contohnya, bila usaha Anda berupa makanan, keluarga atau saudara harus tetap membeli atau tidak gratis bila menginginkan makanan itu. Anda bisa memberi keringanan seperti diskon khusus.

4. Modal patungan dengan teman

Manfaatkan jaringan pertemanan bila modal Anda tidak/kurang mencukupi. Ajak teman Anda untuk bekerjasama dalam bisnis tersebut. Untuk itu, Anda harus membuat aturan jelas dalam hal pembagian keuntungan atau risikonya di awal memulai bisnis. Hal ini bertujuan untuk menghindari konflik di kemudian hari dengan teman Anda tersebut.

5. Modal dari bank

Untuk mendapatkan modal dari bank, tentunya banyak persyaratannya. Selain itu, bank biasanya akan memberikan dana bila usaha itu sudah berjalan. Jadi, lebih baik ajukan modal dari bank bila usaha sudah berjalan lancar. Yang harus Anda ingat, umumnya bunga pinjaman dari bank cukup besar lho.

6. Modal barang atau keterampilan

Modal barang atau keterampilan ini berupa barang pribadi atau keterampilan diri.

Contohnya, bila Anda memulai usaha katering rumahan maka peralatan memasak di dapur Anda adalah termasuk modal bisnis Anda.

Bagi Anda yang supel dan pandai berbicara, Anda bisa menggunakan keterampilan itu sebagai modal untuk menjadi MC (Master of Ceremony) dalam suatu acara, misalnya. Atau, kalau Anda punya keterampilan memasak; Anda bisa bekerjasama dengan teman yang bisa menyediakan dana segarnya untuk membuka sebuah kafe.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Modal Kecil

7. Modal jejaring media sosial

Zaman sekarang ini pasti Anda punya akun jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter atau Instagaram.

Nah, manfatkan akun-akun tersebut untuk “berbisnis tanpa modal”. Contohnya, Anda menjadi reseller barang dagangan milik teman atau pebisnis lainnya. Bisnis ini tidak memerlukan modal dana segar besar, cukup dengan pulsa internet di gadget Anda.

Anda pun tidak akan capai karena bila ada pesanan, Anda cukup memberitahu data pembeli kepada pemilik barang. Pemilik barang itulah yang akan mengirimkan barang langsung ke pemesan. Enak, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *