Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona

Virus Corona menjadi salah satu penyakit yang menyerang ribuan orang saat ini dari berbagai negara. Virus ini cukup berbahaya karena telah menelan ratusan jiwa, dan sudah menjadi permasalahan yang cukup serius, sehingga kita perlu melakukan suatu hal untuk mencegah penyebaran virus ini.

Virus yang berasal dari negeri Jiran dan menyebar ke seluruh negara di dunia ini disebabkan oleh coronavirus jenis baru yang disebut 2019 (2019-nCoV). Virus ini masuk ke dalam golongan virus yang sama dengan penyebab Middle-East respiratory syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang sempat terjadi beberapa tahun lalu.

5 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona

Diperkirakan Penyebab virus Corona berasal dari hewan seperti kelelawar dan unta lalu ditularkan ke manusia. Virus ini menyebabkan gejala flu seperti pilek, batuk dan demam, lalu beberapa hari setelah terinfeksi virus Corona, pasien akan mengalami sesak nafas karena paru-paru terinfeksi.

Virus ini dipercaya dapat menyebar dengan cepat, oleh sebab itu kita harus melakukan langkah-langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Sebenarnya sudah hadir vaksin corona yang menjadi salah satu penangkal wabah covid-19. Namun, sampai saat ini masih dalam tahap uji coba dan tentunya belum menjadi solusi utama dalam menangani masalah virus corona.

Sambil menunggu vaksin teruji dan ampuh mengatasi virus corona, tidak ada salahnya untuk mencegah dengan cara-cara yang mudah dan mulai hidup sehat dan bersih.

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa kita lakukan, di antaranya yaitu:

1. Mencuci Tangan dengan Benar

Mencuci tangan merupakan cara yang sangat sederhana untuk mencegah penularan virus Corona. Anda perlu mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun selama 20 detik. Pastikan Anda telah mencuci seluruh bagian tangan, sela jari dan kuku, lalu keringkan dengan handuk bersih maupun tisu.

Jika Anda berada dalam transportasi umum atau tempat yang sulit menemukan air dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membasmi kuman di tangan.

Pastikan Anda mencuci tangan secara berkala, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh hewan membuang sampah menggunakan toilet batuk dan bersin.

2. Menggunakan Masker

Cara kedua untuk mencegah virus Corona, Anda bisa menggunakan dua jenis masker yaitu masker bedah dan N95. Masker bedah merupakan masker sekali pakai yang memiliki harga terjangkau dan nyaman dipakai.

Meski tidak terlalu efektif untuk mencegah kuman, namun penggunaan masker menjadi upaya untuk mencegah penularan virus Corona semakin bertambah. Adapun masker N95 merupakan tipe masker yang digunakan khusus oleh petugas medis sebagai alat pelindung diri dalam merawat pasien covid 19.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Cara mencegah virus Corona selanjutnya yaitu dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan bisa melawan berbagai macam penyakit. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, telur, daging tanpa lemak dan ikan. Bila perlu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen anjuran dokter.

Selain itu Anda juga harus rutin berolahraga, tidak merokok, istirahat yang cukup dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari penularan virus.

4. Physical Distancing dan Isolasi Mandiri

Anda juga harus melakukan pembatasan fisik dengan orang lain agar terhindar dari virus Corona. Jika tidak ada hal penting, lebih baik Anda berada di rumah saja. Namun jika Anda sedang berpergian, pastikan Anda menjaga jarak 1 meter dengan orang lain, menggunakan masker serta membawa hand sanitizer. Jika Anda mengalami gejala covid-19 pastikan anda mengisolasi diri di rumah agar tidak menyebarkan virus Corona.

5. Membersihkan Rumah

Selain menjaga kebersihan diri, Anda juga harus membersihkan rumah agar tidak ada kuman atau virus yang masuk. Pastikan Anda membersihkan peralatan di rumah yang sering disentuh secara rutin, seperti kran air, remote televisi, gagang pintu, permukaan meja dan lainnya.

Itulah 5 langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona lebih luas. Jika Anda terkena gejala virus corona, alangkah baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Salah satu rekomendasi untuk konsultasi bisa melalui Halodoc, sebuah situs web dan aplikasi yang memberikan solusi kesehatan super lengkap. Anda bisa beli obat, konsultasi atau tanya dokter, maupun cek lab kesehatan.

Jika tidak bisa pergi ke dokter, anda cukup gunakan aplikasi Halodoc dan bisa konsultasi seputar kesehatan anda dengan mudah hanya lewat smartphone. Jangan tunda, karena kesehatan anda begitu berharga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *