3 Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Pemberitahuan di whatsapp tidak muncul? Sering ketinggalan informasi pesan whatsapp karena notifikasi tidak ada? Simak artikel lengkap tentang cara menampilkan notifikasi whatsapp yang tidak muncul!

Whatsapp merupakan aplikasi pesan modern yang populer saat ini. Para pengguna dapat mengirim pesan berupa teks, gambar, stiker, video maupun file.

Sebagai aplikasi pesan instant tentu whatsapp memberikan fitur-fitur penting demi kenyamanan pengguna. Salah satunya fitur notifikasi yang hadir sebagai pengingat jika ada pesan masuk di akun whatsapp.

Mungkin terlihat biasa saja, namun fitur notifikasi sangat penting terutama bagi anda yang jarang membuka ponsel. Tanpa notifikasi, anda akan ketinggalan semua informasi penting yang masuk ke whatsapp.

Tentu hal itu tidak diinginkan, hanya saja beberapa pengguna mengeluh karena notifikasi whatsapp tidak muncul di layar atau di status bar perangkat. Hal ini bukan karena bug dari aplikasi, bisa jadi karena pengaturan aplikasi di ponsel penggguna.

Bagi anda yang mengalami seperti ini, tidak perlu khawatir karena asianami sudah menyiapkan cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak muncul di status bar atau dilayar perangkat HP. Dengan begitu, anda tidak lagi ketinggalan informasi penting yang ada di whatsapp.

Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp

Banyak faktor mengapa pemberitahuan whatsapp tidak muncul di layar perangkat. Bisa jadi karena jaringan, pengaturan atau dari aplikasi whatsapp itu sendiri.

Berikut sudah kami siapkan 4 cara untuk menampilkan notifikasi whatsapp yang tidak muncul. Anda bisa mencobanya tanpa harus memerlukan aplikasi apapun.

1. Cek Koneksi Internet

koneksi internet smartphone

Koneksi internet disini bisa menjadi penyebab notifikasi tidak muncul. Walaupun jumlah bar sinyal penuh, bukan menjamin kualitas internetnya bagus.

Jika memang penyebab notifikasi (pemberitahuan) whatsapp tidak muncul adalah koneksi internet. Anda perlu mencoba cara dibawah ini untuk memastikannya:

  • Pastikan kartu yang anda gunakan masih memiliki kuota internet. Jika masih ada kuota, lalu coba buka aplikasi lain seperti youtube untuk memastikan koneksi internet lancar.
  • Jika anda menggunakan wifi, pastikan koneksi wifi lancar dan tidak ada gangguan.

Biasanya koneksi internet juga dipengaruhi oleh cuaca seperti hujan. Tentu bisa mengganggu koneksi internet pada smartphone kita. Biasanya notifikasi whatsapp munculnya telat bahkan tidak muncul sama sekali.

2. Cek Pengaturan Notifikasi WhatsApp

Cara selanjutnya yaitu mengecek pengaturan notifikasi di whatsapp. Anda bisa mengecek apakah pengaturan notifikasi di aplikasi sudah diaktifkan atau tidak.

Cara Menampilkan Pemberitahuan WhatsApp yang tidak muncul:

  • Buka aplikasi whatsapp di ponsel.
  • Masuk ke pengaturan whatsapp. Caranya klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Setelan.
  • Silahkan pilih Notifikasi untuk mengubah pengaturan pesan, group dan nada dering panggilan.
  • Selanjutnya aktifkan notifikasi percakapan. Termasuk di bagian Pesan & Group, silahkan aktifkan juga notifikasi popup agar pemberitahuan muncul di status bar atau di layar perangkat.
  • Selesai.
cara menampilkan notifikasi whatsapp

Jika anda menggunakan 2 whatsapp seperti whatsapp business, bisa digunakan untuk mengirim pesan dan mengecek apakah pemberitahuan sudah muncul atau tidak.

3. Cek Pengaturan Notifikasi Sistem

Selain pengaturan internal aplikasi, ponsel pintar juga memiliki pengaturan notifikasi system untuk semua aplikasi. Bisa jadi notif pesan WA tidak muncul karena pemberitahuan aplikasi system diblokir.

Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp Terbaru:

  • Buka pengaturan sistem di ponsel.
  • Setelah itu cari dan pilih Pengaturan Aplikasi.
  • Anda akan melihat semua aplikasi yang terinstall pada ponsel. Silahkan cari aplikasi whatsapp (harusnya berada di bagian bawah).
  • Pada pengaturan aplikasi, klik Pemberitahuan.
  • Selanjutnya aktifkan perizinan notifikasi whatsapp.
cara menampilkan notifikasi whatsapp

Cara diatas menggunakan HP Samsung A3 2016, jadi harap menyesuaikan dengan merk atau tipe ponsel masing-masing.

Ingin menghilangkan notifikasi di WA? Baca cara menghilangkan notifikasi WhatsApp.


4. Update dan Install Ulang WhatsApp

update whatsapp untuk menampilkan notifikasi

Jika semua cara sebelumnya sudah dicoba namun notifikasi belum muncul. Silahkan cek apakah aplikasi sudah terupdate atau belum. Jika belum, segera update whatsapp melalui play store atau app store.

Jika sudah memastikan semuanya dan belum muncul juga. Silahkan install ulang whatsapp, namun jangan lupa pastikan anda sudah melakukan backup data akun whatsapp anda.

Demikian 4 cara menampilkan notifikasi whatsapp yang tidak muncul di status bar atau dilayar perangkat smartphone. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar