5 Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

Cara memulai investasi saham bagi pemula sangat penting dalam setiap tahapnya. Disini kita akan membahas dari langkah awal sehingga tidak perlu bingung dan tentunya bisa paham resiko dalam berinvestasi saham.

Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

Langkah 1

Langkah pertama adalah kita harus membuka rekening efek/sub account khusus untuk melakukan transaksi saham. Kita tinggal datang ke broker, sekuritas atau pialang untuk membuka rekening tersebut.

RDI (Rekening dana investor) pasti atas nama kita pribadi, karena modal untuk berinvetasi saham akan kita setor ke rekening atas nama kita sendiri.

RDI tidak mendapatkan atm atau buku tabungan melainkan berbentuk laporan bulanan seperti giro. Ada Bank khusus disebut kustodian (BCA, MANDIRI, CIMB NIAGA dan PERMATA) tinggal pilih salah satu.

Baca juga: 3 Tipe Investor Menurut Profil Risiko

Langkah 2

Langkah kedua adalah memastikan RDI sudah aktif dan rekening efek sudah siap digunakan untuk bertransaksi jual beli saham.

Sekuritas penyedia jasa transaksi hanya menyediakan jasa apa saja yang kita butuhkan untuk melakukan jual beli saham (Informasi harga, portofolio, alat untuk melakukan analisa saham, market outlook dll).

Jadi intinya semua broker sama, yang membedakan adalah fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada kita.

Langkah 3

Langkah ketiga adalah belilah saham pertamamu, dengan modal yang kamu memang tidak pakai selama beberapa waktu yang lama (idle money). Jangan pernah membeli saham menggunakan uang jangka pendek, karena sangat berisiko.

Baca juga: 5 Cara Memilih Saham Bagi Pemula

Langkah 4

Langkah keempat adalah bergabunglah dengan group group saham yang aktif di media sosial seperti facebook, whatsapp bahkan telegram. Karena disana kita akan mendapat banyak informasi dan bisa mendapat teman baru.

Langkah 5

Langkah kelima wajib membuat trading log atau catatan transaksi, untung rugi kita melakukan transaksi seperti pedagang tanah abang.

Investasi saham tidak jauh beda seperti kita menanam buah, butuh waktu untuk merawat portofolio, kerja keras menghilangkan hama, bahkan berisiko gagal panen.

Jadi secara kesimpulan, jika kita berniat ingin belajar dan berinvestasi saham maka langkah pertama bukalah rekening efek terlebih dahulu dan perbanyak belajar tentang teori investasi saham, serta beli saham pertama kita dengan modal paling kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *