4 Cara Membersihkan RAM Laptop

cara membersihkan ram laptop

Cara Membersihkan RAM Laptop – RAM adalah sebuah ruang penyimpanan sementara yang ada di dalam memori. Bagian ini bisa berlaku untuk PC, laptop, dan juga untuk hp android. Random access memory ini biasa digunakan untuk menyimpan semua data yang ada di dalam PC.

Namun sayangnya, sering kali bagian RAM menjadi lemot karena 2 hal. Yaitu, karena hardware yang tidak cukup memadahi dan bisa jadi karena software yang sedang dijalankan tersebut terlalu banyak.

Sehingga, salah satu cara supaya bagian ruang penyimpanan ini tidak sampai lemot adalah dengan cara melakukan upgrade ataupun menambah kapasitasnya.

Namun, ada solusi lain yaitu dengan cara membersihkan bagian RAM dengan benar. Solusi ini tentu menjadi pilihan terbaik jika Anda tidak mau mengupgradenya karena biaya yang dibutuhkan mahal.

Nah, yuk simak cara tepat untuk membersihkan bagian RAM pada laptop.

Cara Membersihkan RAM Laptop

1. Ready Boost

Anda bisa membersihkan RAM laptop dengan menggunakan bantuan dari Ready boost.

Caranya, cukup jalankan dari Microsoft. Nanti Anda tinggal menambah memori virtual dari flashdisk sebagai pengganti RAM tersebut.

Disini kita memanfaatkan fitur dari Ready Boost sehingga membuat load pada RAM bisa lebih meningkat hingga angka 75%.

Fitur ini tentu sangat membantu, apalagi untuk ruang penyimpanan laptop yang terbilang kecil. Khususnya untuk ukuran sebesar 1GB hingga 2 GB saja.

Disarankan menggunakan USB atau flashdisk yang berukuran 256 MB dengan waktu akses sebanyak 1 mili detik atau dibawahnya. Sedangkan untuk kecepatan membacanya harus 2.5 MB, dan kecepatan untuk menulisnya sebesar 1,75 MB.

Dengan kriteria tersebut, tentu membuat RAM laptop Anda bisa segera dibersihkan.

2. Windows Task Manager dan Resource Monitor

Untuk mengatasi permasalahan pada RAM, Anda juga bisa menggunakan bantuan Windows Task Manager maupun Resource Monitor.

Cobalah untuk membuka tab performance, kemudian klik resource monitor dan tab memory. Sehingga, Anda bisa tahu aplikasi mana yang sedang berjalan saat ini.

Selanjutnya, bila Anda menemukan aplikasi yang memakai memori terlalu banyak namun bukan dari aplikasi windows, maka Anda bisa memilih End Task untuk mengakhirinya. Sehingga, ruang penyimpanan Anda menjadi lebih bersih dan lebih ringan.

3. Uninstall Software

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan uninstall beberapa software yang tidak digunakan.

Misalnya seperti fitur one drive dan drop box. Dimana software atau fitur ini selalu aktif meskipun laptop telah di restart atau dimatikan.

Baca juga: 2 Cara Menghapus Cache di Laptop

4. RAM Cleaner

Anda juga bisa menggunakan bantuan dari RAM Cleaner untuk melakukan pengecekan terhadap pemakaian memori. Sehingga nanti aplikasi tersebut bisa membersihkan ruang penyimpanan laptop atau PC.

RAM Cleaner termasuk aplikasi yang bisa mendeteksi semua aplikasi yang banyak memakai ruang penyimpanan pada laptop. Tentu, dengan bantuan ini bisa membuat RAM laptop lebih efektif lagi.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara untuk membuat kinerja RAM menjadi semakin lebih meningkat. Yaitu, dengan cara membersihkan bagian ini dengan sebaik mungkin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *