Cara Membuat dan Melihat Username ID Telegram

Ketika join group telegram, sering disuruh untuk memakai username? Tenang saja, jika kamu pengguna baru telegram, simak cara membuat username telegram dan cara melihat id telegram kita sendiri.

Telegram merupakan #media sosial yang populer setelah aplikasi whatsapp. Bahkan pengguna telegram semakin banyak seiring penambahan dan perkembangan fitur telegram.

Apa itu id telegram?

Username telegram merupakan identitas unik dari setiap pengguna telegram. Username telegram sama halnya dengan id telegram.

Dengan memakai id telegram, teman kita lebih mudah mencari kontak telegram kita. Begitu sebaliknya, kita bisa mencari kontak orang lain dengan memakai id telegram mereka.

Note: Username = ID Telegram

Cara Membuat Username Telegram

Jika kamu baru membuat akun telegram, dipastikan username belum ada alias belum dibuat. Cara bikin id telegram sangat mudah dan cepat.

Cara membuat id telegram:

  • Buka aplikasi telegram di hp.
  • Masuk ke pengaturan. Caranya klik ikon menu di bagian pojok kiri atas, lalu pilih pengaturan / setting. Atau bisa juga dengan cara klik foto profil telegram kamu.
  • Jika username belum dibuat, pasti di bagian username tertulis tidak ada. Silahkan klik untuk membuat username telegram kamu.
  • Jika sudah, silahkan klik icon centang di pojok kanan atas untuk menyimpannya.
cara melihat id telegram

Untuk pengguna iphone, caranya tidak jauh beda. Cukup masuk ke pengaturan di bagian pojok kanan bawah, lalu pilih atur username.

Gimana? Mudah bukan?

Pastikan membuat username yang belum digunakan. Karena jika sudah digunakan orang lain, kamu tidak bisa menggunakan username tersebut.

Selain itu, pilih username yang mudah diingat supaya gampang ditemukan oleh teman atau pengguna telegram lain. Tinggal disesuaikan dengan selera kamu ya, yang penting username tersebut masih bisa kamu gunakan alias tersedia.

Contoh id telegram yang bisa digunakan yaitu berupa huruf a-z, angka 0-9, dan garis bawah. Boleh juga kamu membuat id tele dengan menggunakan kombinasi dari ketiganya. Minimal karakter id telegram adalah 5 karakter.

Contoh id telegram: asianamicom, asianami2021, dan sebagainya.

Id telegram tidak bisa menggunakan titik (.) atau karakter lain selain diatas.

Baca juga: Cara Download Video LINE Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Username ID Telegram Sendiri

Gimana sih cara mencari id telegram? Jika belum pernah membuat id telegram, caranya sama seperti diatas.

Oya, id telegram yang dimaksud disini adalah username telegram ya. Jadi kalau kamu pengen membuat, merubah dan melihat id telegram, caranya cukup masuk ke pengaturan dan disitu semua informasi akun kamu termasuk username yang kalian miliki.

Sekali lagi, username disini bisa kalian ubah berkali-kali. Caranya sama seperti membuat username pertama kali.

Beda lagi jika kamu menanyakan id telegram unik yang berupa angka di setiap akun pengguna telegram. Berikut cara melihat id telegram yang berupa angka dan tidak bisa dirubah.

  • Buka aplikasi telegram.
  • Pada kolom pencarian, ketik username userinfobot“.
  • Setelah ketemu, klik start.
  • Secara otomatis akan muncul id telegram unik berupa 10 angka beserta nama kamu.

Baca juga: Cara Hapus Akun Telegram

Cara Membagikan ID Telegram ke Teman

Selain sebagai identitas, fungsi utama dari username telegram yaitu memudahkan orang lain untuk mengundang atau mencari kontak telegram kita. Termasuk jika kita ingin mencari teman di telegram, bisa juga dengan menggunakan id telegram milik teman kita.

Cara ngasih id telegram ke teman, cukup share link atau tautan saja

  • Buka aplikasi telegram, lalu masuk ke pengaturan atau profil akun telegram kamu.
  • Ketuk atau tap pada bagian username.
  • Nah, dibagian paling bawah ada tautan atau link seperti contoh https://t.me/asianamicom.
  • Kamu bisa share ke media sosial seperti whatsapp, line atau lainnya untuk mengundang teman atau orang lain terhubung denganmu di aplikasi telegram.

Gimana? Sangat menarik ya aplikasi telegram ini. Bahkan username ini pengganti dari nomor telepon kalian. Jadi mereka bisa terhubung denganmu di telegram tanpa harus mengetahui nomor hp yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *