10 Tips & Cara Jualan di Marketplace Terbukti Cepat Laku

Cara jualan di marketplace bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Cukup buka toko di tokopedia, bukalapak dan marketplace lainnya, Anda sudah bisa menghasilkan uang dengan jualan produk atau barang secara gratis. Namun, bagaimana caranya? Yuk simak!

Marketplace sudah menjadi salah satu industri besar di Indonesia. Hal ini terlihat dalam beberapa tahun belakangan, kita sudah bisa belanja online dengan mudah dan cepat. Bahkan dengan sistem pembayaran yang aman, marketplace menjadi tempat belanja online yang ramai dikunjungi.

Bagi pelaku bisnis, kelebihan diatas menjadi sebuah peluang untuk memasarkan produk andalan mereka. Namun bagi sebagian orang, memulai jualan online di marketplace terasa sulit karena banyaknya pesaing.

Anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan membahas secara lengkap bagaimana cara memulai jualan online di marketplace. Termasuk tips jualan laris di tokopedia, bukalapak, shopee, dan lain sebagainya.

Tips Jualan Online di Marketplace

Perlu anda ketahui bahwa banyak orang yang asal-asalan jualan online di marketplace. Akibatnya produk atau barang mereka tidak laku karena kurang memperhatikan kebutuhan konsumen.

Agar bisnis di marketplace mendulang kesuksesan, berikut tips dan hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum berjualan online di marketplace.

1. Mengenal Kebutuhan Konsumen

Sebelum memilih produk yang akan dijual. Anda perlu melihat dan mengetahui kebutuhan para konsumen yang anda target. Dimana kebutuhan tiap-tiap konsumen tentu sangat berbeda.

Misalkan dari segi demografi usia: Anak muda cenderung membeli gadget yang canggih dan terbaru. Sedangkan orang tua hanya membutuhkan gadget sebagai alat komunikasi.

Intinya, pahami dulu demografi audiens atau konsumen secara jelas, lalu anda bisa menentukan spesifikasi produk. Dengan begitu, anda memiliki pasar yang jelas sehingga jualan anda cepat laku karena benar-benar menarik dan dibutuhkan oleh para konsumen.

2. Menyiapkan Produk yang akan dijual

Setelah mengetahui target konsumen, waktunya untuk menyiapkan produk yang akan dijual. Jika bisnis anda bergerak di bidang elektronik, anda perlu menyiapkan semua jenis barang yang ingin dijual.

Jangan lupa untuk memperhatikan produsen produk tersebut. Sehingga saat produk habis, anda dapat me-restock produk secara mudah dan cepat agar konsumen tidak menunggu terlalu lama.

3. Melihat Kekuatan Pesaing

Dunia bisnis tentu dipenuhi dengan para pesaing. Anda jualan produk elektronik, tentu banyak kompetitor yang juga menjual produk serupa.

Supaya produk dapat bersaing, anda perlu memahami kekuatan para pesaing. Pastikan anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya, terutama jika anda pemain baru dalam produk tersebut.

Baik persaingan rendah dan tinggi, anda perlu menjadikan kekurangan kompetitor menjadi kelebihan dari produk anda. Karena kekhasan atau keunikan produk menjadi kunci dan cara jitu untuk memenangkan pasar.

Cara Jualan di Marketplace

Jika anda sudah memahami konsumen, pesaing dan memilih produk. Saatnya untuk melakukan tahap-tahap cara berjualan online di marketplace.

1. Memilih Nama Toko

Langkah pertama adalah memilih dan menyiapkan nama toko anda.

Nama toko menjadi aspek penting dan mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan sebuah bisnis, terutama masalah branding. Untuk itu, pastikan anda memikirkan dengan matang dan tidak memilih nama toko secara asal-asalan.

Selain itu, beberapa marketplace seperti tokopedia tidak memperkenankan mengganti nama toko yang sudah dibuat. Jadi anda harus benar-benar menyiapkan dan memilih nama toko yang cocok sebagai branding produk atau barang jualan anda.

Tips memilih nama toko untuk jualan online:

  • Nama toko harus unik, menarik, dan mudah di ingat.
  • Nama toko akan menjadi identitas brand bisnis anda. Sehingga pastikan ada nama brand produk anda di nama toko yang dipilih.

2. Buka Toko di Marketplace

Jika sudah menentukan nama toko yang akan dipakai. Selanjutnya anda harus menentukan salah satu marketplace tempat anda jualan. Jika anda baru dalam bisnis jualan online, jangan terlalu banyak membuat toko, cukup satu atau dua marketplace saja. Misalnya Anda berencana membuat toko di tokopedia dan bukalapak, atau tokopedia dan shopee.

Setelah anda menentukan satu atau dua marketplace tempat anda jualan. Silahkan buat akun dan buka toko di marketplace pilihan Anda. Syaratnya sangat mudah, cukup gunakan alamat email atau akun facebook Anda untuk membuat akun di marketplace.

3. Logo untuk Gambar Profil Toko

Supaya lebih profesional dan lebih dipercaya, buatlah logo dari brand toko anda.

Logo yang dibuat harus unik, kreatif dan menjadi identitas branding dari produk dan toko anda. Anda bisa membuat logo di photoshop atau aplikasi pembuat logo gratis seperti canva.

Pastikan anda tidak membuat logo yang alay dan asal-asal. Karena logo tersebut bisa membawa trust kepada calon pembeli anda.

4. Produk dengan Foto Real

Semua barang atau produk yang dibeli secara online, tentu tidak dapat dilihat langsung oleh para pembeli. Mereka hanya bisa membayangkan produk yang hendak dibeli dan berharap sesuai dengan gambar dan bayangan mereka.

Pastikan semua gambar produk menggunakan gambar real. Dengan kata lain, anda harus mengupload gambar produk yang anda foto sendiri. Hal ini dilakukan agar pembeli tidak kecewa ketika produk sampai, termasuk menambah kepercayaan para pembeli.

Anda juga bisa mengedit gambar agar lebih menarik dan enak dilihat. Termasuk menambah watermark sehingga terlihat jelas bahwa foto produk tersebut adalah milik toko anda.

5. Menulis Deskripsi Produk yang Jelas

Produk yang anda jual kemungkinan besar sama dengan para penjual lain. Sehingga anda perlu membuat sedikit perbedaan dari deskripsi produk anda.

Tulislah deskripsi yang jelas, informasi dan lengkap mengenai produk yang anda jual. Termasuk menambahkan informasi penting dalam bentuk gambar yang di upload bersama foto produk.

6. Memilih Jasa Pengiriman

Selanjutnya adalah memilih kurir atau jasa pengiriman barang. Pastikan anda menyesuaikan dengan kondisi produk anda.

Jika anda tinggal di jabodetabek, anda bisa memilih semua kurir, khususnya kurir instant seperti grab dan gojek. Namun, bisa anda sesuaikan dengan kondisi toko anda.

Berikut beberapa kurir yang bisa anda gunakan:

  • Grab (instant & same day)
  • Go-send (instant dan same day)
  • Sicepat
  • Anteraja
  • JNE
  • Ninja
  • J&T

7. Harga Bersaing

Salah satu yang menjadi kriteria para pembeli adalah sebuah. Jika anda bisa memberikan harga yang lebih terjangkau dan bersaing, itu akan lebih baik.

Jadi sebelum menentukan harga produk, lakukan riset harga dari para penjual lain. Jangan terlalu murah dan jangan terlalu mahal, pastikan harga anda bersaing dengan penjual lain.

Jika anda baru memulai bisa jualan online, anda bisa baca tips jualan online bagi pemula hingga 100 orderan tiap hari.

Demikian 3 tips dan 7 cara jualan online di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, dan shopee. Jangan lupa untuk mempromosikan toko anda ke media sosial seperti whatsapp, facebook, dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar