Cara Ganti Nama Toko di Tokopedia Tanpa Akun Baru

Anda jualan produk di tokopedia? Sekarang ingin mengganti nama toko? Apakah bisa? Simak artikel cara ganti nama toko di tokopedia yang dibahas secara lengkap dan jelas.

Tokopedia merupakan salah satu marketplace tempat belanja (mall online) terpercaya di Indonesia. Setiap orang dan pemilik bisnis di Indonesia dapat menjual produk apa saja. Cukup dengan membuat akun dengan email dan buka toko online di tokopedia secara mudah dan gratis tanpa biaya.

Setelah membuat toko, biasanya para penjual berencana untuk mengganti nama dan domain toko di tokopedia. Alasannya sangat beragam, mulai dari ingin mengganti nama brand produk atau karena nama toko masih atas nama pribadi sehingga ingin diubah menggunakan nama brand produk.

Perlu anda ketahui, mengganti nama toko di tokopedia tidak bisa dilakukan sendiri oleh para penjual. Hanya TIM Tokopedia saja yang bisa menggantinya, hal ini demi menjaga kenyamanan dan keamanan bagi para pembeli.

Syarat Nama Toko di Tokopedia

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu anda ketahui sebelum melakukan pengajuan pergantian nama toko di tokopedia. Hal ini untuk mempermudah dengan sekali pengajuan saja.

Berikut ketentuan terkait pergantian nama toko di tokopedia:

  1. Perubahan nama dan domain toko hanya bisa dilakukan oleh tim tokopedia. Hal ini karena menu pergantian nama tidak ada di aplikasi tokopedia, sehingga anda tidak bisa mengubah sendiri.
  2. Perubahan atau pergantian nama dan domain hanya dapat dilakukan dengan satu kali pengajuan saja. Jadi pastikan anda sudah yakin dengan nama brand yang akan digunakan secara permanen.
  3. Pastikan nama toko dan domain toko yang ingin anda ajukan belum digunakan oleh orang lain. Sehingga sebelum melakukan pengajuan, disarankan untuk mengecek ketersediaan nama dan domain di aplikasi tokopedia.

Seperti yang saya katakan, sebelum mengajukan pergantian nama dan domain toko, anda harus mengecek ketersediaannya terlebih dahulu. Karena jika nama atau domain yang anda ajukan tidak tersedia (sudah digunakan orang lain), maka pengajuan anda 100% ditolak.

Step 1: Cek nama toko di tokopedia

Pertama anda harus mengecek apakah nama toko baru anda masih tersedia atau tidak. Jika sudah digunakan oleh orang lain, maka harus mencari nama lain untuk toko anda.

Berikut cara cek nama toko di tokopedia yang belum digunakan:

  1. Buka aplikasi tokopedia atau melalui alamat www.tokopedia.com.
  2. Pada kolom pencarian, ketik nama yang ingin digunakan untuk nama toko anda.
  3. Maka akan muncul pilihan menu produk, katalog, toko dan profil. Klik pada menu Toko untuk mengetahui apakah nama tersebut sudah ada atau tidak.
  4. Jika muncul “Oops, toko nggak ditemukan“, artinya nama yang anda cari masih tersedia dan bisa anda gunakan sebagai nama toko anda.
cara ganti nama toko di tokopedia

Step 2: Cek domain toko di tokopedia

Jika sudah selesai mencari nama toko yang masih tersedia. Selanjutnya, anda juga perlu mengecek ketersediaan domain toko di tokopedia.

Nama domain sangat menentukan penjualan barang atau produk anda. Pastikan anda mengetahui dan memilih nama domain yang cocok dengan nama toko/brand produk anda.

Tips dalam memilih domain toko; Carilah nama domain yang unik, mudah di ingat, dan hampir atau sama dengan nama toko. Saran saya, gunakan nama domain yang sama persis dengan nama toko anda.

Berikut cara cek domain toko di tokopedia yang belum digunakan:

  1. Buka browser google chrome atau lainnya pada laptop.
  2. Selanjutnya kunjungi https://www.tokopedia.com/namatokoanda pada browser. Sebagai contoh seperti https://www.tokopedia.com/asianami.
  3. Jika tidak muncul sebuah toko orang lain, maka nama domain tersebut masih tersedia dan bisa anda gunakan untuk nama domain toko anda.
cara ganti nama toko di tokopedia

Cara Ganti Nama Toko di Tokopedia

Untuk melakukan pergantian atau perubahan nama toko, anda harus memiliki syarat dibawah ini:

  • Sudah menentukan nama toko dan belum dipakai orang lain.
  • Sudah menentukan domain toko dan belum dipakai orang lain.

Jika nama toko dan domain toko sudah ditentukan dan tersedia. Maka anda sudah bisa mengajukan pergantian / perubahan nama toko dan domain toko di tokopedia.

Cara ganti nama toko di tokopedia terbaru 2020:

1. Buka tokopedia.com/help/article/a-0580?refid=pg-11 pada browser laptop.

2. Scroll kebawah dan klik tombol Hubungi Kami.

cara ganti nama toko di tokopedia

3. Pada bagian detail masih, silahkan jelaskan permasalahan anda. Berikut contoh format pesan pengajuan pergantian nama toko dan domain toko di tokopedia.

Selamat Pagi/Siang/Malam,
Saya Abd Jalil, ingin mengubah nama toko dan domain toko di tokopedia.
Berikut rinciannya:
Saat ini:
Nama toko: Abd Jalil
Domain toko: abdjalil
Ingin melakukan perubahan menjadi
Nama toko: Keripik Jamur
Domain toko: keripikjamur
Perubahan nama toko dan domain toko ini dikarenakan tidak mengetahui produk atau barang yang ingin dijual, sehingga menggunakan nama pribadi. Namun saat ini sudah menentukan nama produk atau barang (snack dan cemilan keripik jamur mushroom), sehingga perlu perubahan nama dan domain toko supaya memudahkan para pembeli dalam mencari produk atau toko saya.
Sekian, saya ucapkan terimakasih.

4. Kemudian klik tombol Kirim.

Sampai disini pengajuan perubahan nama toko dan domain toko sudah selesai. Anda akan menerima email bahwa laporan anda sudah diterima.

Jawaban dari hasil pengajuan biasanya tidak cepat. Tim Tokopedia Care akan melakukan proses data pengajuan dan memberikan jawaban paling cepat 1×24 jam.

Baca juga: Tips Jualan Online Bagi Pemula

Update: Perubahan atau pergantian nama toko dan domain toko di tokopedia SUDAH TIDAK BISA.

Hal ini sesuai dengan syarat dan ketentuan pada poin B no 15, dimana pengguna sudah tidak bisa atau tidak memiliki hak untuk mengubah nama akun, nama toko dan/atau domain toko di tokopedia.

Silahkan baca syarat dan ketentuan tokopedia diatas untuk mengetahui informasi lebih lengkap dan detail. Hal ini dilakukan demi menjaga kenyamanan dan keamanan khususnya bagi para pembeli di tokopedia.

FAQ Terkait Nama Toko di Tokopedia

1. Apakah ada cara membuat 2 toko dalam 1 akun tokopedia?

Tidak ada. Setiap 1 akun tokopedia hanya boleh membuat 1 toko.

2. Apakah ada cara lain untuk menambah toko di tokopedia?

Ada. Jika anda ingin memiliki toko baru sesuai nama brand atau produk. Anda bisa membuat akun baru di tokopedia menggunakan email baru.

Jangan lupa untuk memastikan dan mengecek kembali nama toko yang diinginkan. Jika nama tersebut sudah digunakan orang lain, cari nama lain untuk ganti nama toko yang sudah direncanakan. Pastikan nama toko tersebut menjadi branding produk atau barang yang akan anda jual.

Sebagai referensi, untuk membuat toko baru di tokopedia sudah dijelaskan secara lengkap dalam artikel berikut:

Jangan lupa, pastikan nama toko dan domain toko masih tersedia.

Ingat, anda harus yakin dengan nama toko dan domain toko yang dipilih. Karena toko yang sudah dibuat tidak bisa diubah lagi.

Demikian artikel tentang cara mengubah nama toko di tokopedia. Jika anda memang ingin menjual produk dengan nama brand yang unik, silahkan buat akun baru dan buka toko baru di tokopedia.

Jika ada ide, saran dan pertanyaan, jangan lupa tinggalkan pesan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat dan sukses jualan online.

Tinggalkan komentar