3 Cara Download (Menyimpan) Status WhatsApp (WA)

Sering lihat foto atau video menarik di status whatsapp teman? Udah tahu cara menyimpannya? Simak artikel tentang cara download (menyimpan) status foto / video di whatsapp orang lain tanpa aplikasi apapun.

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instant yang digemari masyarakat. Dengan tampilan sederhana dan simpel, anda bisa mengirim pesan whatsapp berupa teks, gambar, video dan juga stiker.

Bukan hanya itu, whatsapp juga mengeluarkan fitur yang bernama “status” atau “story”. Dimana para pengguna dapat berbagi foto, video pendek dan GIF di status whatsapp mereka, mirip seperti instagram stories.

Status whatsapp ini secara default dapat dilihat oleh semua orang di kontak whatsapp Anda. Mereka dapat melihat status WA anda selama waktu 24 jam, setelah itu akan hilang dengan sendirinya.

Jika anda juga sering menemukan foto atau video menarik di status whatsapp teman anda. Sayangnya anda tidak bisa menyimpan secara langsung, karena tidak tersedia fitur download pada status whatsapp. Sehingga anda hanya bisa memanfaatkan fitur “screenshot” di smartphone.

Mungkin masih berguna untuk status yang berupa foto, bagaimana cara menyimpan status video di whatsapp? Tidak mungkin menggunakan fitur screenshot layaknya foto atau gambar.

Untungnya artikel ini akan membahas cara menyimpan status di whatsapp dengan mudah dan tanpa aplikasi. Yuk simak!

3 Cara Download Status WhatsApp

Tutorial download foto atau status whatsapp ini akan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Jadi anda bisa menggunakan salah satu cara yang menurut anda lebih mudah dan simpel.

1. Status Saver

Status saver merupakan aplikasi buatan LaXy GeNiOuZ InC untuk menyimpan status dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini memiliki ulasan yang bagus dan sudah diunduh lebih dari 490 ribu orang.

Penting: Cara kerjanya adalah Anda harus menonton atau membuka dulu status foto atau video whatsapp miliki orang lain. Karena aplikasi ini akan memunculkan history atau cache dari status whatsapp anda.

Cara menyimpan status whatsapp dengan aplikasi:

  • Download dan install aplikasi Status Saver di google play store.
  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut. Pastikan anda sudah melihat status whatsapp yang ingin anda download.
  • Anda akan melihat pilihan Gambar, Video dan Games. Silahkan pilih menu images untuk download gambar, sedangkan menu videos untuk download videos.
  • Selanjutnya klik atau tekan pada salah satu gambar atau video tersebut. Setelah terbuka, klik tanda + yang ada pada bagian bawah kanan layar.
  • Untuk menyimpannya, silahkan pilih Save.
cara download status whatsapp (WA)

Semua hasil unduhan dari aplikasi ini akan tersimpan di galeri hp. Selain untuk menyimpan status whatsapp (WA), anda juga bisa menggunakan fitur lain dari aplikasi ini seperti Share, Repost, dan Set As.

Kekurangannya aplikasi ini yaitu adanya iklan. Namun tidak mengganggu pengguna, karena aplikasi ini sudah sangat mudah digunakan dan simpel untuk mengunduh foto atau video story whatsapp.

2. WhatsApp Web

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan layanan whatsapp web. Tentu anda bisa menyimpan status foto atau video WA tanpa aplikasi, dan bisa dilakukan oleh pengguna android maupun iOS.


Cara download status whatsapp dengan WA Web:

  • Buka whatsapp web di browser laptop atau komputer.
  • Jangan lupa scan dan login menggunakan akun whatsapp Anda.
  • Selanjutnya klik ikon status di bagian atas (bentuknya seperti lingkarang dengan garis putus-putus).
cara menyimpan story WA WEB
  • Pilih dan klik status whatsapp teman yang ingin anda download.
  • Pada status foto atau video, klik kanan lalu pilih Simpan video sebagai atau Control+S.
cara menyimpan story WA WEB
  • Silahkan pilih tempat penyimpanan, maka video akan di download secara otomatis.
  • Selesai.

Baca juga: Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp

Cara ini tentu tanpa menggunakan aplikasi. Namun anda harus membuka whatsapp web di browser komputer atau laptop untuk menyimpan status foto atau video.

3. Cara Menyimpan Status Whatsapp Tanpa Aplikasi

Cara terakhir adalah paling mudah dan pasti anda bisa melakukannya. Bahkan sejak anda melihat status whatsapp orang lain, foto atau video tersebut sudah tersimpan di penyimpanan smartphone anda.

Bahkan semua story whatsapp yang dilihat sudah pasti tersimpan di memori hp pengguna. Hanya saja tidak tersimpan di galeri hp, namun tersembunyi di bagian file manager.

Bagaimana caranya? Yuk simak cara download status whatsapp orang lain dengan mudah dan tanpa aplikasi!

Pada tutorial ini kami menggunakan ponsel Samsung A3 2016, jadi anda bisa menyesuaikan dengan merk atau tipe smartphone masing-masing ya!

  • Pertama, buka status whatsapp dan lihat status orang lain yang ingin anda download.
  • Setelah itu, keluar dari aplikasi whatsapp dan buka File Manager atau File Saya di HP.
  • Buka Pengaturan dengan cara klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan. Setelah itu aktifkan “Tampilkan file yang tersembunyi“. (Lihat gambar)
cara download status whatsapp
  • Jika sudah, kembali lagi ke halaman awal file manager. Selanjutnya buka Search, lalu ketik WhatsApp.
  • Silahkan pilih folder whatsapp, lalu klik folder Media. Pada folder media ini silahkan cari dan klik folder .Statuses. (Lihat gambar)
cara download status whatsapp
  • Maka anda akan melihat history foto atau video dari status whatsapp orang lain yang telah Anda lihat.
cara download status whatsapp
  • Silahkan anda pindahkan ke galeri dan rename foto atau video sesuai keinginan.
  • Selesai.

Bagaimana mudah bukan?

Demikian 3 cara mendownload status whatsapp baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Anda bisa memakai cara yang menurut anda lebih mudah dan simpel. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar