5 Cara Cek IMEI iPhone Asli dan Terdaftar

Sudah tahu cara cek imei iphone yang asli dan terdaftar? Masih ragu terutama saat beli iphone bekas? Tenang saja, caranya sangat mudah dan tanpa ribet.

Sampai saat ini, iphone masih menjadi primadona ponsel bagi semua orang. Apalagi sudah ada keluaran terbaru seperti iphone SE 2 pada tahun 2020. Tak heran jika banyak orang yang menanti produk terbaru dari apple ini.

Meskipun begitu, iphone bekas juga masih diminati hingga saat ini. Yah, siapa yang tidak ingin mencoba produk apple yang sangat bergengsi ini. Terutama saat ini harga iphone bekas (second) semakin murah.

Dari banyaknya kriteria membeli hp iphone, mengecek imei iphone sangatlah penting. Hal ini untuk mencocokkan apakah imei iphone tersebut asli dan juga sudah terdaftar.

Cara Cek IMEI iPhone Asli

Kenapa harus mengecek imei iphone? Hal ini dikarenakan banyaknya iphone rekondisi atau replikasi, sehingga untuk memastikan iphone tersebut asli atau tidak yaitu salah satunya dengan cara mengecek nomor imei terlebih dahulu.

Cara mengecek imei iphone bisa dilakukan di semua seri iphone, baik iphone 4, iphone 5s, iphone SE, iphone 6, maupun iphone seri terbarunya

Penting: IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang terdiri dari 15 digit angka. Selain untuk mengecek keaslian iphone, nomor imei juga digunakan untuk mengetahui informasi seperti pembuat, model, hardware, dan termasuk informasi garansi iphone tersebut.

1. Cek Imei di Pengaturan iPhone

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengecek nomor imei melalui pengaturan. Caranya cukup mudah dan cepat, seperti dibawah ini:

  1. Buka iPhone tersebut.
  2. Untuk mengecek nomor imei melalui sistem, masuk ke bagian Setting.
  3. Setelah itu, pilih menu General (umum), lalu pilih About (mengenai).
cara cek imei iphone asli

Pada bagian about ini, anda akan melihat informasi nomor imei iphone tersebut. Bahkan anda juga akan melihat informasi versi perangkat lunak terbarunya, nomor model, nomor seri dan informasi penting lainnya.

2. Melalui Dial Call

cara cek imei iphone asli

Cara selanjutnya untuk mengecek imei iphone yaitu melalui dial call. Cara ini cukup simpel dan mudah dengan hanya menekan beberapa kode saja.

Masuk ke bagian dial call, ketik kode *#06# dan klik Call/OK/Yes. Tunggu beberapa detik, maka anda akan melihat Info Perangkat yaitu nomor IMEI dan nomor MEID.

Cara ini juga bisa anda gunakan di hp android seperti samsung, vivo, xiaomi dan smartphone lainnya.

3. Melalui Body iPhone

Dua cara diatas dilakukan dengan cara membuka dan menghidupkan iphone terlebih dahulu. Bagaimana jika iphone tersebut dalam keadaan mati?

IMEI tidak hanya bisa dicek melalui system pengaturan, namun nomor imei sudah tertera di bagian belakang iphone. Sehingga memudahkan bagi anda yang ingin mengetahui IMEi dari iphone tersebut.

Selain itu, sangat perlu untuk mencocokkan IMEI yang di belakang body iphone dengan yang berada di bagian system pengaturan. Hal ini untuk mengetahui apakah casing body iphone pernah diganti apa tidak. Biasanya ini sering dilakukan setiap membeli iphone bekas.

4. Melalui Box iPhone

Jika anda membeli iphone bekas murah, usahakan untuk mencari yang masih lengkap dengan box dan aksesoris lainnya. Hal ini sangat membantu bagi anda untuk mengecek nomor imei iphone tersebut.

Pada bagian belakang bawah box iphone, terdapat nomor imei dari iphone tersebut. Pastikan anda mencocokkan dengan imei yang ada di bagian pengaturan system.

Sebenarnya jika anda membeli iphone bekas, sangat jarang yang masih lengkap dengan box nya. Kalaupun ada, biasanya itu box bukan bawaan saat beli pertama kali. Tapi gakpapa lumayan buat disimpan.

Baca juga: Cara Setting APN Personal Hotspot iPhone

5. Melalui Tray SIM

Tray SIM merupakan tempat dimana menaruh sim card yang berada di samping sisi kiri iphone tersebut. Perlu anda ketahui, IMEI juga bisa anda temukan di bagian Tray SIM.

Mungkin di beberapa seri iphone bekas tidak menyematkan imei pada Tray SIM. Namun, untuk seri iphone terbaru dipastikan ada nomor imei di bagian Tray SIM. Kalau tidak ada, pasti tray sim nya kw atau sudah diganti dari aslinya.

Selain diatas, ada cara lain untuk mengecek imei iphone yang asli. Anda bisa menggunakan aplikasi iTunes. Namun, cara diatas sudah cukup untuk mengecek keaslian imei iphone, terutama saat anda membeli iphone bekas.

Terakhir, jangan hanya mengecek nomor imei saja. Pastikan anda mengecek semua fitur, keaslian charger, dan lainnya ketika hendak membeli iphone bekas. Supaya anda bisa mendapatkan iphone bekas berkualitas dengan harga murah.

Lalu bagaimana cara cek imei iphone asli dan terdaftar di kemenperin? Anda tidak perlu khawatir. Untuk hp bekas tidak perlu melakukan ini, dan jika tidak terdaftar, itu tidak masalah.

Berbeda jika anda baru saja beli iphone terbaru, pastikan anda mengecek terlebih dahulu imei iphone tersebut. Anda bisa cek disini https://imei.kemenperin.go.id/.

Tinggalkan komentar