Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp

Memiliki banyak chat penting di whatsapp? Tak mau kehilangan data percakapan tersebut? Berikut cara backup dan restore pesan chat whatsapp dari google drive!

Whatsapp memang menjadi aplikasi pesan instant terbaik dan terpopuler saat ini. Dimana para pengguna dapat mengirim pesan berupa teks, gambar, video maupun file dengan sangat mudah dan gratis. Tak heran jika orang lebih memilih whatsapp untuk berkomunikasi dibandingkan pesan SMS yang tentu banyak menghabiskan biaya pulsa.

Selain itu, whatsapp juga memiliki fitur-fitur keren dan menarik demi memanjakan para penggunanya. Bahkan tersedia fitur backup dan restore bagi pengguna yang ingin mengamankan data chat penting di whatsapp.

Tentu anda tidak perlu khawatir lagi terutama jika berganti ponsel. Dengan fitur backup dan restore di whatsapp (WA), anda dapat mengembalikan data percakapan dengan mudah.

Jadi sebelum anda ganti hp, pastikan anda melakukan backup atau mencadangkan chat di whatsapp. Sehingga ketika anda sudah memiliki smartphone baru, anda dapat mengembalikan data percakapan yang sudah di backup sebelumnya.

Cara Backup Chat WhatsApp

Supaya semua data percakapan whatsapp dipindahkan ke perangkat baru, anda harus melakukan backup chat di WA terlebih dahulu. Prosesnya sangat mudah dan cepat, bahkan anda dapat melakukan backup dari android ke iphone.

Hal penting sebelum memulai backup percakapan whatsapp:

  • Pastikan anda sudah menambahkan akun Google di HP sebagai tempat backup.
  • Pastikan juga akun Google Drive memiliki ruang penyimpanan yang cukup di dalamnya untuk menyimpan data backup WA.
  • Disarankan untuk membuat backup data dengan menggunakan jaringan yang stabil. Anda bisa menggunakan jaringan wifi untuk mencadangkan percakapan WA.
  • Jika anda sebelumnya pernah melakukan backup chat di WA, silahkan restore atau pulihkan terlebih dahulu. Terutama jika ada data penting didalamnya. Karena jika anda sudah melakukan backup baru, maka akan menimpa data backup sebelumnya.

Bagaimana? Sudah siap? Mari lanjut ke langkah mencadangkan percakapan di whatsapp yang tentu mudah dan cepat.

Cara backup atau mencadangkan chat whatsapp ke Google Drive:

  • Buka aplikasi whatsapp di HP.
  • Masuk ke pengaturan whatsapp. Caranya klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Setelan.
  • Selanjutnya pilih Chat (menu ini untuk mengatur cadangan, riwayat dan whatsapp chat di WA), lalu pilih Cadangkan chat. (lihat gambar)
cara backup dan restore chat whatsapp (WA)
  • Anda akan melihat tombol Cadangkan. Namun sebelum menekannya, anda harus mengubah pengaturan tempat backup.
  • Pada bagian Cadangkan ke Google Drive, pilih Hanya ketika saya mengetuk “Cadangkan“. Pada bagian Akun Google, silahkan pilih Akun yang ingin dijadikan tempat backup chat WA.
cara backup dan restore chat whatsapp (WA)
  • Jika sudah mengaturnya, silahkan tekan tombol Cadangkan untuk memulai backup data percakapan whatsapp.
  • Selesai.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses backup ini tergantung dari ukuran data whatsapp. Jadi tunggu saja sampai proses mencadangkan selesai.

Sekali lagi kami ingatkan bahwa ketika mencadangkan ke Google Drive, maka cadangan yang sebelumnya pernah dibuat akan hilang. Hal ini dikarenakan setiap melakukan backup akan menimpa file terakhir.

Selesai sudah tutorial cara mudah backup chat di whatsapp. Lalu bagaimana cara mengembalikan alias restore chat whatsapp tersebut? Yuk simak cara memulihkan data percakapan chat di whatsapp.

Baca juga: Cara Mengganti Nomor WhatsApp

Cara Restore Chat WhatsApp dari Google Drive

Cara memulihkan data percakapan whatsapp sangat mudah dan cepat. Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum melakukan proses restore di WA.

Hal penting sebelum restore chat di WA:

  • Pastikan anda mengingat akun google (password dan nama email) yang anda gunakan untuk backup data. Hal ini diperlukan untuk memulihkan data percakapan wa dan membutuhkan akses akun google.
  • Pastikan bahwa terdapat ruang penyimpanan internet di HP untuk mengembalikan data yang sudah di backup.
  • Pastikan juga HP Anda memiliki koneksi internet yang kuat dan stabil. Hal ini untuk mendownload atau mengembalikan data backup, terutama jika ukuran file sangat besar.

Jika sudah yakin dan sudah menyiapkan semua hal penting diatas. Mari lanjut untuk melakukan proses restore chat WA dari akun google drive.

Cara restore chat whatsapp dari google drive:

  • Download dan Install aplikasi whatsapp di HP baru.
  • Masukkan nomor whatsapp yang pernah dibackup.
  • Setelah menerima kode verifikasi, maka akan muncul opsi restore secara otomatis.
  • Silahkan klik Next & Restore untuk memulihkan data percakapan Anda.
  • Sekarang anda tinggal menunggu proses restore sampai selesai.

Waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan chat tergantung dari ukuran data backup. Setelah proses restore selesai, maka akan muncul semua data percakapan WA yang pernah anda backup.

FAQ tentang Backup dan Restore Chat WhatsApp

1. Bagaimana jika gagal menemukan cadangan chat whatsapp?

Banyak faktor yang menyebabkan anda tidak menemukan cadangan backup yang tersedia. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebabnya:

  • Bisa jadi anda memasukkan akun Google yang berbeda dari yang anda gunakan waktu backup di perangkat sebelumnya. Jadi dipastikan anda tidak akan menemukan data backup pada akun google lain.
  • Nomor yang anda masukkan bukan nomor yang dipakai akun whatsapp waktu anda melakukan backup.
  • Anda mungkin lupa melakukan backup chat whatsapp di perangkat sebelumnya. Atau anda belum selesai melakukan backup sehingga tidak ada file backup yang tersimpan di akun google tersebut.

2. Mengapa harus melakukan backup ke Google Drive?

Ketika anda berganti perangkat baru, dipastikan semua aplikasi akan dihapus. Nah agar tidak kehilangan data chat khususnya percakapan whatsapp, anda dapat menggunakan akun google sebagai tempat penyimpanan data backup.

Selain itu, anda tidak perlu khawatir terkait keamanan data backup. Selama anda mengingat password dan nama akun google tersebut, anda dapat memulihkan semua data percakapan WA di perangkat yang baru.

Demikian cara mudah untuk backup dan restore chat di whatsapp. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar