10 Penyebab dan Cara Mengatasi BNI Mobile Banking Error

BNI Mobile Banking error dan tidak bisa login? Bahkan BNI Mobile Banking tidak bisa transfer alias gagal? Tidak perlu panik, berikut beberapa penyebab eror di aplikasi tersebut dan cara mengatasinya.

Kita tahu, kemajuan teknologi membuat aktivitas semakin mudah dan praktis. Termasuk pada suatu bank khususnya pengguna bank BNI.

Saat ini, kita tidak perlu repot tiap hari ke bank untuk urusan transfer ataupun lainnya. Hadirnya aplikasi BNI Mobile Banking sangat membantu dalam situasi mendadak dan darurat.

Sayangnya, yang namanya aplikasi pasti akan mengalami berbagai gangguan atau eror, termasuk pada aplikasi BNI Mobile Banking. Nah, berikut beberapa gangguan BNI Mobile Banking dan cara mengatasinya.

1. BNI Mobile Banking tidak bisa login

Cara mengatasi BNI Mobile Banking tidak bisa login sangat mudah dan cepat. Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Jaringan tidak stabil. Jadi, pastikan jaringan internet lancar dan stabil.
  2. Cek apakah aplikasi sudah versi terbaru. Jika belum, lakukan update aplikasi mobile banking di google play store atau app store.
  3. Pastikan UserID dan MPIN sudah benar.
  4. Jika masih belum bisa login, silahkan kunjungi kantor cabang BNI terdekat.

2. BNI Mobile Banking 9081 General Error

Kode 9081 merupakan gangguan umum yang sering terjadi pada aplikasi BNI Mobile Banking. Keluhannya biasanya tidak bisa transfer, ngisi ovo via m banking jadi eror dan gangguan transaksi lainnya.

Penyebab umum sebagai berikut.

  • Aplikasi minta di update.
  • Jaringan tidak stabil.
BNI Mobile Banking 9081 General Error

Jika masih belum bisa juga, bisa jadi memang server atau aplikasi BNI Mobile sedang bermasalah. Anda bisa menunggunya atau mengunjungi cabang terdekat.

Selain itu, gangguan seperti ini sering terjadi diluar jam kantor bank. Misalkan di waktu tengah malam dan kita tidak bisa transfer uang via bni mobile banking, ngisi ovo dan sebagainya.

3. Eror MBANK 51 di BNI Banking

Kode eror MBANK 51 hanya disebabkan karena kita belum melakukan verifikasi pada aplikasi mobile banking. Solusi paling cepat, Anda bisa mendatangi kantor cabang BNI terdekat, nanti dibantu untuk aktivasi oleh pihak bank.

Namun, jika sebelumnya anda pernah menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking, dan ternyata tidak bisa karena ganti hp atau sebagainya. Anda bisa mengikuti cara berikut ini, tentunya aman.

Syarat sebelum melakukan cara ini. Pastikan kartu sim memiliki pulsa dan jangan lupa kartu sim diletakkan di slot sim 1. Jika sudah, coba cara berikut.

  • Uninstall dan install ulang aplikasi terbaru dari BNI Mobile Banking.
  • Ikuti instruksi yang diminta. Termasuk memasukkan id (username) dan nomor debet pada kartu BNI Anda.
  • Tunggu beberapa saat, anda akan mendapatkan kode OTP melalui SMS dari 3346.
  • Setelah itu, masukkan MPIN, password transaksi, dan kode OTP tersebut. Pastikan MPIN dan password transaksi berbeda dengan sebelumnya.
  • Maka, aktivasi BNI Mobile Banking berhasil.

4. Eror MBANK 51 di BNI Banking

Penyebab eror MBANK 51 sering terjadi pada smartphone yang memiliki dual sim card. Eror ini akan terjadi jika anda menukar kartu sim card (kartu di slot 1 dipindah ke slot 2).

Pasti anda tahu bahwa ketika aktivasi BNI MB di kantor BNI, nomor yang didaftarkan harus berada di slot 1 (untuk hp dual sim) supaya bisa menerima SMS OTP.

Sebenarnya gak masalah ketika anda ingin menukar posisi kartu pada slot sim. Hanya saja, hal ini akan bermasalah ketika anda pernah uninstall aplikasi BNI Mobile Banking.

Cara mengatasi eror MBANK 51, cukup dengan meletakkan kartu sim card yang didaftarkan ke slot utama atau slot 1. Termasuk melakukan cek pulsa supaya nanti bisa menerima sms untuk kode OTP.

Jika sudah, anda bisa melakukan aktivasi kembali dengan cara seperti eror MBANK 50 diatas.

5. Eror Root Device Detected saat memakai BNI mobile banking

Penyebab eror ini hanya terjadi pada ponsel android yang sudah di Root. Artinya sistem keamanan pada Bank BNI mendeteksi Root yang dianggap tidak aman untuk transaksi apapun.

Solusinya anda melakukan aktivasi kembali di hp yang tidak di root.

6. Eror MBANK 36 dan 37 pada BNI Mobile

Eror ini hanya terjadi pada akun BNI yang bermasalah sehingga transaksi diblokir oleh pihak Bank. Solusinya hanya cukup kunjungi kantor cabang terdekat untuk membuka blokir.

7. Eror MBANK 18 pada BNI mobile

Masalah ini hanya terjadi ketika anda melakukan proses reset password atau ketika menekan tombol lupa password. Pastikan ketika melakukan pergantian ini, kartu sim berapa di slot 1, jaringan stabil dan aplikasi versi terbaru.

8. Eror 2755 ketika transfer uang di BNI Mobile

Gangguan ini sering terjadi ketika proses transaksi seperti transfer uang. Hal ini umum terjadi ketika ada problem di sistem BNI dan biasanya hanya sementara.

Ketika muncul eror 2755 di BNI, sangat disarankan untuk tidak melakukan transfer lagi. Karena bisa jadi uang terkirim tapi belum masuk di rekening tujuan. Jadi disarankan untuk mencoba 1 jam atau 2 jam kemudian.

Baca juga: Cara Mengecek Nomor Rekening yang Lupa

9. Eror 92 di BNI mobile Banking

Eror ini merupakan gangguan umum yang terjadi pada sistem aplikasi mobile banking. Cukup ditunggu saja atau jika lama, bisa datang ke kantor cabang BNI terdekat.

10. Masalah MBANK Eror atau General Error di BNI Mobile Banking

Cara mengatasi general error pada BNI mobile banking cukup dengan melakukan update aplikasi dan gunakan jaringan yang stabil. Bisa juga anda melakukan restart smartphone.

Ingat, jangan pernah melakukan transaksi seperti transfer uang dengan kondisi aplikasi BNI Mobile belum diupdate. Bisa berbahaya karena uang akan terpotong namun belum sukses terkirim ke rekening tujuan.

Memang masalah umum eror pada aplikasi BNI mobile disebabkan oleh jaringan atau aplikasi yang belum di update. Makanya, disarankan untuk selalu menggunakan aplikasi versi terbaru dengan melakukan update aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *