10 Aplikasi Kamera Webcam Laptop Terbaik

Lagi nyari aplikasi kamera laptop yang ringan? Belum tahu webcam app yang cocok di laptop anda? Berikut artikel tentang aplikasi kamera webcam laptop terbaik, ringan dan populer.

Setiap laptop memiliki kamera webcam dengan ukuran kualitas dan resolusi yang berbeda-beda. Namun, kamera bawaaan laptop biasanya kurang memuaskan sehingga anda perlu memakai aplikasi lain.

Asianami sudah menyiapkan aplikasi yang cocok untuk laptop maupun pc yang anda gunakan. Bahkan bisa digunakan di semua merk laptop seperti lenovo, acer, hp, toshiba, dan sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa kamera webcam bukan hanya berfungsi untuk foto selfie maupun merekam video saja. Namun, anda juga dapat melakukan video call untuk keperluan belajar, kerja maupun bisnis.

Aplikasi Kamera Webcam Laptop Terbaik

Beberapa aplikasi berikut ini juga dapat digunakan untuk editing video tutorial. Bahkan video call yang dihasilkan sangat memuaskan, terutama untuk aplikasi Skype dan Yahoo Messenger.

Berikut daftar aplikasi kamera webcam laptop terbaik:

1. YouCam

aplikasi kamera webcam laptop terbaik

Youcam merupakan salah satu aplikasi kamera laptop dengan fitur lengkap. Aplikasi ini dapat dijalankan di sistem operasi windows.

Memiliki lebih dari 200 efek yang dapat menghasilkan gambar bagus dan jernih. Termasuk fitur HDR dan panorama sehingga menghasilkan gambar yang lebih detail dan tajam.

Aplikasi youcam ini bukan hanya untuk video call saja. Dengan fitur yang lengkap, anda dapat mengedit foto maupun video dengan efek khusus.

Selain itu, aplikasi ini memiliki tampilan user friendly dan pengaturan yang mudah, sehingga cocok untuk pemula sekalipun. Bahkan dapat digunakan untuk keperluan presentasi dan video tutorial.


2. ManyCam

aplikasi kamera webcam laptop terbaik

Manycam merupakan salah satu aplikasi kamera laptop terbaik dan populer. Memiliki alat editing yang lengkap sehingga menghasilkan foto dan video yang memuaskan.

Aplikasi ini sangat cocok untuk para wanita yang ingin menambahkan sticker dan filter. Bahkan tersedia berbagai efek kecantikan seperti transisi, masker wajah, background dan emotion.

Anda juga dapat merekam video dengan pilihan kualitas dan resolusi yang bagus seperti 240p, 480p dan full HD. Dengan fitur Green Screen, anda juga bisa mengganti latar belakang gambar dan video dari berbagai sumber.

Selain itu, ManyCam sangat cocok untuk streaming facebook dan youtube. Termasuk untuk kelas online, video call dan rapat online seperti Skype, WebEx dan sebagainya.


3. Windows Camera

aplikasi kamera webcam laptop terbaik

Windows Camera merupakan aplikasi kamera laptop yang resmi dibuat oleh microsoft windows. Walaupun bukan dari pihak ketiga, namun aplikasi ini sangat ringan dan cepat.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan minimalis, sehingga sangat cocok bagi para pemula. Apalagi cara penggunaannya yang mudah, cukup anda arahkan dan aplikasi akan mengambil gambar secara otomatis.

Selain itu, Windows Camera memiliki fitur burst shots dan mode time lapse yang memungkinkan untuk menangkap gambar secara berturut-turut. Anda juga dapat memilih 2 aspek rasio 4:3 dan 16:9 untuk mengambil foto.

Sedangkan untuk fitur perekam video, tersedia frame rate 30FPS dengan 3 resolusi yaitu 360p, HD dan Full HD. Dengan berbagai alat pengeditan yang lengkap, anda dapat menggunakan aplikasi ini baik di PC maupun laptop dengan operasi windows 10.


4. YawCam

yawcam webcam software

Yawcam merupakan aplikasi webcam yang ringan dan sederhana. Namun jangan salah, aplikasi ini fokus terhadap inti dari fitur kamera.

Memiliki fitur yang sangat lengkap seperti konverter gambar ke video / film dan juga overlay teks atau gambar. Bahkan tersedia fitur streaming video serta pengumuman online untuk komunitas.

Selain itu, aplikasi ini dapat mendeteksi setiap gerakan yang ditangkap oleh kamera webcam. Dimana anda juga bisa mengirim hasil rekaman ke email pribadi dengan mudah dan cepat.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur proteksi kata sandi sehingga aman digunakan. Bahkan tersedia pilihan bahasa untuk semua negara.


Baca juga: Situs Download Subtitle Indonesia

5. Debut Video Capture

aplikasi kamera webcam laptop terbaik

Debut Video Capture merupakan aplikasi webcam terbaik dengan tampilan sederhana dan modern. Dengan pengaturan dasar yang mudah, aplikasi ini sangat cocok untuk semua orang.

Memiliki alat pengeditan dasar seperti kontras dan filter video (hitam putih, sepia, dan negatif). Termasuk fitur saturasi yang dapat disesuaikan dengan bantuan slider.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan caption dan watermark pada video. Bahkan anda juga dapat melakukan record dengan berbagai pilihan format seperti AVI, MP4, MPG, MOV, WMV, FLV, dan lainnya.

Aplikasi ini memiliki fitur screen selections untuk merekam seluruh layar yang anda pilih. Dengan fitur penyesuaian warna, anda dapat mengedit gambar dan video dengan sangat efektif.


6. Free Screencast

webcam app

Free Screencast merupakan aplikasi kamera webcam yang ringan dan gratis. Memiliki berbagai fitur webcam dengan pengaturan yang mudah.

Anda dapat merekam aktivitas pada layar laptop, sehingga cocok untuk membuat video tutorial. Termasuk merekam video dan suara dari mikrofon aplikasi webcam.

Selain itu, tersedia fitur customize setting untuk memotong rekaman dan menerapkan efek filter pada video. Anda juga dapat menambahkan beberapa teks / gambar serta membuat rekaman dengan fitur time-lapse.

Aplikasi ini mendukung berbagai format video seperti MP4, MKV, AVI dan sebagainya.


7. Weeney Free Video Recorder

Weeney free video recorder

Weeney free video recorder merupakan salah satu aplikasi perekam video yang gratis dan ringan. Memiliki pengaturan dan fitur yang simpel serta mudah digunakan oleh semua orang.

Aplikasi ini dapat merekam aktivitas di layar dan audio di laptop, sehingga cocok untuk membuat video tutorial. Bahkan untuk memulai merekam, anda cukup menekan tombol record saja.

Selain itu, aplikasi ini tentu dapat di download secara gratis tanpa bayaran. Untuk mengedit video, tersedia berbagai format seperti WMV dan ASF.


8. Free2X Webcam Recorder

Free2x Webcam Recorder

Free2x Webcam Recorder merupakan salah satu aplikasi kamera laptop terbaik dan ringan. Aplikasi ini dapat dijalan pada sistem operasi windows.

Memiliki fitur dan pengaturan yang sederhana dan mudah, namun dapat menghasilkan video yang bagus. Bahkan anda dapat menjadwalkan untuk perekaman secara otomatis. Beberapa format video seperti AVI dan WMV.

Uniknya, aplikasi ini memiliki fitur file manager. Sehingga anda dapat menggunakan layaknya windows explorer.


9. Multi Webcam Video Recorder Free

Multi Webcam video merupakan aplikasi perekam video gratis dengan beberapa kamera sekaligus.

Memiliki fitur yang memungkinkan anda untuk mengambil snapshot dari video yang sedang anda rekam. Bahkan snapshot yang dihasilkan mendukung format BMP.

Aplikasi ini mendukung di semua sistem operasi windows. Anda dapat menyimpan semua hasil rekaman ke dalam bentuk file yang berbeda-beda.

Baca juga: Cara Menghapus Cache di Laptop

10. Bytescout Screen Capturing

Bytescout Screen Capturing

Bytescout Screen Capturing merupakan software webcam untuk merekam layar sekaligus. Memiliki fitur yang simpel dan mudah digunakan.

Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengambil screenshot dari video yang sedang direkam. Bahkan anda juga bisa memutar video secara langsung dari hasil rekaman tersebut.

Beberapa format video yang dihasilkan yaitu WMV dan AVI.


Demikian 10 aplikasi kamera laptop terbaik dan ringan. Anda dapat memilih aplikasi webcam diatas sesuai kebutuhan fitur dan keunggulannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar