Pengertian WordPress dan Manfaatnya

Apa Itu Pengertian WordPress – Bagi teman-teman yang hobi menulis, WordPress tentu tidak lagi terdengar asing di telinga. WordPress merupakan salah satu platform untuk membuat website yang paling banyak dipakai oleh bloger di seluruh dunia.

Perlu diketahui bahwa WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang sangat fleksibel untuk membuat sebuah website. WordPress juga bersifat open source sehingga sangat mudah untuk mendapatkan update dan menginstall banyak plugin atau tema di platform ini.

Apa Itu Pengertian WordPress

Sebenarnya apa itu pengertian wordpress? WordPress adalah platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003.

Sejarah WordPress berawal dari ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog. Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa.

Di tahun 2004, kedua progammer itu berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar seperti yang dimiliki b2/cafeblog yang dimodifikasi. Sejak saat itulah perjalanan WordPress dimulai hingga saat ini menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Mengapa Harus Menggunakan WordPress?

Mungkin sebagian besar dari kita akan bertanya-tanya mengenai mengapa kita perlu menggunakan WordPress. Di sini akan disampaikan beberapa alasan mengapa kita perlu bahkan harus menggunakannya.

1. Ramah Untuk Pemula dan Ahli

WordPress adalah platform yang terkenal mudah sehingga bisa digunakan oleh siapa saja, baik dari yang masih belajar (pemula) hingga yang sudah ahli sekalipun. Kita tidak perlu menjadi ahli programming agar bisa membuat website profesional, sebab ada WordPress yang bisa memudahkan kita.

2. Memiliki Komunitas yang Besar

30 persen website di dunia dibuat menggunakan WordPress. Besarnya persentase tersebut menjadikan WordPress sebagai pemegang pasar terbesar di platform pembuat website di seluruh dunia.

Para pengguna WordPress pun membuat forum diskusi untuk berbagi insight dan bertukar informasi tentang cara membuat website dengan WordPress. Jadi, bagi kita yang masih merasa awam dengan website dan WordPress, tidak perlu khawatir karena kita bisa belajar melalui forum-forum diskusi yang akan mengajarkan tutorial WordPress.

3. Menyediakan Tema Beragam

Tema yang disediakan WordPress memiliki jumlah yang berlimpah. Banyak pengembang yang merilis tema WordPress baik berbayar maupun gratis.

4. Tersedia Banyak Tutorial

Dalam penggunaannya, mungkin kita akan dihadapkan pada kebingungan. Namun tenang, sebab kita bisa belajar cara membuat website dengan WordPress dan mengoperasikannya melalui tutorial WordPress yang tersebar di internet. Kita bisa belajar dengan membaca artikel tutorial WordPress, video tutorial, ataupun video tutorial.

5. Banyaknya Plugin yang Disediakan

WordPress menyediakan ribuan plugin untuk memudahkan kita dalam mengelola dan menambahkan fitur untuk website yang kita miliki. Kelebihan ini jarang ditemukan di platform lain. Plugin-plugin ini juga tersedia dalam versi gratis, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk fitur-fitur terbaik WordPress.

Baca juga: 5 Manfaat SEO untuk Website dan Bisnis Online

Manfaat WordPress

Pada awalnya, WordPress memang lebih dikenal sebagai platform pembuatan blog saja. Namun, dalam perjalanannya WordPress berkembang semakin canggih. Kita bisa membuat website apa saja menggunakan WordPress, di antaranya,

1. Website atau Blog Pribadi

Kita bisa membuat blog menggunakan WordPress, baik WordPress.com atau WordPress.org. Sebagai pemula, kita bisa menggunakan WordPress.com terlebih dahulu untuk melakukan percobaan. Apabila Anda sudah cukup familiar dengan cara menggunakannya dan mulai membutuhkan lebih banyak fitur, kita bisa melakukan migrasi ke WordPress.org.

2. Website Toko Online

Agar bisa membuat toko online, maka kita harus menggunakan WordPress.org. Selanjutnya kita bisa memasang plugin WooCommerce untuk membuat website toko online. WooCommerce memungkinkan penggunanya untuk membuat website toko online lengkap, mulai dari display produk hingga pembayaran.

3. Website Perusahaan

Selain digunakan untuk membuat website pribadi dan toko online, kita juga bisa menggunakan WordPress untuk membuat website perusahaan. Memiliki website pada saat menjalankan bisnis akan meningkatkan kredibilitas perusahaan kita di dunia maya. Hal ini berlaku baik untuk perusahaan yang transaksinya dilakukan secara online maupun offline.

Berdasarkan survey lapangan, banyak konsumen menyatakan  lebih percaya dengan bisnis yang memiliki website dibanding bisnis yang hanya memiliki laman media sosial saja.

Demikianlah informasi terkait WordPress yang bisa kami bagikan. Dengan WordPress, teman-teman bisa membuat website dengan cepat, mudah, dan tanpa perlu memiliki pengetahuan coding.

Bagi teman-teman yang mungkin belum pernah menggunakan WordPress sama sekali sebelumnya, Jetorbit telah menyediakan layanan khusus WordPress Hosting untuk memudahkan teman-teman pemula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *