Apa itu Marketplace? 10 Marketplace Jual Beli Online Terbaik

Beberapa diantara Anda, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah marketplace. Terutama bagi pelaku bisnis, dipastikan pernah bahkan sampai sekarang masih jualan online di marketplace. Lalu, apa itu pengertian marketplace?

Perkembangan teknologi memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan setiap orang. Terutama dibidang usaha bisnis, marketplace hadir sebagai platform jual beli online terbaik bagi para pedagang dengan berbagai kemudahan.

Dengan marketplace, Anda bisa membuat lapak / toko online secara gratis dan mudah. Bahkan anda bisa menjangkau para pelanggan tanpa terbatas wilayah geografis.

Apa Itu Marketplace?

Sebenarnya marketplace itu adalah pasar, dimana ada 2 jenis pasar, yaitu offline dan online. Pasar offline biasa dikenal sebagai pasar tradisional, sedangkan pasar online biasa dikenal sebagai marketplace.

Apa itu marketplace? Pengertian dan Arti marketplace adalah sebuah platform berbentuk website atau aplikasi yang mempertemukan para penjual dan pembeli secara online. Dengan kata lain, marketplace memfasilitasi proses jual beli online dari berbagai toko.

Konsep online marketplace ini hampir sama dengan pasar tradisional. Dimana penjual bertanggung jawab atas barang-barang yang mereka jual. Sedangkan pemilik marketplace hanya menyediakan tempat berupa platform online untuk mempertemukan para penjual dan pembeli tanpa harus ketemu secara langsung.

Selain itu, semua alur transaksi diatur oleh pihak marketplace. Termasuk menyediakan sistem pembayaran aman sehingga transaksi lebih nyaman dan mudah.

“Pembeli melakukan pembayaran ke pihak marketplace >> penjual mengirim barang ke pembeli >> marketplace mengirim pembayaran ke penjual”

Bagi anda yang ingin menjual barang secara online, sangat cocok untuk membuat toko di marketplace. Berikut beberapa situs jual online terbaik dan rekomended sebagai tempat jualan produk anda.

Marketplace Terbaik untuk Jualan Online

apa itu marketplace

1. Tokopedia

Tokopedia adalah sebuah e-commerce karya anak bangsa yang mengusung konsep mall online yang inovatif. Berdiri tahun 2009 dan saat ini sudah berhasil merebut sebagian besar market virtual di Indonesia.

Tak heran jika menjadi marketplace terbesar di Indonesia. Bahkan tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh di Indonesia dan Asia Tenggara.

Bagi anda yang ingin jualan di tokopedia, anda bisa buka toko secara gratis dan mudah. Sedangkan bagi para pembeli, anda bisa membeli barang di tokopedia dengan harga diskon dan cashback hingga 1 juta.

2. Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu marketplace ternama di Indonesia. Dengan mengutamakan kemudahan dan keandalan platform, para pengguna bisa mendapatkan user experience yang terbaik.

Didirikan 10 Januari 2010, Bukalapak juga merupakan karya anak bangsa. Para pendiri bukalapak adalah Achmad Zaki, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid.

Dengan menjadi 1 dari 4 unicorn asal Indonesia, Bukalapak secara konsisten memperluas literasi digital. Termasuk membangun usaha kecil dan megengah (UKM) di Indonesia.

Baca juga: Cara Jualan di Marketplace

3. Blibli

Blibli.com adalah pelopor e-commerce dengan konsep mall online di Indonesia. Dengan slogan “anytime, anywhere, shopping”, para pengguna bisa melakukan jual beli online di Blibli.com kapan saja dan dari mana saja.

Berdiri tahun 2010 sebagai produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital. Memiliki kantor pusat di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur hampir mencapai Rp 100 miliar.

Menyediakan berbagai produk seperti elektronik, fashion, kesehatan dan kecantikan, rumah dan dekorasi, otomotif. Termasuk memberikan berbagai promosi khusus, tiket dan voucher yang menarik.

4. Shopee

Shopee adalah salah satu pemain penting di Indonesia. Bahkan marketplace ini selalu memberikan promo belanja hingga 70%.

Platform perdagangan elektronik ini memiliki kantor pusat di Singapura. Berdiri tahun 2009 dan diluncurkan pertama kali di Singapura pada tahun 2015. Sampai saat ini, sudah memperluas jangkauan ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, Filipina dan juga Indonesia.

Dengan elemen “mobile-first” yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global. Shopee menjadi salah satu dari “5 startup e-commerce yang paling disruptif” versi Tech In Asia.

5. Lazada Indonesia

Lazada Indonesia berdiri tahun 2012 dan menjadi bagian dari Lazada Group yang beroperasi di Asia Tenggara. Menawarkan berbagai macam produk seperti elektronik, kesehatan dan kecantikan, peralatan rumah serta perlengkapan traveling dan olahraga.

Saat ini, lokasi kantor pusat Lazada bermarkas di Singapura. Hingga tahun 2014, Lazada Group sudah beroperasi di Singapura, Indonesia, malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina.

6. Elevania

Elevania hadir dengan mengusung konsep open marketplace di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan dan kemudahan transaksi bagi setiap orang yang berbelanja.

Marketplace ini sudah memiliki lebih dari 30.000 pelapak dan lebih dari 4 juta produk yang dijual, seperti peralatan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan, fashion, elektronik, traveling dan olahraga, minuman dan makanan. Bahkan Elevenia juga menyediakan berbagai promosi dan kupon menarik.

7. Zalora

Zalora adalah toko online yang fokus menjual produk fashion dan kecantikan dari berbagai merek. Termasuk dari brand internasional dan lokal di setiap negara yang beroperasi.

Memiliki kantor pusat di Singapura dan beroperasi di negara lain seperti Indonesia, Filipinan, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei. Selain itu, Zalora beroperasi di Australia dan New Zealand sebagai The Iconic.

Perlu anda ketahui bahwa Zalora merupakan salah satu investasi utama Rocket Internet di Singapura. Marketplace ini memberikan keuntungan bagi pelanggan untuk melakukan refund jika barang tidak sesuai spesifikasi yang ada di website.

Baca juga: Tips Jualan Online Bagi Pemula

8. JD.ID

JD.ID termasuk department store online yang menyediakan berbagai variasi barang yang cukup luas. Bahkan anda bisa menemukan kategori produk seperti fashion, elektronik dan gadget.

Dibentuk tahun 2015 dari hasil kerjasama antara China JD.com dan sebuah partner Indonesia. JD.com adalah rival terbesar Alibaba dan menjadi salah satu toko B2C daring terbesar di China secara jumlah transaksi.

9. Qoo10

Qoo10 adalah marketplace terbedar di dunia dan menjadi pasar online terdepan di Asia. Dengan platform yang kuat, memungkinkan para pembeli menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan mudah.

Marketplace ini merupakan perusahaan joint venture antara eBay dengan GMarket asal Korea Selatan. Selain di Indonesia, Qoo10 juga memperluas jaringannya ke Singapura, Jepang, Malaysia, China, dan Hong Kong

10. RajaMobil.com

Marketplace ini fokus menjual mobil, baik mobil baru maupun mobil bekas yang tersaji eksklusif dengan gambar menarik dan informasi lengkap. Semua iklan mobil tersaji tidak hanya dalam format teks dan foto, melainkan juga video.

Menghadirkan fitur menarik yang tentu berkaitan dengan dunia bisnis mobil. Salah satunya yaitu perhitungan simulasi kredit dan asuransi.

Berdiri di Jakarta, Rajamobil.com merupakan media online milik perusahaan PT Raja Mobil Media. Perusahaan ini sering menyelenggarakan kegiatan offline seperti pameran otomatif, serta aktivitas terkait industri mobil.

Tinggalkan komentar